Tentang Kami

Sambutan Ketua Yayasan

Bahagia sekali rasanya kami bisa berada di tengah Anda untuk menghadirkan sekelumit informasi mengenai lembaga pendidikan kami, yang selama ini telah turut membantu ribuan lulusannya meraih cita-cita menjadi profesional dibidangnya masing-masing.

Kami merasa bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi ini seluas-luasnya agar Anda, para generasi muda , tidak keliru dalam menentukan pilihan tempat belajar lanjutan pasca SMU/K. Yang kami inginkan agar Anda mendapatkan pendidikan terbaik yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya dalam pengembangan karir Anda dan tentunya juga, peningkatan kualitas hidup Anda.

Sebagai pelopor pendidikan profesi di Indonesia, yaitu pendidikan yang berorientasi kedunia kerja tanpa meninggalkan kaidah-kaidah akademis, kami terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara menyesuaikan kurikulum dengan mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia kerja. Itulah yang menyebabkan daya saing lulusan LP3I di mata perusahaan selama ini tetap tinggi dan sulit untuk ditiru oleh lembaga lain.

Era globalisasi sudah kita lalui, persaingan untuk terjun kedunia kerja akan semakin keras, Kami siap menghadapinya!.. Bagaimana dengan Anda

DR. H. M. Syahrial Yusuf, SE, MBA, MM
Ketua Yayasan

Sambutan Presiden Direktur

Assalamualaikum, Wr Wb

Selamat bergabung dengan keluarga besar LP3I, sebuah Lembaga Pendidikan yang berorientasi kerja dan terkemuka di Indonesia yang telah berdiri sejak 28 tahun yang lalu. Permasalahan terbesar yang dihadapi oleh bangsa kita saat ini adalah pengangguran, kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Disamping itu, kita juga menghadapi masalah persaingan. Persaingan tidak hanya dengan sesama bangsa sendiri, tetapi juga dengan sesama bangsa - bangsa lain, terutama sesama bangsa ASEAN.

Permasalahan ini bisa diatasi dengan pendidikan yang berkualitas. Karena masyarakat yang memiliki pendidikan yang baik akan lebih mudah mencari pekerjaan, memiliki pola hidup dan status sosial yang lebih baik yang pada gilirannya mengurangi kesenjangan sosial antara yang miskin dengan yang kaya.

Sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi kerja, yang memiliki jaringan Perusahaan yang tersebar luas di seluruh Indonesia, LP3I senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan kualitas pendidikannya. LP3I akan meningkatkan kualitas hard skill (Bahasa Inggris, Akuntansi, Komputer, Export-Import dan lain – lain) dan soft skill (karakter) serta wawasan tentang kewirausahaan Saudara. Semua itu bertujuan agar Saudara mampu memenangkan persaingan dalam dunia kerja serta memiliki kemampuan untuk menjadi wirausaha – wirausaha muda yang handal.

Maka pilihan anda untuk melanjutkan pendidikan pasca SMA/K di LP3I adalah pilihan yang tepat dan cerdas.

LP3I siap mengantar anda menuju gerbang kesuksesan.

Wassalamualaikum, Wr Wb

Isral Nurdin, MH., MBA
Presiden Direktur

Sejarah Singkat

Fenomena tidak terampungnya lulusan pendidikan tinggi, di dunia kerja bukan cerita milik era tahun 2000-an saja. Bila dirunut kebelakang, sebenarnya gejala tersebut sudah mulai muncul ke permukaan sekitar dua puluh tahun sebelumnya. Semakin hari semakin meresahkan masyarakat yang mengalami langsung. Namun hingga menjelang akhir 1980-an, belum ada tanda-tanda pihak yang merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah tersebut, baik pemerintah maupun swasta.

Atas dasar itulah, maka Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 Maret 1989 dengan kampus pertama di Pasar Minggu Jakarta Selatan. Selanjutnya, bermula dari program kursus 6 bulan, LP3I kemudian mengembangkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan profesi (1-2 tahun), hingga akhirnya pada tahun 2003 sebagian LP3I yang ada sudah menjadi Politeknik yaitu Bandung, Jakarta dan Medan, sedangkan dalam proses pengurusan Politeknik baru untuk daerah Makassar dan daerah lain akan segera menyusul.

Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat pun semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibukota saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka kampus-kampus hampir diseluruh kota-kota besar di Indonesia.

Kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melaui kerjasama transfer kredit dan konversi mata kuliah.

Visi

Menjadi Lembaga pendidikan yang terus menerus menyelaraskan kualitas pendidikannya dengan kebutuhan dunia kerja dalam pembentukan Sumber Daya Manusia yang profesional, beriman, & bertaqwa.


Misi

Mencetak Sumber Daya Manusia yang siap kerja dengan kemampuan yang terampil dan profesional.

Membentuk kepribadian Sumber Daya Manusia yang memiliki jiwa dan kemampuan berwirausaha.

Membentuk Sumber Daya Manusia yang berbudi Luhur.

Membangun jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan industri serta asosiasi profesi di dalam dan luar negeri. Memiliki Netwoking melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Menjadi lembaga pendidikan terbaik dengan kualitas berstandar internasional.

Memiliki jaringan di dalam dan luar negeri Menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya dan bermanfaat bagi masyarakat.

Memberikan kesejahteraan dan rasa aman bagi karyawan dan keluarganya.

Tujuan dan Metode Pendidikan

Perkembangan bisnis yang demikian pesat saat ini sangat membutuhkan tenaga kerja yang berbakat dan siap pakai, yang menuntut profesionalisme, kematangan, kesiapan dan kejelian dalam mengenali dan menangkap setiap peluang usaha sebagai konsekuensi logis dari persaingan bisnis kian tajam dan beragam. Persaingan ketat akan merupakan nasib buruk bagi para pencari kerja yang tidak memiliki dasarpengetahuan, keterampilan praktis dankemampuan analisis yang handal.

LP3I melaui program - programpendidikannya menjawab tantangan ini.Proses belajar mengajar disajikan melaluipendekatan praktis, diskusi kelompok,simulasi, role play dan latihan/kerja praktek( on-the-job training). Disamping itudiadakan juga kegiatan mentoring agamauntuk pembinaan mental spiritual, antaralain untuk memupuk sikap jujur, disiplin,memiliki etika, sopan santun dan moralsecara umum. Pendekatan-pendekatanini ternyata menunjang keberhasilan parapeserta didik untuk dapat memahanmi danmampu mengamalkan keahliannya, baikmelalui latihan kerja praktek di perusahaanperusahaan, maupun di lapangan kerja yangsesungguhnya.

Selama proses belajar berlangsung, pesertaprogram pendidikan LP3I mendapatdukungan dan bimbingan penuh dari parastaf pengajar yang berasal dari kalanganakademis dan para praktisi profesional yangaktif. Suasana yang sama juga akan didapatpada saat peserta terlibat dalam situasinyata dari persoalan bisnis di perusahaanketika mengikuti latihan kerja praktek.

Dengan perangkat modul dan paket programyang aktual serta proses pendidikan yangberkesinambungan, intensif, dan partisipatif,diharapkan para peserta program pendidikanLP3I memiliki sikap dan kemampuan sebagai berikut :

  • Memiliki sikap dan etos kerja yangmemahami dan menghayati nilai-nilaimoral, tuntutan mutu yang tinggi dankeunggulan keahlian dalam bekerjadibidangnya.
  • Memiliki Keunggulan kompetitif, uletdan mampu bekerja di bawah tekananwaktu dan mutu.
  • Mampu memecahkan masalah secarasistematis dengan konsekuensi biayaminimum.
  • Memiliki keterampilan konsepsionalyang berharga, mampu melihatgambaran perusahaan secaramenyeluruh dan bertindak profesional.
  • Memiliki keterampilan sosialinterpersonal yang diperlukan untukmeraih sukses dalam hubungan bisnis,memahami dinamika kelompok danmemiliki kemampuan untuk memberiinspirasi dan motivasi rekan kerja.
  • Memiliki moral dan kepribadian yangtangguh tidak mudah putus asa danberjiwa pantang menyerah.

Tetap terhubung bersama kami