fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Manfaat Utama Daftar Kuliah Online

5 Manfaat Utama Daftar Kuliah Online

Kuliah online sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 1960-an. Namun belum adanya infrastruktur pendukung yang memadai, maka kuliah jenis ini pun belum begitu populer. Seiring dengan perkembangan dunia digital yang kian pesat, setiap universitas berlomba-lomba meningkatkan kualitas program mereka, termasuk kuliah online.

Secara garis besar, terdapat dua jenis kuliah online yang dapat diikuti yakni program belajar dengan sistem SKS serta program pelatihan bersertifikat. Berikut 5 manfaat yang bisa didapatkan bila kamu memutuskan daftar kuliah online.

1. Kuliah dari Mana Saja

Salah satu manfaat utama mengikuti kuliah online adalah dapat mengikuti kelas dari mana saja. Misalnya, bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus, sakit, atau mengalami kendala fisik lainnya, dapat mengikuti perkuliahan di rumah tanpa perlu  repot bepergian.

Kuliah ini juga cocok bagi para pekerja yang sering bepergian ke luar daerah, seperti misalnya pekerja seni, konten creator, atau bahkan fotografer. Hanya dengan modal koneksi internet dan gawai, kamu bisa langsung mengikuti kelas tanpa takut ketinggalan materi pelajaran.

Baca juga : 7 Langkah Strategis untuk Belajar UTBK Kemendikbud

2. Memangkas Biaya Kuliah

Manfaat lain yang dapat dirasakan adalah biaya Pendidikan menjadi lebih terjangkau dibandingan program kuliah regular. Tanpa harus bertatap muka secara langsung, mahasiswa bisa tetap mendapatkan ilmu pengetahuan tanpa mengeluarkan biaya transprotasi ke kampus. Tak hanya mahasiswa, pihak penyelenggara pendidikan pun bisa mendapatkan manfaat dengan menghemat biaya sewa gedung.

Bila kamu termasuk mahasiswa yang berasal dari luar kota, kuliah online tentu saja bisa meringankan biaya akomodasi, yakni untuk sewa rumah kontrakan atau kos. Biaya untuk cetak tugas atau fotokopi pun ikut terpangkas karena Sebagian besar proses telah berbasis e-learning.

5 Manfaat Utama Daftar Kuliah Online - blog 1

3. Membantu Mahasiswa Pekerja Lepas

Tidak semua mahasiswa mendapatkan kesempatan kuliah dengan biaya dari orang tua. Beberapa orang harus mengeluarkan ekstra tenaga dengan mencari pekerjaan  demi menopang biaya kuliah. Bahkan, meski sudah mendapatkan bantuan beasiswa, bekerja sampingan pun harus dilakukan.

Jadi, bila sekarang kamu berstatus pekerja, baik pekerja lepas maupun paruh waktu, kuliah online bisa menjadi solusi tepat. Kamu tak perlu lagi bingung untuk memikirkan bagaimana cara membagi waktu antara dua kegiatan tersebut. Ini juga bisa menjadi pilihan bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikannya tanpa keharusan berhenti dari pekerjaan.

4. Lulus Lebih Cepat

Tidak hanya hemat dari segi pembiayaan, kuliah online juga memungkinkan para pesertanya untuk menyelesaikan kuliah dengan durasi yang lebih cepat. Untuk jenjang S1/Sarjana, mahasiswa reguler biasanya bisa menyelesaikan kuliah paling cepat dalam kurun waktu 3,5 hingga 4 tahun.

Sementara, bagi mahasiswa yang daftar kuliah online, kamu bisa lulus lebih cepat bahkan kurang dari 3,5 tahun. Kuliah online biasanya berbasis sistem SKS. Normalnya, untuk jenjang strata 1, harus ada 144 SKS yang harus kamu tuntaskan. Karena bukan berdasarkan semester, mahasiswa yang kewajiban SKS-nya sudah  selesai, boleh mengikuti wisuda.

5. Menjadi Lebih Disiplin

Banyak yang berpikir kuliah online merupakan kuliah yang bisa dijalani dengan santai. Padahal walau tidak bertemu muka, kedisiplinan adalah hal yang harus menjadi prioritas bila mahasiswa ingin cepat lulus. Kuliah online juga memiliki daftar absen, jadwal serta tenggat waktu pengumpulan tugas sama halnya dengan kuliah reguler.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk mengikuti kuliah online, pastikan kamu mampu menerapkan sikap disiplin. Atur waktu belajar dengan baik. Manfaatkan gawai untuk menjadi pengingat soal waktu pengumpulan tugas agar tidak ketinggalan.

Kuliah jenis ini menuntut mahasiswa agar aktif belajar sendiri. Karena itu, manfaatkanlah waktu senggang untuk menambah wawasan, jangan hanya bergantung pada materi perkuliahan yang diberikan dosen saja. Banyak sumber belajar yang bisa dimanfaatkan, mulai dari buku hingga video belajar di internet.

Jadi, tak perlu lagi ragu untuk daftar kuliah online. Dengan perkembangan digital yang kian pesat, kuliah dengan metode ini dapat membuat proses belajar jadi lebih efektif. Kamu pun juga bisa menjaga produktivitas di tempat kerja, bila mampu membagi waktu dengan baik.

Nah, bagi yang ingin tetap mengikuti program kuliah reguler, sebaiknya jatuhkan pilihan ke LP3I. Dengan jaminan kemudahan mendapatkan lapangan pekerjaan, kamu dijamin tidak akan menjadi pengangguran. Bila dalam waktu 6 bulan sebelum lulus, mahasiswa belum mendapatkan tempat kerja maka akan diberikan kesempatan magang ke perusahaan relasi LP3I.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung