fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Cari Tahu Jenis Perguruan Tinggi dan Pendidikan Tinggi di Indonesia Yuk!

Cari Tahu Jenis Perguruan Tinggi dan Pendidikan Tinggi di Indonesia Yuk!

Kamu sekarang duduk di kelas 12 SMA, SMK, atau MA dan bingung tentang apa bedanya Universitas, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Institut? Secara garis besar, semuanya adalah sama, yakni jenjang pendidikan lebih tinggi setelah SMA. Namun, tentu saja perbedaan nama mereka bukannya tanpa maksud.

Nah supaya kamu lebih tahu apa yang akan diambil setelah tamat SMA, berikut jenis perguruan tinggi dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Perguruan Tinggi Berdasarkan Jenis Ilmu dan Sistem Pendidikannya

1. Universitas

Dibandingkan perguruan tinggi lain, Universitas memiliki rumpun ilmu paling banyak. Rumpun ilmu tadi dibagi melalui berbagai fakultas, misalnya fakultas teknik, hukum, ekonomi, sosial budaya, sastra, hingga komunikasi.

Universitas juga membagi pendidikan mereka dalam dua jenis yakni Akademik dan Vokasi. Pendidikan Akademik menekankan pada pengembangan ilmu. Pendidikan Vokasi, di lain pihak, fokus pada keahlian dan keterampilan sesuai bidang dan mempersiapkan tenaga siap kerja.

Lebih jauh lagi, Universitas memberikan banyak pilihan jenjang pendidikan, mulai dari Diploma III (D3), Strata I (S1), Magister atau Strata II (S2), dan Doktor atau Strata III (S3).

2. Institut

Jika Universitas menawarkan beragam rumpun ilmu, berbeda halnya dengan Institut. Institut hanya berfokus pada satu jenis keilmuan saja. Contohnya, Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

ITS berfokus pada teknologi dengan fakultas mulai dari Teknologi Industri, Teknologi Elektro, Teknologi Kelautan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, hingga Arsitektur, Desain, dan Perencanaan. Sama halnya dengan Universitas, Institut juga menyelenggarakan pendidikan Akademik dan Vokasi.

 3. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi merupakan perguruan tinggi yang hanya terdiri dari satu fakultas saja. Dari satu fakultas tadi terbagi dalam berbagai program studi. Di Indonesia, Sekolah Tinggi yang cukup terkenal contohnya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Persamaannya dengan Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi juga menawarkan pendidikan Akademik dan atau Vokasi.

4. Politeknik

Politeknik hampir sama dengan Sekolah Tinggi, hanya saja mereka tidak menyelenggarakan pendidikan Akademis dan lebih berfokus pada Pendidikan Vokasi. Tujuannya adalah mencetak lulusan yang siap terjun ke dunia kerja.

Dengan kata lain, Politeknik memiliki porsi pelajaran yang lebih banyak berorientasi pada praktik. Contoh Politeknik yang terkenal di Indonesia adalah Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I).

LP3I menawarkan berbagai jurusan, diantaranya Administrasi Bisnis, Akuntasi, Manajemen Informatika, Sekretaris, dan Komunikasi.

Cari Tahu Jenis Perguruan Tinggi dan Pendidikan Tinggi di Indonesia Yuk!

5. Akademi

Jenis perguruan tinggi yang kelima adalah Akademi. Hampir sama dengan Politeknik, Akademi juga menerapkan Pendidikan Vokasi. Bedanya, Politeknik hanya berfokus pada satu rumpun ilmu saja.

Sebagai contoh, Akademi Keperawatan Jayakarta, Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, dan Bandung Pilot Academy, yang hanya berfokus pada ilmu penerbangan.

Perguruan Tinggi Berdasarkan Pengelolanya

1. Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Berdasarkan pengelolanya, jenis perguruan tinggi satu ini dikelola secara langsung oleh pemerintah. Kebanyakan PTN diolah oleh Dinas Pendidikan Nasional atau lembaga pemerintahan lainnya. Di Indonesia, beberapa PTN diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Indonesia.

2. Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Jika PTN dikelola oleh pemerintah, PTS dikelola oleh pihak swasta. PTS bisa berbentuk Universitas, Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, maupun Institut. Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Indonesia, dan LP3I adalah contoh PTS ternama di Indonesia.

3. Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK)

PTK adalah jenis perguruan tinggi yang juga dikelola pemerintah selain Dinas Pendidikan Nasional. Kebanyakan PTK dikelola oleh kementerian atau nonkementerian. Di Indonesia, PTK contohnya STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), dan AKMIL (Akademi Militer).

Itu tadi jenis perguruan tinggi dan pendidikan tinggi di Indonesia. Semoga wawasan di atas bisa membantu kamu menentukan jenjang pendidikan apa yang akan dipilih setelah lulus dari seragam putih abu-abu.

Jika kamu berniat untuk memilih perguruan tinggi ternama dengan memberikan jaminan kerja  setelah lulus, LP3I adalah pilihan tepat. Informasi lebih lanjut mengenai perguruan tinggi yang satu ini, bisa melalui lp3i.ac.id atau menghubungi +62 812-9078-0050.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung