fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Para Ahli Neurosains : 13 Cara Belajar Efektif Paling Ampuh

Para Ahli Neurosains : 13 Cara Belajar Efektif Paling Ampuh

Berdasarkan perkiraan ahli neurosains (ilmu yang mempelajari tentang otak), manusia bisa menyimpan 10 hingga 100 terabyte informasi di dalam otaknya. Tentu saja kapasitas tersebut sangat besar. Namun anehnya, saat belajar, tidak semua informasi bisa diserap dengan sempurna. Nah, agar bisa sukses dalam perkuliahan, berikut 13 cara belajar efektif yang disarankan para ahli neurosains.

1. Pengulangan Berkala

Agar mendapatkan hasil maksimal, belajarlah dalam kurun waktu singkat namun dengan frekuensi lebih sering. Luangkan waktu lima belas menit setiap harinya selama satu minggu untuk mengusai satu bab pelajaran. Karena adanya pengulangan informasi berulang, otak pun akan lebih mudah menyimpannya.

2. Fokus

Memang berselancar di dunia maya atau membaca komik adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun ketika sedang belajar, pastikan kamu harus fokus. Singkirkan semua gawai maupun komik dari sekitarmu.

3. Selesaikan Dulu Hal yang Lebih Sulit

Cara berikutnya yang harus dicoba adalah menyelesaikan hal yang rumit lebih dahulu. Ketika berhasil, perasaanmu akan menjadi lebih baik serta rasa percaya diri kian meningkat. Selanjutnya, kamu akan kian termotivasi untuk menyelesaikan masalah-maslaah lain yang jauh lebih mudah.

4. Menemukan Gaya Belajar yang Sesuai

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang lebih mudah menangkap konsep pelajaran saat menyendiri, belajar bersama teman atau menonton tutorial video. Temukan gaya belajar yang menurutnya paling asyik dilakukan.

Baca juga: 10 Ciri Saat Salah Jurusan Kuliah, Kamu Pernah?

5. Gunakan Interval Belajar

Agar otak mengingat informasi dalam durasi lebih lama, belajarlah dengan menerapkan interval waktu. Misalnya kamu harus memahami satu konsep. Pelajari hal tersebut dalam kurun waktu 1 hari. Kemudian ulangi setelah interval tiga hari dan setelah itu satu minggu. Cara ini membuat konsep akan lebih lama diingat ketimbang ketika mengulanginya setiap hari.

6. Belajar di Lingkungan Visual yang Bervariasi

Penelitian membuktikan bahwa seseorang dapat mengingat sesuatu lebih cepat bila berada di lingkungan visual yang bervariasi. Pada sebuah penelitian, para ahli neurosains ini membagi siswa dalam dua kelompok.

Mereka diminta mengingat urutan kata-kata secara acak. Satu kelompok harus berada di dalam satu ruangan saja sedangkan kelompok yang lain bisa berpindah ruangan.

Ternyata, kelompok yang sering berpindah tempat mampu mengingat kata-kata lebih baik daripada kelompok yang statis. Dalam keseharianmu, kamu bisa mencoba tempat selain kamar untuk belajar misalnya di taman atau perpustakaan.

7. Gunakan Teknik Pomodoro

Pomodoro merupakan salah satu cara belajar efektif yang diciptakan oleh Franscesco Cirillo. Pomodoro merupakan bahasa Italia untuk tomat, yang merujuk kepada bentuk timer yang digunakan oleh Cirilo.  

Untuk melakukan teknik ini, siapkan timer dan atur waktu di angka 25 menit. Mulailah belajar, dan saat  waktu selesai, alokasikan 5 menit untuk mengistirahatkan otak. Setelah itu, lanjutkan lagi pelajaran selama 25 menit . Teknik ini dilakuan agar kamu bisa tetap fokus hingga proses belajar selesai.

8. Lakukan Tes Pribadi

Seusai belajar suatu materi tertenu, tes kemampuanmu sendiri dengan menjawab beberapa konsep dasar. Dari situ, kamu bisa mengetahui berapa banyak konsep yang telah maupun belum dikuasai.

9. Mempraktekan Langsung

Seandainya kamu hanya memiliki satu jam untuk mempresentasikan makalah, maka bagilah waktu persiapan dengan tepat. Alokasikan waktu 20 menit untuk membaca serta 40 menit tersisa untuk mempraktikkannya. Praktik langsung akan membuatmu lebih mudah mengingat materi.

10. Belajar yang Menyenangkan

Buatlah konsep belajar yang menyenangkan dan tidak monoton. Misalnya dengan melagukan materi atau belajar melalui YouTube. Belajar dengan cara yang menyenangkan akan membuatmu cepat memahami suatu konsep.

11. Istirahat yang Cukup

Karena bertugas menyimpan ribuan informasi, otak juga memerlukan istirhat. Manfaatkan waktu di malam hari untuk tidur dengan cukup maksimal 7 hingga 9 jam setiap harinya.

12. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga ternyata sangat bagus demi meningkatkan fungsi  dan kinerja otak, khususnya bagi yang ingin mendapatkan kemampuan mengingat yang lebih baik. Karena itu, luangkan maksimal 15 menit tiap harinya agar bisa belajar dengan lebih efektif.

13. Jangan Paksakan Diri

Ada saatnya seseorang tidak mood untuk belajar. Ketika mengalaminya, lakukan hal yang bisa mengembalikan mood-mu. Belajarlah dengan sukarela bukan karena paksaan dari orang lain.

Cara belajar efektif ini bisa juga kamu terapkan saat menjalani kuliah di LP3I. Dengan kombinasi teori dan praktik yang berimbang, kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan impian setelah lulus.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami