fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Jalur Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Segera Dibuka, Ini 8 Tahapannya

UTBK SBMPTN 2020

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan syarat bagi kamu yang mau mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN). Melalui ujian ini nantinya nasibmu ditentukan apakah akan diterima di kampus pilihan. Oleh karena itu, persiapkan baik-baik untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2020 dengan maksimal.

Perlu diketahui, UTBK SBMPTN 2020 dapat diikuti oleh kamu siswa SMA/MA/ SMK dan sederajat yang lulus pada tahun 2018, 2019, dan 2020. Kamu bisa mengikuti UTBK kelompok Saintek, Soshum, atau campuran (Saintek dan Soshum).

Adapun tahapan UTBK SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran Akun LTMPT

Kamu perlu melakukan pendaftaran di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yakni https://portal.ltmpt.ac.id/. Inilah tahapan awal yang harus kamu lakukan.

Waktu pendaftaran untuk memiliki akun LTMPT ini berlangsung dari 17 Februari sampai 5 April 2020. Pastikan kamu tidak sampai terlewat untuk mendaftar agar memiliki akun di situs ini.

Memiliki akun LTMPT merupakan syarat penting agar nantinya kamu bisa mengikuti UTBK SBMPTN. Nantinya melalui akun tersebut, kamu akan mengisi biodata siswa, mengunggah foto, melakukan pendaftaran, hingga pencetakan kartu UTBK. Jadi, kamu yang mau mengikuti UTBK wajib punya akun LTMPT ini.

2. Login

Setelah sukses melakukan pendaftaran akun LTMPT, berikutnya adalah login dengan menggunakan username serta password yang kamu daftarkan.

Melakukan login penting dilakukan guna mengetahui bahwa kamu telah benar-benar berhasil melakukan pendaftaran akun LTMPT. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti tahapan berikutnya.

Baca juga : Cara Daftar Kuliah Online di LP3I

3. Verifikasi dan Validasi Data Siswa

Setelah berhasil login, berikutnya kamu bisa memilih menu ‘Verifikasi dan Validasi Data Siswa’. Pada menu tersebut, kamu dapat mengisi biodata, mengunggah foto terbaru serta melakukan verifikasi biodata.

Pastikan kamu mengisi biodata secara benar dan lengkap. Hindari menyingkat nama. Lebih baik tuliskan nama secara lengkap. Soal nama, harus juga tertulis benar. Sebagai contoh, apakah penulisan namamu yang benar adalah “Achmad” atau “Ahmad”.

Begitupun kamu perlu periksa mengenai data lainnya seperti tempat dan tanggal lahir. Pastikan data yang sudah kamu masukkan itu benar.

Untuk mempermudah melakukan pengisian data yang benar, kamu bisa gunakan data yang terdapat di sekolah. Dengan begitu nantinya ada keselarasan data yang kamu gunakan.

Tahapan pengisian data ini begitu penting. Karena itu, kamu perlu periksa beberapa kali untuk memastikan data yang kamu input telah benar. Soal foto juga penting. Kamu perlu memasukkan pas foto berwarna terbaru. Pastikan pas foto yang kamu unggah ini sudah sesuai ketentuan.

4. Pendaftaran UTBK

Memiliki akun LTMPT bukan berarti kamu sudah terdaftar sebagai peserta UTBK. Nah, pada tahapan keempat ini barulah kamu melakukan pendaftaran UTBK.

Registrasi UTBK ini bisa kamu lakukan setelah data kamu terverifikasi benar. Untuk melakukan pendaftaran UTBK, kamu bisa memilih menu ‘Pendaftaran UTBK’. Di sini, kamu bisa mengisi lokasi Pusat UTBK PTN, jenis ujian yang dipilih, serta sesi ujian. Setelah registrasi UTBK ini sukses, maka kamu pun akan mendapatkan slip pembayaran.

5. Pembayaran UTBK

Setelah mendapatkan slip pembayaran UTBK, kamu bisa segera melakukan pembayaran melalui bank yang melayani pembayaran UTBK. Ada tiga bank yang ditunjuk melayani UTBK yaitu Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank BTN. Kamu bisa memilih salah satunya.

Pembayaran UTBK SBMPTN ini harus segera dilakukan. Setelah menerima slip, kamu hanya diberi waktu pembayaran 1×24 jam. Jadi, sebaiknya segera lakukan pembayaran agar bisa lanjut ke tahapan berikutnya.

Adapun biaya UTBK tersebut adalah sebagai berikut:

– jika kamu mengikuti ujian Saintek dan Soshum, biayanya adalah Rp200.000.

– jika mengikuti ujian Campuran, maka biayanya adalah Rp300.000

6. Login Kembali dan Cetak Kartu

Setelah melakukan pembayaran UTBK, kamu akan menerima bukti pembayaran dari bank. Tahap berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah kembali login ke https://portal.ltmpt.ac.id.

Sekarang, kamu bisa mencetak kartu UTBK. Caranya, pilih menu ‘Pendafataran UTK’ dan kemudian kemudian pilih cetak kartu.

Sebelum mencetak, pastikan printer terdapat tinta berwarna. Jika sudah, kamu bisa mencetak kartu tersebut. Setelah tercetak, kamu bisa simpan di dalam plastik atau melakukan laminating agar kartu ini tidak mudah tertekuk atau rusak.

7. Catat Jadwal UTBK

Berikutnya, kamu bisa catat hari, tanggal dan jam serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu ikuti. Kamu bisa juga buat reminder di HP kamu agar tidak sampai terlupa.

8. Persiapkan Dokumen untuk Mengikuti Ujian

Selanjutnya bersiaplah dari sekarang. Kamu perlu menyiapkan sejumlah dokumen yang harus dibawa saat mengikuti ujian UTBK 2020, yaitu ijazah SMA bagi kamu Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018 dan 2019. Jika kamu pelajar SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020, kamu bisa membawa Surat Keterangan Identitas Pelajar yang dikeluarkan resmi oleh sekolah. Di samping itu, kamu tentu harus belajar sebaik-baiknya agar bisa lulus dari ujian UTBK SMPTN nanti.

Selain mengikuti UTBK SBMPTN 2020, kamu bisa juga mengikuti pendaftaran di kampus lainnya. Banyak juga kampus yang memiliki keunggulan jaminan cepat kerja bagi lulusannya seperti LP3I. Silakan kamu kunjungi https://www.lp3i.ac.id/ untuk mendapatkan informasi lengkap. 

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung