fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Jurusan Apa Yang Harus Aku Ambil?

Jurusan Apa Yang Harus Aku Ambil?

Mendekati bulan-bulan masuk kampus seperti ini, teman-teman sudah harus segera daftar kuliah. Tapi, masih bingung cari program studi apa yang tepat? Nah teman-teman coba kenali minat dan kepribadian kalian untuk mengetahui program apa yang cocok!

Pada saat lulus SMA beberapa dari kalian memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Kalau kalian salah satu diantaranya, yang perlu kalian pikirkan dengan matang adalah jurusan kuliah apa yang akan diambil. Informasi sedikit nih untuk teman-teman, terkadang di dunia perkuliahan tugas dan materi yang diberikan terasa melelahkan, apalagi kalau mata kuliah yang diberikan sulit untuk dimengerti. Itu alasan nya kenapa kalian perlu memilih program studi sesuai minat dan kepribadian.

Tanpa disadari, kegalauan memilih jurusan kuliah itu muncul karena kalian belum memahami diri sendiri dengan baik. Beda ceritanya kalau kalian sudah mengetahuinya, kalian bisa memilh program sesuai karakteristik diri kalian dan kesukaaan, kecil kemungkinannya kamu merasa tidak enjoy di kampus. Kalau kalian menentukan jurusan yang spesifik dengan kepribadian dan minat itu juga memberikan energi positif untuk membantu kalian mengejar cita-cita loh. Bayangin, kalau kalian salah pilih jurusan kuliah dan ternyata tidak cocok, pasti kalian mumet dan pingin cepat-cepat pindah jurusan, duh.

Minat atau ketertarikan terhadap suatu bidang itu pasti ada di setiap individu, bisa lebih dari satu atau berubah-ubah. Jarang sekali ada seseorang yang memiliki minat yang bisa bertahan dan awet, apalagi masih muda begini. Nah makanya, kalian perlu komitmen untuk mencari apakah kesukaan kalian itu sebatas minat, atau benar-benar passion?

Ini adalah 5 tips yang bisa kalian lakukan untuk menemukan passion kalian!

1. Membuka diri terhadap hal-hal baru

Perluas wawasan kalian dengan membaca buku, majalah, koran atau mencoba masuk ke kominitas unik atau profesi yang belum pernah kalian ketahui. Bahkan kalian juga bisa belajar dari teman-teman kalian yang mempunyai keahlian khusus.

2. Perluas pergaulan dan pertemanan

Ketika kamu hanya sekedar tahu tentang suatu kegiatan baru, mungkin kalian tidak terlalu tertarik untuk menguliknya. Tapi kalau kalian kenal dengan orang-orang yang berkecimpung dalam kegiatan tersebut, kalian bakal lebih tertarik untuk terlibat atau mencoba. Nah, mumpung masih muda nih kalian perluaslah pertemanan, yang positif tentunya ya!

3. Ikuti rasa ingin tahu

Rasa ingin tau adalah faktor pendorong utama kalian untuk terus mengali hal-hal yang kalian senangi dan membuat kamu nyaman saat melakukannya.

4. Memilih prioritas

Dengan semakin banyaknya kalian memperluas wawasan dan pergaulan, semakin banyak minat baru yang kalian temukan. Bisa jadi kalian berbakat dalam beberapa hal sekaligus, karena itu kamu harus pintar dalam memilah-milih minat apa yang benar-benar kamu senangi untuk jangka waktu lama.

5. Komitmen untuk mengasah kemampuan

Setelah kalian yakin memutuskan ingin menekuni minat apa, kalian harus yakin dulu bahwa kalian nyaman untuk mendalami hal itu. Ketika sudah yakin, berarti itu saatnya kalian bertekad untuk mengasah kemampuan dan mencicipi “asam garam” hal tersebut.

Yang terpenting, membedakan antara minat dan passion— kalian perlu komitmen yang kuat untuk membuktikan kesetiaan kalian terhadap suatu hal. Jika kalian mampu menjalaninya tanpa keluhan, tidak berkecil hati saat merasa “macet” tapi semakin terpacu walaupun bertemu banyak kendala, artinya kalian sudah menemukan passion kalian!!

Ikuti kuis ini untuk kamu mengetahui jurusan kuliah yang kamu banget.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!