fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

2020 Check: UN di Batalkan dan UTBK Ditunda, Harus Bagaimana Ya?

UN di Batalkan dan UTBK Ditunda, Harus Bagaimana Ya?

Pandemi virus Corona memang berpengaruh besar terhadap seluruh aktivitas kehidupan masyarakat, termasuk dunia pendidikan. Meski seluruh siswa tingkat atas sudah melakukan persiapan, pemerintah dengan berat hati mengumumkan ujian nasional (UN) tahun ini harus dibatalkan. Imbasnya, UTBK LTMPT pun harus diundur sampai bulan Juli mendatang.

Meskipun menelan kekecewaan karena sudah melakukan banyak persiapan, tetapi ternyata ada manfaat positif yang bisa kamu rasakan dari pembatalan UN dan pengunduran UTBK ini. Berikut beberapa di antaranya.

1. Fokus Mempersiapkan Diri untuk UTBK

Ada banyak hal yang harus dilakukan saat berada di kelas XII. Mulai dari ujian praktik, ujian sekolah, hingga menjalani pemantapan materi untuk persiapan UN. Dengan ditiadakannya UN, bukan berarti kamu bisa bermalas-malasan. Justru momen ini harus digunakan untuk memaksimalkan persiapan UTBK.

2. Memanfaatkan Waktu Demi Lolos UTBK

UTBK LTMPT bukanlah ujian yang dapat dikerjakan secara asal-asalan. Harus ada persiapan matang dan terencana sebelumnya. Pasalnya, UTBK adalah ujian seleksi yang jauh berbeda dengan UN.

Ujian Nasional lebi bersifat evaluasi sehingga soal-soal yang diberikan bekisar pada penguasaan materi sekolah. Sementara itu, UTBK materi dan tingkat kesulitannya jauh berbeda. Soal-soal yang diberikan sangat bervariasi, mulai dari kemampuan dasar matematika hingga analisis logika. Dalam UTBK juga kamu harus berkompetisi dengan peserta lainnya. Terlebih bila jurusan serta universitas yang dipilih memiliki banyak peminat.

Banyak strategi jitu yang bisa kamu lakukan untuk bersiap menghadapi UTBK nanti. Mulailah dengan dengan mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya dan cermati skornya untuk mengetahui seberapa besar kemampuanmu. Setelah itu, lakukan evaluasi untuk memetakan materi mana saja yang telah kamu kuasai dan mana yang belum.

Bila sudah menemukan bagian materi yang menjadi kelemahanmu, pelajari dengan lebih mendalam. Tak hanya melalui buku teks, tetapi juga melalui video di YouTube atau media lainnya. Setelah itu, ikutlah try out di lembaga belajar agar kesiapan dirimu bisa lebih terukur.

Baca juga : UTBK Berbeda dengan Ujian Nasional! Kenapa Perlu Belajar UTBK Secara Khusus?
UTBK LTMPT - blog 1

3. Mengevaluasi Pola Pikir Ketika Belajar

Sebelum akhirnya menentukan pilihan jurusan untuk masa depan, kamu memiliki waktu yang cukup untuk memikirkannya kembali bidang studi yang akan kamu pilih tersebut. Di masa social distancing ini, kamu jadi punya lebih banyak waktu dengan diri sendiri. Banyak hal yang bisa dipikirkan terutama terkait persiapan UTBK.

Hal pertama yang patut dipikirkan adalah pola pikir ketika belajar. Tak bisa dimungkiri, dari sekian banyak materi persiapan, pasti ada beberapa konsep yang sulit untuk dikuasai. Banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi mulai dari rasa takut, pernah mendapatkan nilai buruk atau justru terlalu menganggap remeh. Evaluasi kembali pola berpikirmu dan tanamkan rasa positif ketika kembali menghadapi materi tersebut.  Yakinlah bahwa dirimu bisa menaklukannya.

4. Menentukan Jurusan Kuliah

Jurusan kuliah adalah hal penting yang harus dipikirkan sebelum nantinya mengikuti UTBK LTMPT. Lakukan riset mengenai apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan impian dan apakah benar-benar sesuai dengan yang diimpikan.

Pelajari juga soal kualitas lulusan dan kemungkinan berkarier ke depannya. Ingat, tentukan pilihan dengan benar karena nantinya pada saat tes masuk, kamu akan berjuang keras untuk diterima di jurusan tersebut

Selain jurusan, kampus pilihan pun harus dipertimbangkan. Mulai dari lokasi kampus hingga biaya kuliah. Apakah kamu ingin merantau ke luar kota ataukah tetap kuliah di kampus yang ada di kota kediamanmu.

Bila harus merantau, kamu sudah harus mempersiapkan diri untuk hidup mandiri. pastikan orang tua siap menanggung biaya hidup selama masa perkuliahan tersebut. Pertimbangkan juga soal kegiatan ekstrakurikuler di kampus serta kesempatan untuk mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri.

Manfaatkan waktumu sebaik mungkin ketika jadwal pelaksanaan UTBK LTMPT  ditunda. Namun tak perlu memaksakan diri untuk belajar setiap waktu. Selingi juga kegiatan belajar dengan hal-hal ringan seperti membaca novel atau menonton film agar pikiran tetap segar.

Bila ingin mengikuti kuliah yang memberi jaminan kerja setelah lulus, mendaftar di LP3I bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan kampus yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, kamu bisa mendaftar di kampus yang lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggalmu. Lulusan Kampus LP3I sudah mendapatkan pengakuan dari industri nasional dan internasional. Jadi, tak usah pusing memikirkan ke mana harus bekerja setelah merampungkan kuliah. Yuk, studi di LP3I!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung