fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Salah Jurusan Kuliah, Harus gimana?

Salah Jurusan Kuliah, Harus gimana?

Pemilihan jurusan kuliah sangat penting dalam menentukan masa depan Anda kelak. Sayangnya tidak semua mahasiswa beruntung untuk kuliah sesuai dengan passion yang mereka miliki. Sementara, pindah jurusan kuliah tidak gampang dilakukan karena menelan biaya yang tidak sedikit.

Banyak faktor yang turut memengaruhi terjadinya salah jurusan kuliah, mulai dari pilihan orang tua, masalah dana, hingga gagal mengikuti seleksi di jurusan yang ingin dituju. Bila akhirnyaAnda mengalami hal tersebut, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Berpikiran Positif

Hal pertama yang harus dilakukan jika telanjur salah jurusan adalah tetap berpikiran positif dan yakinlah Anda masih tetap bisa meraih masa depan. Banyak pengalaman di luar sana yang membuktikan bahwa kesuksesan bisa dicapai dengan bekerja keras bukan hanya bermodal ijazah semata. Pikiran ini harus tetap dijaga agar bisa menjalani proses perkuliahan dengan semangat.

2. Terlibat dalam UKM dan Organisasi Kemahasiswaan

Untuk memfasilitasi aktivitas positif selain perkuliahan, pihak kampus menyediakan berbagai jenis unit kegiatan mahasiswa (UKM). Bergabunglah dengan satu atau lebih kegiatan bermanfaat yang kira-kira sesuai dengan minat Anda.

Misalnya saja, Anda adalah mahasiswa teknik informatika dan tertarik dengan alam. Anda bisa langsung bergabung dengan UKM pencinta alam. Tak hanya bisa mendapatkan pengetahuan baru dan pengalaman seru, teman baru dari jurusan berbeda pun bisa didapatkan. Selain UKM, Anda juga bisa belajar banyak hal dengan bergabung ke organisasi kemahasiswaan di kampus.

3. Ikut Kursus

Terlibat dalam kursus merupakan salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan kualitas diri sejak dini. Anda bisa mengikuti kursus mata pelajaran tertentu untuk mendongkrak nilai yang dirasa masih jauh dari harapan.

Selain itu, kembangkan juga soft skill lain, misalnya mengikuti kursus bahasa asing atau desain grafis, atau keahlian lainnya sesuai minat Anda. Tak perlu pusing soal biaya yang harus dikeluarkan. sekarang banyak tersedia platform kursus gratis di internet yang bisa Anda manfaatkan. Bahkan para pengajarnya adalah mereka yang sudah terbukti kompeten di bidangnya.

4. Magang Kerja

Mengikuti program magang merupakan kesempatan bagi seorang mahasiswa untuk merasakan pengalaman berkarier di dunia kerja profesional. Tak hanya untuk memenuhi kewajiban kuliah, Anda juga bisa terlibat dalam kegiatan magang secara sukarela. Tak hanya mendapatkan wawasan baru, Anda secara otomatis bisa memperluas jaringan pertemanan yang pastinya sangat bermanfaat untuk masa depan.

5. Ambil Pendidikan Lanjutan Sesuai Minat

Ketika salah jurusan kuliah di jenjang strata 1, Anda tetap bisa mengikuti kuliah di jurusan yang Anda minati di jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni S2. Ada beberapa jurusan pascasarjana yang menerima mahasiswa dari jurusan yang tidak linear.

Meski tak dapat dimungkiri, bila jurusan S1 dan S2 jauh berbeda, maka akan menimbulkan kesulitan beradaptasi pada awalnya. Namun tidak usah khawatir karena hal ini justru bisa memberikan keuntungan. Sudut pandang Anda terhadap suatu masalah pun akan unik sebab telah memiliki dasar pemikiran berbeda dari rekan-rekan satu kelas.

Misalnya saja, Anda telah menyelesaikan kuliah di jurusan Biologi. Namun Anda berminat untuk memiliki bisnis sendiri dan ingin meneruskan kuliah Magister Bisnis. Hal ini bisa dimungkinkan, asal kampus yang dituju memperolehkan peserta kuliah berasal dari latar belakang lulusan nonbisnis.

6. Mengambil Double Degree

Mengambil double degree merupakan solusi berikutnya apabila Anda salah jurusan kuliah. Double degree artinya Anda akan menjalani kuliah di dua jurusan sekaligus. Jadi saat lulus, Anda akan memiliki dua ijazah. Waktunya tidak harus selalu bersamaan. Anda bisa terlebih dulu menjalani kuliah di jurusan awal kemudian  mengambil jurusan sesuai minat Anda dalam satu atau dua tahun kemudian.

Namun demikian, kuliah double degree juga memiliki konsekuensi yang tidak ringan. Selain pembiayaan yang besar, Anda juga harus ekstra kerja keras soal belajar dan mengerjakan tugas-tugas. Karena itu, pastikan Anda siap sebelum mengambil jalur ini.

Demikianlah hal-hal yang bisa Anda lakukan bila sudah telanjur salah jurusan kuliah. Apabila belum menentukan akan melanjutkan kuliah di mana, LP3I bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya menyediakan beragam pilihan jurusan dengan kurikulum dan metode kuliah yang berkualitas, biaya studinya juga terjangkau dan ada jaminan bantuan mencari kerja bagi lulusannya. Kuliah? LP3I aja!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!