fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

10 Ciri Saat Salah Jurusan Kuliah, Kamu Pernah?

10 Ciri Saat Salah Jurusan Kuliah, Kamu Pernah?

Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang sangat krusial karena akan turut menentukan masa depanmu. Namun terkadang hal tersebut baru dirasakan sebagian orang ketika memasuki pertengahan kuliah. Bila pernah mengalami 10 ciri di bawah, kemungkinan kamu telah salah jurusan kuliah.

1. Bingung Saat Ditanya Alasannya

Ketika memilih jurusan kuliah, sesorang pasti memiliki alasan tertentu. Bahkan beberapa orang juga sudah memiliki rencana masa depan yang jelas. Misalnya pekerjaan impian hingga target posisi yang ingin ia milik kelak. Namun, ketika berada di jurusan yang salah, kamu akan kebingungan menjawab meski hal ini merupakan pertanyaan dasar.

2. Bukan Pilihan Sendiri

Saat memilih jurusan kuliah, tentu kamu harus mendengarkan saran orang tua. Pasalnya hal tersebut berhubungan dengan aspek pembiayaan. Sayangnya, masih banyak orang tua yang beranggapan setelah lulus, anak harus langsung memiliki pekerjaan di kantor atau menjadi PNS yang  memiliki jaminan kestabilan soal masa depan.

Padahal bila mengikuti keinginan sendiri, kamu lebih memilih masuk jurusan lain seperti seni atau perfilman. Karena tak ingin mengecewakan orang tua, akhirnya kamu terpaksa mengikuti keinginan orang tua dengan masuk ke jurusan yang mereka inginkan.

3. Tidak Punya Mata Kuliah Favorit

Saat berkuliah di jurusan yang diinginkan, tentunya kita memiliki mata kuliah favorit. Baik dari segi materi, pengajar, maupun kegunaannya dalam menunjang karier impian di masa depan. Ketika selama menjalani perkuliahan tidak ada mata kuliah yang difavoritkan, mungkin saja kamu telah salah memilih jurusan.

4. Enggan Menjelaskan Jurusan Kuliah Lebih Detil

Setelah menyandang status sebagai mahasiswa baru, tentu orang-orang di sekelilingmu akan merasa penasaran dengan jurusan kuliah yang diambil. Sayang, ketika muncul pertanyaan tersebut, kamu enggan menjelaskannya secara detail dan lebih memilih mengalihkan topik pembicaraan ke hal lainnya.

5. Obrolan dengan Teman Seangkatan Tidak Nyambung

Banyak hal yang bisa kamu bicarakan dengan teman satu angkatan mulai dari tugas kuliah, materi ujian hingga obrolan mengenai dosen. Namun, bila hal-hal tersebut membuatmu tidak merasa nyaman, kemungkinan besar kamu salah jurusan kuliah. Sebaliknya, kamu lebih tertarik bila topik pembicaraan membahas hal selain urusan perkuliahan misalnya soal liburan, gadget, atau hobi.

Baca juga: Para Ahli Neurosains : 13 Cara Belajar Efektif Paling Ampuh 

6. Lebih Tertarik Bahas Topik Jurusan Lain

Dalam berbagai kesempatan, kamu kerap kali lebih terarik membahas topik mengenai jurusan lain. Terlebih bila memiliki teman yang berkuliah di jurusan idamanmu. Misalnya mengenai kelebihan dosennya atau kemudahan lulusan mencari pekerjaan.

7. Sulit Konsentrasi Ketika Kuliah

Meski sudah belajar terlebih dulu sebelum kelas dimulai, kamu masih saja sulit berkonsentrasi. Padahal materi yang diberikan tidaklah rumit. Memang pada dasarnya sudah tidak memiliki ketertarikan sehingga kamu tidak fokus ketika materi kuliah diberikan.

8. Tidak Bersemangat Mengerjakan Tugas Kuliah

Tugas merupakan salah satu cara yang efektif untuk membantumu lebih memahami lagi materi kuliah. Sayangnya, kamu malah tidak bersemangat untuk mengerjakan tugas kuliah. Padahal, tugas merupakan salah satu komponen penting demi mendongkrak nilai. Untuk menyiasatinya, lebih baik ajak temanmu untuk belajar bersama. 

9. Tidak Banyak Berkembang

Ketika kuliah, kita akan mendapatkan materi secara berjenjang. Mulai dari materi-materi dasar terlebih dulu kemudian meningkat ke yang lebih kompleks. Dengan banyaknya materi yang didapatkan, seorang mahasiswa seharusnya bisa mengembangkan kemampuannya di bidang akademis.

Nah, bila kamu justru berkembang lebih maju saat menekuni kegiatan atau hobi yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kuliah, kemungkinan besar kamu telah salah mengambil jurusan.

 10. Semakin Merasa Salah Jalan

 Semakin lama mempelajari mata kuliah, justru kamu merasa semakin tidak terkoneksi dengan materinya. Kamu akhirnya menjalani kuliah dengan apa adanya asalkan bisa memenuhi standar kelulusan. Bahkan kamu mulai mencari informasi mengenai pindah jurusan lantaran sudah tidak merasa nyaman.

Demikianlah ciri-ciri salah jurusan kuliah yang harus kamu ketahui. Karena itu, sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum akhirnya memutuskan di mana harus berkuliah. Bagi yang ingin menempuk Pendidikan tinggi dan langsung bekerja setelah lulus, berkuliah di LP3I bisa jadi pilihan tepat. Kurikulum di LP3I sudah dirancang khusus untuk menjawab kebutuhan dunia industri. Segera kunjungi situs resmi LP3I demi mendapatkan informasi yang lebih menyeluruh.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung