fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

10 Tips Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta 2020

10 Tips Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta 2020

Kegalauan sering terjadi ketika akan memilih perguruan tinggi swasta. Apalagi jika kamu tidak berhasil atau tidak ikut SBMPTN 2020 (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Banyak perguruan tinggi swasta (PTS) duntuk tempat menimba ilmu. Kamu tinggal pilih PTS yang memiliki jurusan atau program studi yang diminati. Nah, sebelum mendaftar, pastikan kamu mengaplikasikan tips cerdas memilih perguruan tinggi swasta 2020.

1.     Akreditasi PTS

Tips pertama adalah cari tahu akreditasi PTS yang akan dimasuki. Pilihlah PTS dengan nilai akreditasi B (baik) atau A (sangat baik). Akreditasi PTS menentukan kualitas. Jadi, ada baiknya kamu cek nilai akreditasi PTS pilihan di situs resmi BAN-PT.

2.     Akreditasi Jurusan atau Program Studi

Walaupun akreditasi PTS sangat baik, tidak semua jurusan program studi terakreditasi baik atau sangat baik. Jurusan atau program studi baru biasanya belum mendapatkan akreditasi dari BAN PT. Jadi, kamu juga perlu memastikan jurusan favorit memiliki nilai akreditasi minimal baik sebelum kamu telanjur mendaftar. 

3.     Biaya Kuliah

Salah satu tips terpenting memilih perguruan tinggi swasta 2020 adalah cari tahu biaya kuliah. Pada umumnya biaya kuliah di PTS ternama lebih mahal dibandingkan PTS yang belum memiliki nama.

Namun, banyak PTS menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya tersebut sudah meliputi uang semester, biaya SKS, uang buku, dan lain-lain.

Sesuaikan biaya kuliah dengan kemampuan finansial. Kamu juga bisa membayar biaya kuliah dengan cara mengangsur. Jika masih dirasa mahal, kamu bisa mengajukan BIDIKMISI atau beasiswa.

4.     Lokasi

Selain biaya kuliah yang murah, kamu juga harus memperhatikan lokasi kampus. Pilih kampus yang berlokasi di sekitar daerah tempat tinggal. Hal ini menyangkut soal biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah. Setidaknya kamu bisa menghemat biaya tempat tinggal jika kamu kuliah di PTS di daerahmu.

5.     Usia PTS

Tips selanjutnya adalah periksa usia PTS. Kamu bisa melihat tahun berapa PTS tersebut dibangun. Mungkin kamu berpikir untuk apa sih tahu usia PTS? Ternyata usia PTS berpengaruh terhadap kredibilitas PTS di mata masyarakat. Semakin tua usia PTS semakin bagus citra PTS. Hal ini menunjukkan bahwa PTS tersebut mampu mempertahankan kualitas dan dapat dipercaya.

6.     Fasilitas Kampus

Tips lain yang bisa dipertimbangkan adalah fasilitas kampus. Sebelum mendaftar, lakukan pengecekan fasilitas kampus hingga fasilitas program studi yang dipilih.

Misalnya, kamu memilih jurusan komputer. Lihat apakah jurusan tersebut memiliki laboratorium komputer atau tidak. Selain itu, cari tahu fasilitas penunjang lain seperti tempat ibadah, kantin, perpustakaan, dan ruang kelas.

7.     Sarana Pengembangan Diri

Masa-masa kuliah bukan hanya belajar dan mengejar nilai akademis. Beradaptasi dengan kehidupan mahasiswa dan tugas-tugasnya. Selain itu, masa kuliah merupakan waktu yang tepat untuk mengembangkan diri dan membangun jaringan. Kamu bisa mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) sesuai minat. Jadi, pastikan PTS yang kamu pilih memiliki sarana untuk melakukan pengembangan diri. 

8.     Peringkat PTS

Kemenristekdikti, 4ICU, dan Webometrics biasanya mengeluarkan informasi terkait peringkat perguruan tinggi swasta 2020, baik secara nasional maupun internasional. Cek peringkat PTS untuk tahu PTS yang dipilih bagus atau tidak. Bagus atau tidaknya peringkat PTS menandakan kualitas PTS yang kamu pilih.

10 Tips Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta 2020 - Blog 1

9.     Kualitas Lulusan

Cari tahu kualitas lulusannya sebelum mendaftar di PTS. Caranya adalah dengan melihat sepak terjang dan keberhasilan alumni. Banyaknya alumni yang berprestasi menandakan kualitas PTS tersebut. Citra para alumni juga akan berdampak pada fresh graduate di dunia kerja.  

10.            Rekomendasi Mahasiswa dan Alumni

Tips terakhir adalah cari tahu ulasan terhadap PTS tersebut. Kamu bisa cari tahu dari rekomendasi mahasiswa dan alumni. Mereka akan menginformasikan pengalaman beserta dinamika saat kuliah di PTS. Selain itu, para alumni juga akan mengulas tentang peran PTS dalam memudahkan mereka untuk diterima dan bersaing di dunia kerja.

Inilah 10 tips cerdas memilih perguruan tinggi swasta 2020. Masih bingung memilih PTS yang berkualitas? Coba daftar di LP3I. Sebagai pilihan kampus berkualitas dan baik, LP3I menawarkan berbagai jurusan dan program studi yang cocok untuk kebutuhan sekarang. Selain itu, institusi ini memberikan jaminan kerja kepada mahasiswanya setelah lulus.

Ingin tahu lebih lanjut tentang LP3I atau ingin mendaftar? Kamu juga bisa langsung menghubungi LP3I Indonesia melalui tombol di bawah  atau menghubungi +62 812-9078-0050.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung