fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Self Reflection: Hidup ga Cuma Bermodal Gelar, Yakin bisa Raih Masa Depan?

Self Reflection: Hidup ga Cuma Bermodal Gelar, Yakin bisa Raih Masa Depan?

Apakah Anda merupakan mahasiswa semester akhir suatu perguruan tinggi? Mahasiswa semester akhir pastinya sedang sibuk menyelesaikan tugas akhir atau skripsi. Setelah tugas tersebut selesai, gelar pendidikan bisa digunakan. Namun, apakah cukup bermodal gelar saat akan melamar pekerjaan? Inilah saatnya Anda melakukan refleksi diri.

Menurut Organization for Economic Co-operation and Development, lulusan perguruan tinggi dengan rentang usia 25-32 mendapatkan penghasilan lebih tinggi $17.500 per tahun daripada mereka yang tidak memiliki gelar sarjana.

Berdasarkan laporan tersebut, kesempatan untuk meraih kesuksesan dengan bersekolah tinggi lebih besar. Oleh karena itu, banyak orang melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Bahkan orang tua rela membiayai anak-anaknya bersekolah tinggi guna mendapatkan gelar dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

Mendapatkan gelar pendidikan yang bagus merupakan impian banyak orang. Dengan gelar yang diperoleh, kesuksesan mencapaimasa depan lebih terjamin. Guna menunjang gelar pendidikan, Anda bisa mencari pengalaman hidup yang bermanfaat. Mengatur waktu mengasah kemampuan dan menambah pengalaman hidup.

Melakukan Pengembangan Diri Sesuai Bakat

Gelar pendidikan akan lebih bermanfaat jika Anda memiliki bakat atau kecakapan. Itu sebabnya, saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Anda perlu mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri sesuai dengan bakat dan minat.

Kegiatan tersebut nantinya akan menjadi nilai tambah saat melamar pekerjaan. Bahkan, kegiatan pengembangan diri akan bermanfaat ketika bekerja dan meraih pencapaian dalam hidup.

Mengikuti Organisasi

Selain mengikuti kegiatan terkait minat dan bakat, mengikuti organisasi yang ada di kampus juga sangat bermanfaat dalam mengembangkan diri. Pengalaman dalam berorganisasi disertai dengan sertifikat dapat membantu Anda mendapatkan pekerjaan lebih baik.

Pengalaman berorganisasi ini cukup dipertimbangkan oleh perusahaan saat merekrut pegawai. Pengalaman leadership dan kemampuan bekerja dalam tim saat berorganisasi akan membantu Anda menjadi pemimpin saat bekerja.

Mengembangkan Hobi

Selain mengikuti kegiatan pengembangan diri, Anda juga bisa mengembangkan hobi menjadi lebih bermanfaat dan menghasilkan. Hobi tersebut dapat diasah dan dilatih sehingga bisa dimaksimalkan sebagai lahan pekerjaan. Misalnya, Anda memiliki hobi menjahit atau merias wajah. Anda bisa mengikuti kursus terkait hal tersebut agar lebih cakap saat diterapkan di lapangan.

Dengan mengikuti kursus, ketika dunia kerja tidak cukup bersahabat, hobi Anda bisa dijadikan bisnis yang cukup menjanjikan di masa depan. Ikuti kursus sesuai dengan hobi yang dimiliki setelah belajar di kampus.

Mencoba Memulai Bisnis

Tidak ada salahnya sebelum mendapatkan gelar, Anda mencoba berbisnis saat kuliah. Apa saja bisnis yang bisa dicoba? Yuk, disimak.

1.        Bisnis jasa

Merintis bisnis di bidang jasa biasanya merupakan pilihan yang paling mudah dimulai. Apalagi bisnis ini tidak memerlukan banyak modal. Anda bahkan bisa memulai mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial yang dimiliki. Bisnis jasa yang bisa Anda coba, di antaranya desain web, ilustrator, penulisan konten, pengajaran, dan masih banyak lagi.

Setelah memilih bisnis yang akan dirintis, fokuskan untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada klien. Jika klien puas, maka bisnis jasa akan berkembang pesat. Bayaran yang diterima pun akan meningkat.

2.        Investasi properti

Salah satu bisnis yang bisa Anda lakukan sambil kuliah adalah bisnis investasi properti. Jika Anda memiliki tabungan yang banyak, Anda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk memulai bisnis investasi. Jika Anda belum terlalu paham cara berinvestasi properti, coba bergabung dengan tim pengembang yang berpengalaman. Dengan bergabung bersama mereka, investasi properti bisa dimuali dengan risiko yang minim.

3.        Bisnis jasa konsultasi

Bisnis lain yang bisa dikembangkan dan memiliki masa depan cerah adalah bisnis jasa konsultasi. Anda juga bisa mengajar kursus untuk menjadi konsultan atau menawarkan jasa melatih membuat pembukuan untuk usaha. Jasa tersebut bertujuan memberikan solusi untuk membantu memecahkan permasalahan dalam bisnis klien.

Inilah self-reflection yang bisa Anda lakukan. Gelar pendidikan harus diimbangi dengan skill kerja yang mumpuni agar masa depan makin cerah. Untuk mendapatkan keduanya, Anda bisa mencari kampus yang mengakomodasi kedua hal tersebut.

LP3I bisa Anda pilih. Kampus ini merupakan pilihan kampus yang baik untuk mengembangkan skill serta mendapatkan gelar. Selain itu, LP3I menawarkan beragam jurusan. Setelah tamat Anda bisa mendapatkan jaminan pekerjaan. Dapatkan segera informasi mengenai berbagai jurusan yang ditawarkan. Kunjungi situs web LP3I sekarang juga dan daftarkan diri Anda.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!