fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Apa Keunggulan Pendidikan Vokasi Tahun 2020?

Apa Keunggulan Pendidikan Vokasi Tahun 2020?

Pendidikan vokasi telah menjadi fokus pemerintah di tahun 2020. Pendidikan vokasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Para mahasiswa akan dibekali keterampilan dan soft skill penunjang sehingga setelah lulus mereka dapat bersaing di dunia kerja.

Pendidikan vokasi memiliki banyak keunggulan. Apalagi pendidikan ini juga menitikberatkan pada praktik ketimbang teori. Jika kamu masih ragu untuk mengambil kuliah pendidikan vokasi, beberapa keunggulan pendidikan vokasi ini akan mengubah pikiranmu.

1.       Belajar Hal-hal yang Lebih Spesifik

Mengambil kuliah pendidikan vokasi memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah  kamu akan mempelajari hal-hal yang spesifik, di mana kamu akan lebih banyak praktik. Bukankah dengan banyak praktik, kamu akan semakin terampil dalam bidang pendidikan yang kamu ambil. Hal ini tentu saja berbeda dengan sistem kuliah S1 yang lebih fokus pada hal teoretis.

2.       Kuliah yang lebih singkat

Keunggulan pendidikan vokasi yang lainnya adalah waktu kuliah yang relatif lebih singkat. Kuliah pendidikan vokasi terdiri dari diploma satu (D1), diploma dua (D2), diploma tiga (D3), dan diploma empat (D4).

Masing-masing diploma memiliki masa penyelesaian kuliah yang berbeda. Waktu kuliah D1 biasanya satu tahun, D2 dua tahun, D3 tiga tahun, dan D4 atau setaraf S1 empat tahun. Kamu tinggal pilih program apa dan berapa lama kamu ingin kuliah.

Jangan khawatir. Walaupun masa kuliah singkat, kamu akan memiliki kualifikasi yang baik saat melamar kerja. Masa pendidikan yang singkat juga bisa menghemat biaya pendidikan.

3.       Terbiasa dengan Dunia Kerja

Pendidikan vokasi didesain agar para mahasiswa terbiasa dengan dunia kerja. Hal ini selaras dengan visi dari pendidikan vokasi. Para mahasiswa dibekali dan dipersiapkan agar siap kerja.

Seperti yang diketahui, kurikulum pendidikan vokasi lebih menekankan pada praktik. Selain praktik, para lulusan akan dibekali dengan soft skills dan pertahanan mental.

Sebelum lulus, para mahasiswa juga harus magang untuk mendapatkan pengalaman. Pengalaman ini akan memudahkan kamu untuk beradaptasi dan bekerja lebih efisien Tak salah banyak perusahaan merekrut lulusan pendidikan vokasi karena keterampilan dan pengalaman yang mereka miliki.

Apa Keunggulan Pendidikan Vokasi Tahun 2020?

4.       Lebih Banyak Praktik daripada Teori

Keunggulan pendidikan vokasi selanjutnya adalah fokus ilmu yang diperoleh. Dilansir dari laman situs web Dunia Dosen, pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pada praktik (60%) daripada teori (40%).

Komposisi ini menjadi salah satu kelebihan dan bahkan menjadi nilai jual di dunia kerja. Para lulusan akan lebih berpengalaman saat bekerja. Selain praktik, teori pun diajarkan. Teori-teori tersebut biasanya diajarkan karena berhubungan dengan permasalahan di dunia kerja. Hal ini akan berimbas pada kemampuan mahasiswa untuk memahami berbagai masalah yang biasa dihadapi di dunia kerja. Mereka juga tahu cara mengatasinya.

5.       Lanjut ke Pendidikan Sarjana

Keunggulan lainnya dari pendidikan vokasi adalah kamu bisa lanjut ke pendidikan sarjana. Setelah berhasil lulus dari pendidikan vokasi, kamu bisa menerapkan ilmu yang didapatkan di tempat kerja. Jika dirasa kamu ingin kuliah ke pendidikan sarjana, kamu bisa lanjut kuliah S1.

Di samping itu, kuliah ekstensi ke pendidikan sarjana pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Kamu tidak perlu mengulang semua mata kuliah dari awal lagi. Tinggal konversi mata kuliah yang sama dan sudah diambil.

Pada umumnya waktu kuliah dibutuhkan sekitar 1,5 sampai 2,5 tahun. Lama waktu tergantung manajemen kampus. Bayangkan kamu memiliki pengalaman juga pendidikan yang tinggi. Kamu akan lebih percaya diri. Perusahaan akan lebih menghargaimu.

Inilah keunggulan pendidikan vokasi yang perlu kamu ketahui. Apakah sekarang kamu masih ragu mengambil program pendidikan ini? Jangan terlalu lama berpikir. Ambil keputusan dan segera daftar.

Salah satu institusi vokasi bisnis dan teknologi yang baik dan berpengalaman adalah LP3I. LP31 menawarkan berbagai program studi yang relevan dengan dunia industri.

Dengan menjadi mahasiswa di LP3I, kamu akan mendapatkan pembekalan ilmu yang sesuai dengan program studi. Selain itu, kamu juga akan sering praktik untuk mengembangkan kompetensi dan soft skills. Setelah lulus dari LP3I, kamu tidak perlu lama untuk mendapatkan pekerjaan karena LP3I memberikan jaminan kerja kepada lulusannya.

Ingin mendaftar dan kuliah di LP3I atau ingin tahu tentang berbagai program studi di LP3I secara detail? Hubungi LP3I Indonesia melalui tombol di bawah atau hubungi ke nomor +62 812-9078-0050.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung