fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa itu Pendidikan Vokasi?

Apa itu Pendidikan Vokasi?

Ngomong-ngomong soal perguruan tinggi atau memasuki jenjang kuliah nih, pasti yang terbesit dipikiran adalah “Sarjana” atau “S1”. Sejak dulu kuliah memang identik dengan tingkat pendidikan strata 1 dimana seorang mahasiswa harus menghabiskan waktunya selama 3,5 – 4 tahun menimba ilmu dalam bidang tertentu agar mendapatkan gelar Sarjana. 

Kurangnya informasi tentang berbagai macam jenjang perguruan tinggi membuat pendidikan vokasi menjadi samar dimata masyarakat, pendidikan akademik dan pendidikan vokasi adalah dua jenis perguruan tinggi yang berebeda loh teman-teman. Tetapi, pilihan salah satu dari kedua tersebut bukan berarti lebih baik dari yang lain. Nah, lebih baik kalian cari tahu dan pahami terlebih dahulu agar bisa memilih perguruan tinggi yang sesuai kebutuhanmu! 

Baca juga: Fokus Kuliah atau Rintis Bisnis? Ini Kata Pakar 

1. Pendidikan Akademik

Seperti yang kalian ketahui, pendidikan akademik adalah perguruan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasan dan pengembangan displin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu, yang mencakup sarjana (S1), magister (S2) dan doktoral (S3).

2. Pendidikan Vokasi 

Sedangkan pendidikan vokasi adalah perguruan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Program pendidikannya meliputin Diploma: D1/Ahli Pratama, D2/Ahli Muda, D3/Ahli Madya dan D4/Sarjana Terapan yang adalah setara dengan program pendidikan akademik strata 1. 

Itu adalah perbedaan dari pendidikan akademik dan pendidikan vokasi, sekarang kami mau bertanya nih..

Kalian punya cita-cita untuk menjadi sumber daya yang siap kerja?

Gak mau buang waktu untuk menguasai kemampuan yang spesifik?

Lebih senang belajar ilmu praktis dan bisa langsung diterapkan di dunia kerja?

Dan ingin mencoba kesempatan yang lebih mendalam?

Nah jika kalian menjawab “Ya!” dari semua pertanyaan diatas, kalian bisa pilih pendidikan vokasi untuk jenjang perguruan tinggi kalian! Selamat berjuang teman-teman!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung