fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

UTBK Berbeda dengan Ujian Nasional! Kenapa Perlu Belajar UTBK Secara Khusus?

Kenapa Perlu Belajar UTBK Secara Khusus?

Setelah mengikuti ujian nasional, bagi yang tertarik melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri wajib mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Namun, untuk mengikuti UTBK, diperlukan persiapan khusus dan tidak bisa hanya dengan mengandalkan persiapan seperti ketika hendak mengikuti Ujian Nasional (UN) saja.

UN merupakan bentuk ujian evaluasi untuk menilai kemampuan siswa selama berada di bangku sekolah. Sementara UTBK, merupakan ujian seleksi yang tujuannya untuk menyaring calon mahasiswa. Tidak semua mahasiswa bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) karena ketersediaan kursi yang terbatas. Karena itu, hanya siswa berkualitas dengan persiapan prima yang bisa menempuh pendidikan di PTN.

Persaingan Ketat

Salah satu alasan mengapa perlu belajar UTBK secara khusus adalah karena kamu akan menghadapi banyak sekali saingan dari seluruh Indonesia. Tingkat persaingannya sangat tergantung pada jurusan yang dipilih. Jurusan-jurusan favorit jumlah peminatnya amat banyak sehingga tingkat persaingannya tinggi. Adapun beberapa jurusan lain, peminatnya tidak terrlalu banyak sehingga peluangnya lebih tinggi.

Sebagai gambaran, pada tahun 2018, jumlah pendaftar SNMPTN mencapai lebih dari 478 ribu peserta. Dari jumlah itu, hanya ada 90 ribu lebih (sekitar 19,29%) yang lolos. Sementara sisanya harus tersingkir.

Adapun total pendaftar dari jalur SBMPTN adalah sekitar 700 ribu orang dan yang dinyatakan lulus hanya 23 persen saja atau sekitar 168 ribu peserta. Kemungkinan besar, tingkat penerimaan pada jalur SNMPTN dan SBMPTN tahun 2020 tidak akan jauh berbeda. Karena itu, persiapan khusus sangat dibutuhkan oleh mereka yang serius ingin kuliah di PTN.

Sebagai informasi, SNMPTN merupakan seleksi yang menggunakan nilai rapor sebagai ujian. Sementara di dalam SBMPTN, peserta wajib mengikuti UTBK.

UTBK 2020  Berbeda dari 2019

Untuk persiapan SBMPTN tahun 2020, kamu harus mengetahui bahwa UTBK tahun ini memiliki perbedaan bila dibandingkan dengan yang diselenggarakan tahun lalu. Selain jadwal tes yang diundur hingga 5-12 Juli mendatang, ada beberapa hal mendasar yang harus diketahui.

Dalam UTBK tahun ini, kamu hanya diizinkan untuk mengikuti satu kali tes saja. Jadi manfaatkan sebaik mungkin waktu untuk belajar dengan baik. Mereka yang bisa mengikuti UTBK tahun ini adalah siswa SMA kelas 12 di tahun 2020 serta lulusan SMA/Sederajat tahun 2019 dan 2018.

Selain itu, materi ujian UTBK tahun ini hanya Tes Potensi Skolastik (TPS). Padahal di tahun sebelumnya, peserta juga harus menghadapi ujian Tes Potensi Akademik (TPA) berdasarkan jurusannya.

Dalam TPS, kamu akan diuji soal kemampuan verbal, kuantitatif, serta logika. Melihat komponen materi yang akan diuji saja, bisa diketahui UTBK sangat berbeda jauh dari UN. Jadi setelah dinyatakan lulus UN, perlu persiapan khusus untuk belajar UTBK.

Belajar UTBK 2020

Tips Sukses Menghadapi UTBK

Berikut tiga tips yang dapat kamu terapkan agar bisa sukses dalam menghadapi UTBK di SBMPTN nanti.

Belajar Kemampuan Dasar

Ketika belajar konsep ini, kamu akan dihadapkan dengan aturan-aturan berpikir dasar. Jadi, materi ini tak hanya berguna untuk mengerjakan soal UTBK, tetapi juga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa materi yang perlu dipelajari adalah matematika dasar, ilmu sosial dan ilmu alam dasar, logika, analisis pola gambar dan deret, hingga kemampuan verbal. Tak hanya memperdalam materi, kamu juga harus mengimbanginya dengan latihan soal sehinga makin terbiasa ketika ujian nanti.

Tentukan Prioritas Belajar

Setiap orang memiliki tingkat pemahaman yang berbeda akan sebuah materi. Dikarenakan materi yang harus dipelajari untuk menghadapi UTBK amat banyakk, sebaiknya prioritaskan pada sub-sub materi yang kerap diujikan pada tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya, bila di tahun sebelumnya didominasi soal-soal mengenai logika, kamu bisa menaruh fokus lebih pada hal tersebut. Tak hanya mempelajari soal teori saja, selingi juga dengan latihan soal agar lebih seimbang.

Punya Target

Pastikan ketika belajar kamu sudah memiliki target waktu untuk mengusai materi tertentu. Dengan begitu, kamu akan lebih terarah dan bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk memahami materi-materi utama yang akan diujikan.

Bila masih bingung untuk mememilih tempat kuliah terbaik, bergabung saja dengan LP3I. Dengan kurikulum dan pengajar-pengajar berkualitas, kamu akan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja. Jadi, setelah lulus, tak perlu menanti lama demi bisa bekerja di perusahaan impian. Yuk, raih masa depan bersama LP3I!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!