fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

7 Langkah Strategis untuk Belajar UTBK Kemendikbud

7 Langkah Strategis untuk Belajar UTBK SBMPTN

Bagi yang sedang duduk di kelas XII SMA atau yang ingin masuk universitas tahun ini, tentunya kamu sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK SBMPTN. Sebagai informasi, UTBK merupakan ujian tulis berbasis komputer, sementara SBMPTN merupakan seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Berhubung jadwal pelaksanaan UTBK Kemendikbud ini mundur hingga bulan Juni mendatang akibat adanya pandemi virus Corona, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk belajar. Agar bisa sukses saat UTBK SBMPTN nanti, berikut 7 langkah strategi yang bisa diterapkan ketika belajar.

1. Kerjakan Soal-Soal UTBK Tahun Lalu

Hal pertama yang harus dilakukan calon peserta UTBK adalah mengetahui sejauh mana kesiapan diri dan bentuk soal yang akan dihadapi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengerjakan soal UTBK tahun-tahun sebelumnya.

Soal-soal tersebut bisa didapatkan melalui internet. Kamu juga bisa membeli kumpulan soal yang sudah dibukukan. Lakukanlah simulasi dengan mengerjakannya dengan kemampuan sendiri tanpa melihat buku catatan. Hal ini bertujuan agar hasil tes yang didapatkan benar-benar murni.

2. Menyusun Materi Pembelajaran

Setelah mengerjakan soal dan mengetahui hasil evaluasinya, sangatlah penting untuk mengetahui banyaknya materi harus dipelajari untuk menyambut UTBK tahun ini. Kelompokan materi berdasarkan mata pelajaran serta topiknya.

Misalnya saja, kamu tengah menyusun materi Bahasa Inggris dasar. Kategorikanlah materi-materi tersebut sesuai topik. Dengan begitu, kegiatan belajar pun bisa lebih mudah karena dilakukan per topik.

Baca juga : 5 Manfaat Utama Daftar Kuliah Online
7 Langkah Strategis untuk Belajar UTBK SBMPTN - blog 1

3. Susun Jadwal Belajar

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah menyusun jadwal belajar. Meski terlihat sepele, langkah ini bisa membantumu mengetahui berapa banyak waktu yang tersisa sebelum akhirnya menjalani UTBK Kemendikbud.

Jadwal ini juga bisa menjadi pengingat agar kamu terus bisa mengikuti target belajar. Misalnya, untuk pelajaran bahasa Inggris, kamu telah menargetkan untuk menguasai konsep ‘Idioms’, sejak tanggal 25-30 April. Namun sayang karena ada kesibukan lain, materi tersebut belum tersentuh hingga tanggal 27 April.

Dengan adanya jadwal, kamu akan tersadar dan harus mengejar target dalam waktu tiga hari tersisa. Tak perlu kesulitan untuk membuat jadwal secara manual. Sekarang terdapat banyak aplikasi di ponsel pintar yang bisa membantumu mengatur jadwal belajar. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

4. Review Materi

Sebelum berkutat dengan soal-soal latihan UTBK, sebaiknya miliki pemahaman mendalam mengenai suatu konsep terlebih dulu. Selanjutnya, padukan dengan soal-soal latihan.

Agar lebih efektif, kamu bisa memulai dengan pengenalan konsep, kemudian mengerjakan soal latihan. Kerjakanlah latihan soal yang bervariasi. Dari sinilah kamu bisa mengetahui, pada bagian konsep mana kamu masih mengalami kekurangan.

5. Try Out UTBK

Setelah melakukan review materi dan menjawab latihan soal, langkah berikutnya yang wajib dilakukan adalah mengikuti try out UTBK. Banyak lembaga belajar yang menyediakan paket soal dan bisa dikerjakan secara online. Bahkan di lembaga tertentu tersedia program dengan durasi penyelesaian soal seperti ujian asli.

Sebelum mengerjakan, sebaiknya ciptakan lingkungan yang serupa dengan situasi saat nanti UTBK berlangsung. Misalnya berada dalam ruangan yang hening dan jauh dari gangguan.

Dengan penyesuaian kondisi ini, maka kamu akan merasa seperti sedang menjalani simulasi UTBK sebenarnya. Mentalmu pun akan semakin terlatih untuk menyelesaikan ujian dalam waktu singkat. Lakukan try out lebih dari satu kali agar semakin terlatih.

6. Evaluasi Kekurangan

Usai menjalani try out, jangan lupa evaluasi hasil yang diperoleh. Dari sana, kami dapat mengidentifikasi bagian mana yang memengaruhi total skormu. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa kembali melakukan langkah-langkah sebelumnya agar dalam tes selanjutnya mendapatkan hasil maksimal.

7. Terapkan Displin

Langkah strategis terakhir yang bisa dilakukan agar lulus UTBK Kemendikbud adalah selalu menerapkan sikap disiplin, terutama dalam hal mematuhi jadwal yang sudah dibuat sebelumnya. Karena akan menghadapi pesaing yang banyak, tentunya kamu harus berusaha lebih keras agar bisa mendapatkan keberhasilan.

Tujuh langkah strategis di atas, wajib dilakukan bila ingin masuk ke salah satu perguruan tinggi negeri. Kamu juga bisa memilih kampus terbaik seperti LP3I, demi mendapatkan pengalaman kuliah yang menyenangkan. Karena lulusan LP3I sudah terjamin kualitasnya, setelah selesai kuliah, kamu pun bisa mendapatkan lapangan pekerjaan dengan lebih cepat.   

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung