fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Suka Duka Kuliah Milenial, Kamu yang Mana?

Suka Duka Kuliah Milenial, Kamu yang Mana?

Pengalaman berkuliah itu merupakan momen yang mengesankan. Suka duka kuliah pasti dialami. Berkat rasa senang dan susah itu yang membuatmu kelak mengenang masa indah selama di kampus.

Tak terkecuali bagi kamu yang tergolong generasi milenial. Masa senang-susah di kampus itu pastilah ada. Dari pengalaman hidup itu yang membuatmu nantinya semakin kuat dalam menjalani hidup.

Nah, bicara mengenai suka duka kuliah bagi generasi milenial, berikut ini yang sering dialami. Kita mulai dari sisi positifnya dulu ya.

Baca juga: 5 Jenis Bisnis Anak Kuliahan, Mau coba? 

1. Teknologi Internet

Generasi milenial tumbuh dan berkembang bersama internet. Teknologi ini yang tak dinikmati oleh generasi mahasiswa sebelumnya.

Adanya internet tentu saja memudahkan banyak hal. Kamu jadi lebih mudah ketika mencari referensi untuk tugas kuliah. Kamu pun jadi mudah berkomunikasi dengan banyak pihak seperti dosen, teman, dan orang tua.

Kalau mahasiswa zaman dulu harus pergi ke warnet untuk bisa internetan, mahasiswa zaman now jauh lebih mudah mendapatkan akses internet. Di kampus, kost, dan di mana pun ada akses Wi-Fi untuk berinternet ria. Biayanya pun jauh lebih murah dibanding masa lalu.

2. Ada Kuliah Online

Enaknya lagi, mahasiswa zaman sekarang bisa mengikuti perkuliahan secara online. Terlebih di masa pandemi virus corona seperti sekarang. Banyak kampus mengadakan kuliah secara online. Sistem ini tentu memberi banyak kemudahan, tanpa harus pergi ke kampus, kamu tetap bisa mengikuti perkuliahan dengan nyaman.

3. Urusan Apa pun Bisa Sambil Rebahan

Mahasiswa milenial diuntungkan dengan adanya akses yang mudah untuk mendapatkan apa pun. Ketika lapar misalnya, kamu tinggal melakukan delivery order. Ketika ingin bepergian, tinggal pesan ojek online. Pendek kata, semua urusan menjadi gampang dilakukan asalkan ada uang dan internet.

4. Jurusan Makin Beragam

Enaknya kuliah di zaman now, jurusan yang tersedia makin beragam. Contohnya seperti adanya program studi digital business communication. Adanya jurusan yang beragam ini memudahkanmu memilih jurusan yang cocok dan sesuai dengan passion.

Dibukanya jurusan baru tentu terkait dengan perkembangan zaman. Artinya, prospek pekerjaan untuk lulusan jurusan baru juga makin terbuka. Jadi, selepas lulus nanti, kamu bisa berkecimpung di bidang pekerjaan yang sesuai jurusanmu.

Nah, di atas tadi adalah nikmatnya menjadi mahasiswa milenial. Sekarang, kita bahas yuk, apa dukanya.

1. Rebutan Wi-Fi Kampus

Ini salah satu pengalaman yang mungkin akan kamu kenang sepanjang hidup. Kamu suka memanfaatkan akses internet di kampus saat mencari bahan tugas perkuliahan. Yang menjadi masalah, jaringan internet di kampus seringkali dipakai oleh banyak mahasiswa. Akibatnya, akses internet pun menjadi lemot.

2. Boros Kuota

Internet menjadi salah satu kebutuhan utama. Tak hanya mengandalkan Wi-Fi, kamu pun harus memiliki kuota internet di smartphone. Dengan begitu, kamu bisa terus terkoneksi.

Akibatnya kuota internet menjadi boros. Bahkan mungkin, anggaran untuk membeli kuota menjadi pos pengeluaran paling besar yang harus kamu keluarkan setiap bulannya.

3. Ngelembur Ngerjain Skripsi

Tugas akhir atau skripsi mungkin menjadi tugas terberat saat kuliah. Kamu harus mengalami momen menunggu dosen seharian, mencari referensi tambahan, nongkrong di perpustakaan, dan melakukan revisi. Tak jarang pula harus lembur agar tugas akhir tersebut cepat selesai. Ya, ini menjadi suka duka kuliah yang dialami oleh banyak mahasiswa.

4. Adu Gengsi

Kampus pun bisa menjadi ajang persaingan gengsi. Ada mahassiwa yang suka memakai busana branded untuk menonjolkan diri. Terkadang ada unsur persaingan antara kelompok si A dan si B. Nah, hal ini bisa menjadi duka tersendiri bagi mahasiswa yang berasal dari ekonomi biasa. Ingin juga berbusana branded, namun apa daya tak mampu mewujudkannya.

Itu tadi suka duka kuliah yang mungkin dialami generasi milenial. Apa pun pengalaman yang kelak kamu hadapi, coba cari sisi positifnya. Tetap fokus pada tujuansebagai mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah sebaik-baiknya. Biarkan pengalaman tersebut menjadi memori indah di masa depan.

Nah, kalau mungkin ada teman atau adik kelas kamu yang tengah mencari program studi yang tepat, coba beri saran untuk mengecek https://www.lp3i.ac.id/. LP3I merupakan kampus bagus yang memberikan jaminan kerja bagi lulusannya. Yuk kunjungi sekarang!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung