fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Calon Mahasiswa: Hal yang Sering Membuat Galau dan Antisipasinya

Calon Mahasiswa: Hal yang Sering Membuat Galau dan Antisipasinya

Menjadi calon mahasiswa baru merupakan hal yang sering dinantikan siswa setelah tamat SMA. Hal ini dikarenakan mereka akan mendapatkan pengalaman seru dan teman-teman baru. Namun, banyak juga yang masih galau memikirkan tempat kuliah yang tepat demi mencapai masa depan yang lebih baik

Selain memilih tempat kuliah, hal lain yang menyebabkan kegalauan adalah menyiapkan mental dan fisik saat orientasi mahasiswa baru. Tentu saja menghadapi semua ini, diperlukan berbagai persiapan. Apa saja persiapan yang diperlukan oleh mahasiswa baru? Yuk, disimak.

1.       Beradaptasi

Tidak mudah menjadi calon mahasiswa. Apalagi terdapat perbedaan yang signifikan antara kehidupan siswa SMA ke kehidupan mahasiswa. Untuk itu, diperlukan kemampuan untuk beradaptasi agar bisa masuk ke ke lingkungan baru.

Agar dapat beradaptasi, Anda harus aktif bertanya.  Tanyakan tentang kehidupan perkuliahan kepada teman, senior, staf kampus, hingga dosen. Dengan bertanya, kehidupan kampus yang menjadi lebih familier.

2.       Kenali Tipe Mahasiswa

Agar tidak galau menghadapi kehidupan menjadi mahasiswa baru, Anda perlu mengetahui tipe-tipe mahasiswa. Tipe kura-kura atau kepanjangan dari kuliah – rapat – kuliah – rapat dan tipe kupu-kupu atau kuliah – pulang – kuliah -pulang. Tipe ini menunjukkan perbedaan keaktifan mahasiswa.

Saat orientasi, mahasiswa baru akan dikenalkan pada berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di kampus. Anda bisa mengikuti beberapa UKM untuk bersosialisasi dengan banyak orang. Sebaliknya, Anda juga bisa memilih untuk tidak bergabung dalam UKM. Tinggal pilih mana yang lebih nyaman dilakukan.

Perlu diingat, mengikuti berbagai kegiatan UKM akan membantu Anda mengenal berbagai karakter manusia. Hal ini akan membantu Anda saat terjun ke dunia kerja.

3.       Kumpulkan Poin Keaktifan

Salah satu hal yang perlu diketahui kehidupan perkuliahan adalah banyak kampus yang memberlakukan poin keaktifan sebagai salah satu syarat mengikuti sidang skripsi. Sebelum memutuskan memilih kampus, coba cari informasi apakah kampus yang dipilih menggunakan hal tersebut atau tidak.

Jangan sampai Anda bermasalah saat akan sidang skripsi karena tidak memenuhi persyaratan tersebut. Poin keaktifan dapat diperoleh dengan mengikuti UKM. Selain itu, keuntungan lainnya adalah Anda bisa mendapat sertifikat dan dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi.

4.       Pahami Budaya dan Kebiasaan

Salah satu hal akan dihadapi ketika menjadi calon mahasiswa baru adalah perbedaan budaya dan kebiasaan. Anda akan bertemu banyak orang dari berbagai daerah dengan suku dan bahasa yang berbeda. Tentu saja perbedaan ini bisa mengejutkan apabila tidak terbiasa.

Pahami perbedaan kebudayaan tersebut. Ajak mereka untuk berkenalan dan berteman. Karena memiliki banyak teman dari berbagai daerah sangat mengasyikkan.

5.       Bangun Jaringan Kerja dari Semester Awal

Membangun koneksi dari awal semester sangat berguna ketika sudah lulus nanti. Orang-orang yang ada di jaringan Anda kelak bisa menjadi perantara informasi tentang lowongan pekerjaan. Agar jaringan kerja tetap terbangun, buat jaringan pertemanan melalui grup WhatsApp atau Line. Jangan keluar dari grup tersebut dan tetap aktif di grup.

Baca juga: 5 Hal yang Cuma Dipahami Anak Finance 

6.       Cari Informasi tentang Kampus

Sebagai calon mahasiswabaru, Anda harus mencari informasi tentang kampus yang dimiliki. Informasi tersebut akan mempermudah menghadapi dan beradaptasi dengan kehidupan kampus. Cari juga informasi tentang proses administrasi hingga kegiatan UKM yang dimiliki kampus.

7.       Siapkan Peralatan Kuliah

Tidak ada salahnya menyiapkan peralatan kuliah sebelum memulai perkuliahan. Peralatan standar seperti buku, laptop, hingga alat tulis harus dimiliki. Bahkan beberapa jurusan membutuhkan peralatan khusus. Misalnya mahasiswa arsitektur. Mahasiswa jurusan tersebut harus menyiapkan buku sketsa, software, dan aplikasi penunjang yang harus terinstal di laptop.

8.       Pilih Indekos dekat Kampus

Posisi menentukan prestasi. Jika Anda merantau, pilih tempat indekos yang dekat dengan kampus. Jarak dekat indekos ke kampus akan menguntungkan ketika Anda harus kuliah malam atau mengerjakan tugas di kampus. Selain itu, Anda tidak akan kelaparan karena banyak makanan dan camilan murah dijual di sekitar kampus.

Inilah persiapan yang harus dilakukan calon mahasiswa agar tidak galau menghadapi kehidupan kampus. Memilih tempat kuliah yang tepat pun bisa menyebabkan kegalauan. Apakah Anda termasuk yang galau memilih tempat kuliah?

Coba pertimbangkan LP3I. LP3I merupakan pilihan kampus yang baik karena memberikan jaminan pekerjaan setelah lulus kuliah. Namun, sebelum lulus, Anda akan dibekali ilmu dan pengembangan kemampuan sesuai dengan jurusan yang diambil.

Pengembangan kemampuan kerja ini pastinya akan berguna saat bekerja nanti. Kunjungi situs web resmi LP3I dan dapatkan informasi yang lebih detail tentang kampus dan jurusan yang ditawarkan.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung