fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Hal yang Cuma Dipahami Anak Finance

5 Hal yang Cuma Dipahami Anak Finance

Jurusan finance menjadi salah satu jurusan yang cukup diminati para calon mahasiswa. Hal ini disebabkan karena jurusan ini memiliki prospek cerah di masa depan. Apalagi bidang finance memiliki peran yang cukup vital dalam sebuah perusahaan.

Setiap perusahaan pasti membutuhkan jurusan finance atau keuangan untuk membantu mencatat dan menghitung berbgai urusan finansial perusahaan. Dengan bekal ilmu yang dimiliki, lulusan finance memiliki kemampuan untuk merekomendasikan sejumlah tindakan finansial.

Pasalnya, dalam perkuliahannya, anak finance dibekali berbagai wawasan seputar risiko keuangan, organisasi nirlaba, hingga fungsi manajemen keuangan. Tertarik untuk menjadi anak finance? Yuk, pahami dulu lima hal ini.

1. Memahami tentang Analisis Keuangan

Menjadi mahasiswa jurusan finance harus memahami tentang analisis keuangan. Di antaranya ilmu tentang membuat laporan keuangan, laporan rugi laba, nilai waktu uang, hingga berbagai jenis perhitungan akuntansi lainnya. Tidak hanya secara manual, anak financejuga dibekali ilmu tentang system akuntansi yang terkomputerisasi.

2. Memiliki Tipe Kepribadian Detached

Hal lain yang cuma dipahami anak jurusan finance adalah kebanyakan dari mereka terbentuk memiliki kepribadian detached, yakni kepribadian dengan sifat tegas, berpikiran logis, praktis, dan tidak ragu mengambil keputusan. Pasalnya, anak jurusan finance diharapkan mampu membuat keputusan sulit terkait finansial perusahaan tempatnya bekerja nanti.

Mahasiswa jurusan finance juga terlatih bermain dengan detail angka dan memiliki kemampuan berpikir logis. Mereka juga dituntut untuk selalu update, seperti mengikuti tren berita, memahami gejolak sosial di masyarakat, dan isu politik. 

Baca juga: Calon Mahasiswa: Hal yang Sering Membuat Galau dan Antisipasinya 

3. Memiliki Kesempatan Berkarier yang Tinggi

Salah satu hal yang cuma dipahami oleh anak jurusan finance adalah kesempatan untuk berkarier yang tinggi. Lulusan finance biasanya ditempatkan di bagian keuangan. Bahkan lulusan tersebut bisa berkarier di bagian lain di berbagai perusahaan, mulai dari telekomunikasi, pertambangan, infrastruktur, pangan, hingga kesehatan.

Kesempatan berkariernya pun memiliki prospek masa depan yang cerah. Pasalnya, skill yang dimiliki amat dibutuhkan pada masa sekarang dan di masa depan.

Ada berbagai kesempatan karier yang ditawarkan jika Anda menjadi mahasiswa jurusan finance, seperti akuntan di pemerintahan, auditor pajak dan auditor internal di Badan Pengawas Keuangan (BPK), konsultan pajak, pialang saham (stockbroker), perencana keuangan (financial planner), bankir investasi (investment banker), analis keuangan (financial analyst), hingga regulator pemerintah (government regulator).

4. Memiliki Berbagai Fokus Keahlian

Mahasiswa jurusan finance pasti memahami bahwa jurusan yang mereka ambil ini memiliki berbagai spesialisasi atau fokus keahlian. Fokus keahlian ini bisa dipilih sesuai dengan karier yang ingin dicapai. Bidang spesialisasi tersebut cukup beragam dan bisa berbeda di setiap universitas.

Pada umumnya spesialisasi jurusan finance yang ditawarkan berupa investment banking, keuangan pemerintah, perbankan, keuangan perusahaan, keuangan internasional, keuangan pribadi, matematika ekonomi, manajemen risiko, hingga matematika keuangan. Spesialisasi ini bisa dipilih sesuai dengan minat dan prospek kerja yang dimiliki.

5. Teliti dalam Hitung-hitungan

Memiliki keahlian yang andal dalam hitung-hitungan merupakan skill yang dimiliki anak jurusan finance. Mereka harus memahami pembuatan laporan keuangan secara detail dan teliti.

Ketelitian merupakan hal yang krusial dan wajib dimiliki oleh para pelaku pencatatan keuangan. Kesalahan sekecil apa pun harus dihindari. Akibatnya kebiasaan teliti ini terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, bisa saja saat makan bersama anak finance. Mereka akan mengecek nota pembayaran dan menghitung apakah jumlah pembayaran sudah sesuai dengan yang dimakan. Tidak perlu kaget, ya?

Nah, sudah tahukan lima hal menarik yang cuma dipahami anak finance. Tertarik untuk bergabung dan belajar tentang seluk beluk keuangan?  Jurusan finance bisa menjadi pilihan. Program studi ini terbukti memiliki beragam prospek karier.

Belum memutuskan tempat kuliah yang memiliki jurusan finance? Daftar saja di LP3I. Tempat kuliah ini menawarkan jurusan keuangan dengan program studi yang menarik. Apalagi LP3I membantu mahasiswanya untuk mendapatkan penempatan kerja setelah lulus.

Selama kuliah, Anda juga akan mendapatkan pengembangan keahlian yang sesuai dengan jurusan yang diambil. Pengembangan keahlian ini akan berguna di dunia kerja. Kunjungi situs web resmi LP3I dan temukan alasan-alasan positif mengapa harus berkuliah di kampus ini.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung