fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

4 Program Pendidikan Vokasi Fokus Pemerintah Tahun 2020

4 Program Pendidikan Vokasi Fokus Pemerintah Tahun 2020

Program pendidikan vokasimenjadi pusat perhatian pemerintah di tahun 2020. Program ini memfokuskan pada pengajaran keterampilan dan praktik kerja. Setelah mengikuti program ini, para peserta memiliki keterampilan dan kompetensi sebagai tenaga kerja di berbagai industri.

Pengembangan pendidikan vokasi harus memenuhi beberapa kriteria. Salah satu kriteria adalah harus sesuai dengan mutu Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Selain itu, penyelenggara program juga harus mampu menyelaraskan dengan kebutuhan dunia kerja.

Oleh karena itu, pemerintah membuat beberapa pendekatan strategis. Pendekatan tersebut meliputi pengembangan empat program. Ingin tahu apa saja empat program pemerintah di tahun 2020? Yuk, disimak.

1. Pendidikan Vokasi Berbasis Kompetensi

Program pertama yang dikembangkan oleh pemerintah adalah pendidikan vokasi berbasis kompetensi. Sistem ganda (dual system) diterapkan dalam program. Siswa-siswa diarahkan untuk menjadi kompeten serta mampu mengembangkan diri di dunia kerja.

Program pendidikan vokasi yang berbasis kompetensi telah diterapkan di beberapa SMK, akademi komunitas, dan beberapa politeknik milik Kementerian Perindustrian. Seiring berjalan dengan waktu, penerapan program ini akan semakin luas ke berbagai institusi.

Para lulusan diharapkan dapat berinovasi dan mengembangkan produktivitas di dunia industri. Mereka mampu, terampil, dan profesional di berbagai bidang kerja sehingga pertumbuhan ekonomi nasional dapat meningkat.

2. Pembangunan Politeknik Industri

Fokus kedua pemerintah di tahun 2020 adalah melakukan pembangunan politeknik berbasis industri dan akademi komunitas. Pembangunan politeknik dan akademi difokuskan di berbagai wilayah pusat industri. Jika program tersebut berhasil, maka investasi akan mengalami peningkatan. Akibatnya terciptanya lapangan kerja dan pemberdayaan terhadap sumber daya lokal.

Politeknik atau akademi yang sudah didirikan antara lain Politeknik Industri Logam yang berlokasi di Kawasan Industri Morowali. Selain itu, terdapat Politeknik lndustri Furnitur dan Akademi Komunitas Industri Manufaktur.

Baik politeknik dan akademi ini telah menerapkan program Skill for Competitiveness (S4C), di mana program ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Swiss.

Pemerintah memiliki target yang ingin dicapai lewat program ini, yaitu menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang terampil dan mampu bertransformasi ke era industri digital. Oleh karena itu, kualitas sumber daya manusia akan ditingkatkan. Mereka akan dibekali keterampilan agar mampu berkompetisi.

4 Program Pendidikan Vokasi Fokus Pemerintah Tahun 2020

3. Pendidikan Vokasi Industri Berbasis Link dan Match

Program pendidikan vokasi yang ketiga merupakan pendidikan vokasi industri berbasis link dan match. Konsep link dan match ini perlu diterapkan agar dapat menguntungkan semua pihak. Program ini dimulai dari pembekalan kompetensi dan keterampilan kepada siswa-siswi SMK.

Program tersebut harus selaras dengan dunia industri. Adapun program-program yang akan diaplikasikan berupa penyelarasan kurikulum SMK, pemfasilitasan praktik kerja siswa dalam dunia industri, beserta tambahan fasilitas penunjang untuk praktikum siswa.

4. Program Pelatihan Industri Berbasis Kompetensi

Program pendidikan vokasiterakhir adalah program pelatihan industri berbasis kompetensi. Pelatihan ini menggunakan metode (sistem) 3 in 1. Metode  (sistem) 3 in 1 yang dimaksud adalah pelatihan, sertifikasi, dan penempatan kerja. Fokus utama program ini adalah melakukan penyelenggaraan program pelatihan industri kompetensi untuk khalayak umum, termasuk penyandang disabilitas.

Dengan penerapan metode 3 in 1, para peserta pelatihan akan memiliki keterampilan yang mumpuni di dunia kerja. Sebelum itu, mereka akan diberi pelatihan, disertifikasi, dan diberi penempatan kerja.

Inilah empat program pendidikan vokasi yang menjadi fokus pemerintah di tahun 2020. Empat program ini sangat bermanfaat untuk menciptakan sumber daya manusia yang andal dan terampil. Tertarik untuk mengikuti semua program ini?

Kamu juga bisa mendapatkan keterampilan dan kompetensi sesuai bidang dengan kuliah di LP3I. LP3I merupakan salah satu institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi berpengalaman dan baik di Indonesia.

Institusi vokasi ini juga memberikan jaminan pekerjaan kepada mahasiswa yang telah lulus. Sebelum lulus, selama kuliah kamu akan mendapat pembekalan ilmu yang relevan dengan program studi yang diambil. Pastinya juga relevan di dunia industri dan kerja.

Ingin mendaftar dan kuliah di LP3I atau ingin bertanya seputar program studi di LP3I secara detail? Kamu bisa mengontak LP3I Indonesia melalui tombol di bawah atau menelepon di nomor +62 812-9078-0050.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung