fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Jenis Bisnis Anak Kuliahan, Mau coba?

5 Jenis Bisnis Anak Kuliahan, Mau coba?

Saat memasuki universitas, tanggung jawab seorang anak kuliahan tentu akan meningkat, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Uang bulanan mungkin masih Anda terima dari orang tua, tetapi tak ada salahnya untuk mulai merintis bisnis sejak dini. Tak hanya bisa mendapatkan tambahan uang saku, Anda juga bisa mulai belajar soal dunia kerja. Berikut 5 jenis bisnis anak kuliahan yang dapat menambah pundi-pundi keuangan dan patut dicoba.

1. Memberikan Les Tambahan

Peluang pendapatan pertama yang dapat dijalani yakni memberikan les tambahan kepada siswa SD, SMP maupun SMA. Jenis mata pelajaran yang diberikan bisa sesuai dengan apa yang Anda pelajari di universitas ataupun yang bersifat umum, seperti Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Les tambahan ini dapat diberikan secara privat di kediaman siswa. Waktunya lesnya bisa dibuat fleksibel, misalnya di akhir pekan atau pada sore hari saat jadwal kuliah kosong. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan bimbingan belajar yang tersedia. Bahkan sekarang ada Anda bisa mendaftarkan diri di lembaga bimbingan belajar berbasis online.

Selain mendapatkan penghasilan, disiplin diri serta kemampuan saat menghadapi orang lain akan semakin terasah. Tak hanya itu, ilmu yang didapatkan juga semakin banyak.

2. Berjualan Online

Pilihan bisnis anak kuliahan selanjutnya yang patut dicoba adalah berjualan online. Dengan modal ponsel dan koneksi aktif internet, Anda bisa menjalankan usaha ini. Barang yang bisa dijual pun cukup beragam mulai dari kosmetik, pakaian, aksesori hingga buku bacaan.

Pilihlah jenis barang dagangan sesuai dengan target konsumen yang mudah dijangkau. Meski terlihat sepele, bila ditekuni dengan serius, usaha ini dapat mendatangkan omzet hingga jutaan rupiah. Gunakan media sosial seperti instagram, twitter, serta facebook untuk melakukan promosi dagangan.

Bila terhambat modal, Anda bisa menjadi dropshipper, yakni pihak ketiga yang menjual barang milik orang lain. Banyak market place ternama yang sudah menyediakan fasilitas ini.

3. Penulis Lepas

Menulis merupakan kegiatan yang akrab dengan keseharian sebagai mahasiswa seperti menulis makalah atau laporan. Jadi seharusnya hal ini dapat dijadikan bisnis untuk mendapatkan tambahan uang.

Untuk menjadi penulis lepas, perhatikan banyaknya tugas kuliah dengan serta jumlah pekerjaan yang berjalan dengan maksimal. Lakukanlah pengaturan jadwal serta utamakan disiplin saat menyelesaikan ke dua hal tersebut.

Banyaknya lowongan menjadi tersedia jadi tak perlu takut kehabisan. Mulai dari menjadi penulis di media online, membuat resensi buku, atau mengirim opini ke media massa.

Salah satu hal yang harus selalu diperhatikan oleh penulis adalah meningkatkan kualitas dari waktu ke waktu. Karena itu, perbanyaklah membaca buku maupun artikel yang bisa meningkatkan wawasan serta kemampuan menulis Anda.

4. Desain Grafis

Keahlian desain grafis sangat berguna terutama bagi yang ingin merintis bisnis sejak masih kuliah. Dengan keahlian ini, Anda dapat menerima pesanan untuk membuat undangan, banner hingga spanduk. Dengan bermodal computer atau laptop, Anda sudah dapat menghasilkan uang dengan menjual desain. Bukalah jasa desain dengan harga terjangkau untuk menarik minat pelanggan.

Selain menjaring konsumen dari teman-teman satu kampus, Anda juga bisa mengikuti proyek berbasis online. Terdapat situs-situs pekerja lepas yang menyediakan proyek  desain dengan imbalan relatif besar.

5. Jualan Makanan Ringan

Bagi mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah padat, tentu akan merasa lapar. Anda bisa memanfaatkan waktu di sela-sela pergantian mata kuliah untuk menjualan makanan ringan serta minuman. Bisnis ini menjanjikan keuntungan menggiurkan, terlebih bila ruang kuliah terletak cukup jauh dari kantin kampus.

Makanan ringan yang dijajakan dapat berupa camilan kemasan siap makan atau camilan yang bisa Anda buat sendiri di rumah, seperti donat, brownies, dan kudapan ringan lainnya. Dengan harga terjangkau, pasti dagangan Anda menjadi buruan teman sekelas.

Demikian lima bisnis anak kuliahan yang dapat dijadikan pilihan saat ingin merintis usaha. Jadwal kuliah yang fleksibel dapat dimanfaatkan dengan maksimal dalam proses pengembangan bisnis.  

Ketika lulus kuliah, mahasiswa tentunya ingin segera mendapatkan pekerjaan impian. LP3I adalah jawaban yang tepat bagi yang ingin masuk perguruan tinggi dengan jaminan penyaluran kerja setelah lulus kuliah. Dengan kurikulum teruji yang terus diperbarui serta tenaga pengajar profesional, LP31 memiliki komitmen tinggi untuk menghasilkan lulusan berkualitas. Tunggu apa lagi, segera cari informasi lengkap mengenai LP31 dan buat masa depanmu kian gemilang.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!