fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Sekarang Saatnya Mengamankan Kursimu di Perguruan Tinggi

Sekarang Saatnya Mengamankan Kursimu di Perguruan Tinggi

Baik yang sudah menentukan Universitas atau belum, kamu perlu tahu bahwa mengamankan kursimu di perguruan tinggi sangatlah penting. Ada proses panjang hingga nantinya calon mahasiswa diterima di suatu perguruan tinggi. Mulai dari proses pendaftaran awal, tes, hingga daftar ulang.

Karenanya, kamu harus memastikan bahwa kursimu di perguruan tinggi aman. Berikut hal-hal yang perlu kamu tahu.

Tentukan Jurusan

Paksaan dari orang tua atau mengikuti teman jangan dijadikan dasar saat kamu memilih jurusan di perguruan tinggi. Tentukan minat kamu dan cari tahu tentang jurusan sesuai dengan minat tadi.

Kamu yang akan menjalani beberapa tahun di bangku perguruan tinggi, jadi pastikan jangan salah mengambil jurusan dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Kalau sudah tahu jurusan yang akan diambil, pilih perguruan tinggi dengan reputasi baik atau unggul dalam bidang yang menjadi minat kamu.

Disarankan Sesuai Jurusan di SMA

Karena di SMA siswa sudah dibagi berdasarkan tiga jurusan yakni IPA, IPS, dan Bahasa, sebaiknya jurusan yang akan diambil nantinya juga selaras dengan jurusan di bangku sekolah. Hal ini agar kamu sudah memiliki dasar saat nantinya harus menjalani tes penerimaan di perguruan tinggi pilihan.

mengamankan kursimu di perguruan tinggi

Nilai SMA Sebagai Salah Satu Persyaratan

Banyak Universitas menuntut nilai tinggi dari pelajaran SMA. Beberapa juga membutuhkan bukti keikutsertaan kita di lembaga atau kegiatan sosial. Jadi, jika sudah menentukan Universitas mana yang akan dituju, memenuhi segala persyaratan adalah cara pintar mengamankan kursimu di perguruan tinggi.

  • Menghubungi Universitas

Karena di zaman digital ini segalanya lebih mudah, kamu pun bisa dengan cepat menghubungi Universitas idaman melalui website resmi mereka atau menelepon bagian pendaftaran secara langsung. Informasikan tentang ketertarikan kamu dalam bergabung dengan instansi mereka.

Pihak perguruan tinggi akan dengan senang hati memberikan berbagai informasi berkaitan dengan jurusan yang diminati. Catat hal-hal apa saja yang perlu kamu tahu selama proses pendaftaran hingga penerimaan dan tanyakan semua yang belum jelas.

Catat tanggal-tanggal penting, berkas-berkas yang nantinya perlu kamu penuhi, dan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk mengamankan kursimu di perguruan tinggi. Jika memiliki beberapa pilihan Universitas, kamu bisa mengunjungi perguruan tinggi tadi secara langsung. Hal tersebut dapat dengan cepat membantu kamu menentukan pilihan.

  • Mendaftar Lebih Awal

Jangan menunggu apapun jika proses pendaftaran sudah dibuka. Mendaftar lebih awal memiliki beberapa keunggulan sendiri. Salah satunya adalah kesempatan diterima akan semakin tinggi. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi bisa melihat mana calon mahasiswa yang benar-benar ingin bergabung dengan mereka.

Jika sudah mantap dengan pilihan perguruan tinggi kamu, jangan ragu untuk melakukan pendaftaran lebih awal. Karenanya, di bulan Oktober saat tahun terakhir SMA, pastikan kamu sudah tahu kemana akan mendaftar.

  • Selesaikan Proses Pendaftaran di Bulan Januari

Umumnya, di bulan Desember dan Januari, perguruan tinggi akan mulai membuka pendaftaran. Karenanya, persiapkan segala berkas dan keperluan yang diperlukan. Selesaikan segala proses pendaftaran di bulan Januari.

  • SNMPTN

Buat kamu yang berniat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), registrasi akun bisa dilakukan mulai bulan Desember hingga Januari. Selanjutnya, di bulan Januari dan Februari, daftar siswa eligible akan diumumkan.

Setelah itu, catat tanggal tes dan persiapkan segala hal yang diperlukan selama tes. Misalkan kartu tanda peserta dan peralatan tulis. Tes umumnya diadakan di bulan Juli dan akan dilakukan dalam dua tahap. Pada bulan Agustus akan diumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

  • SBMPN

Nah, buat kamu yang berniat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), sebagai jalur calon penerimaan mahasiswa baru secara bersama oleh perguruan tinggi bidang Vokasi, pendaftaran dibuka di awal Mei.

Validasi berkas dilakukan pada Juni dan sebulan setelahnya akan diinformasikan pengumuman penerimaan.

Itu tadi beberapa tips yang perlu kamu tahu dalam mengamankan kursimu di perguruan tinggi. Agar lebih lancar selama proses pendaftaran, mintalah restu orang tua dan persiapkan segala hal dengan matang.

Untuk perguruan tinggi, kamu bisa memilih jenis pendidikan Akademik dan Vokasi. Sekarang ini, pendidikan Vokasi memiliki lebih banyak peminat karena pelajaran mereka yang berorientasi pada praktik dan mencetak lulusan siap kerja.

Jika kamu tertarik dengan pendidikan Vokasi, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan berbagai jurusan yang mempersiapkan kamu untuk bisa langsung berkarir, LP3I memberikan program Pelayanan Penempatan Kerja. Informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi yang satu ini, bisa melalui lp3i.ac.id atau menghubungi +62 812-9078-0050.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung