fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Berpikir tentang Karier Baru di Tahun Ini?

Shutterstock 1589189995

Merasa jenuh dengan pekerjaan sekarang? Pekerjaan sekarang tidak cocok dengan dirimu? Atau ingin mendapatkan karier yang lebih menjanjikan? Apapun yang menjadi dasar kamu memilih karier baru di tahun ini, pastikan bahwa pekerjaan baru nantinya adalah sesuatu yang tepat.

Yuk intip beberapa hal yang perlu kamu tahu dalam mencari karier baru di tahun ini.

Pikirkan Alasan Kamu Mau Pindah

Sebelum maju ke bagian personalia dan mengajukan resign, pastikan kamu sudah mantap dengan keputusanmu. Jika masih ingin bertahan disitu, sampaikan apa yang menjadi ganjalan ke atasan atau HRD.

Umumnya perusahaan akan menawarkan kamu untuk bertahan dengan beberapa perubahan. Komunikasikan apa yang mendasari kamu mengajukan resign. Apabila tidak mendapat titik temu, kamu bisa tetap bertahan dengan pilihanmu untuk berhenti.

Skill Utama yang Dibutuhkan di Tahun 2020

Nah jika kamu hendak meniti karier baru di tahun ini¸ kamu wajib tahu keterampilan yang diperlukan agar sukses. Cari tahu yuk.

  1. Berpikir Kritis

Beberapa cara mengembangkan pola pikir kritis adalah membiasakan diri untuk mengamati dan mengenali informasi, mencari info lebih dalam, dan bertanggung jawab terhadap pilihan yang dibuat.

  • Memecahkan Masalah

Keberhasilan karier baru di tahun iniakan dengan mudah bisa kamu raih saat memiliki keterampilan memecahkan masalah. Jadikan dirimu problem solver dengan senantiasa memberikan ide dalam suatu persoalan.

  • Kreativitas

Sama halnya dengan problem solving, kreativitas juga mampu membuat kariermu melesat. Berpikir kreatif dibutuhkan hampir di berbagai bidang. Dalam dunia kerja, berpikir kreatif berarti mampu memikirkan suatu ide dan inovasi baru.

  • Keahlian Berkoordinasi

Keahlian berkoordinasi atau berkomunikasi dalam lingkungan kerja mampu menciptakan tim yang handal, meningkatnya produktivitas kerja, dan lingkungan kerja yang kondusif karena adanya toleransi dalam perbedaan.

  • Berorientasi Pada Layanan

Mampu memberikan layanan yang terbaik tidak hanya bermanfaat bagi konsumen namun juga meningkatkan nilai perusahaan. Karenanya, banyak perusahaan menuntut karyawan untuk tahu pentingnya pelayanan.

  • Keterampilan Negosiasi

Keterampilan berkomunikasi secara timbal balik dengan baik ini digunakan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Hindari komunikasi pasif atau agresif. Dalam negosiasi, tipe komunikasi asertif adalah yang paling tepat.

Memilih Karier yang Tepat

 Karena kamu sudah bertekad meninggalkan pekerjaan lama, pastikan bahwa karier baru di tahun inimenjadi pilihan tepat buat kamu. Empat langkah jitu untuk memastikan kamu mendapatkan karier yang sesuai adalah:

  1. Memahami Minat

Sebelum menentukan karier apa yang hendak dipilih, kenali dirimu sendiri terlebih dahulu. Pastikan apa minat, bakat, dan keinginan kamu.

  • Membuat List Pilihan Karier

Setelah menilai minat kamu sendiri, saatnya membuat daftar pekerjaan yang relevan dengan kepribadian kamu. Dari daftar tadi, tentukan mana yang membuatmu lebih tertantang.

  • Cari Tahu Deskripsi Pekerjaan

Sudah tahu pekerjaan yang ingin kamu lakukan? Selanjutnya, cari tahu secara detail tentang pekerjaan tadi. Dari deskripsi pekerjaan, tanggung jawab, keterampilan khusus yang mungkin dibutuhkan, hingga pendapatan yang bisa diraih.

  • Rencana Kerja Karir

Membuat rencana kerja karir sangatlah penting agar kamu bisa fokus tentang tujuan yang hendak diraih di pekerjaan baru nantinya. Buatlah langkah-langkah untuk mencapai rencana tadi.

Persiapan Wawancara Kerja

Lakukan persiapan semaksimal mungkin agar memiliki kesempatan tinggi direkrut perusahaan yang kamu idamkan. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Pelajari Profil Perusahaan

Saat wawancara, sering kali kamu akan ditanya tentang sejauh mana kamu tahu tentang perusahaan. Pelajari profil perusahaan dan berita terbaru tentang perusahaan tadi. Tanyakan juga tentang apa yang kamu baca saat wawancara nanti.

  • Tahu Posisi dan Deskripsi Pekerjaan

Penting untuk mengetahui tentang posisi yang sedang kamu lamar. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana kamu tahu tentang posisimu nantinya.

  • Berlatihlah

Selalu ada pertanyaan umum yang ditanyakan pada saat interview. Berlatihlah dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan standard tadi. Ceritakan juga tentang pengalaman dan kursus-kursus yang pernah kamu ikuti.

  • Media Sosial

Sekarang ini banyak perusahaan mencari tahu tentang calon kandidat melalui media sosial mereka. Karenanya, pastikan media sosial kamu tidak mengandung hal-hal yang bersifat negatif.

  • Berpakaian Formal dan Siapkan Alat Tulis

Jangan remehkan pilihan pakaian yang akan dipakai saat wawancara nanti. Karena hal tersebut juga menjadi penilaian. Gunakan pakaian formal dan rapi. Selain itu, bawalah peralatan tulismu sendiri.

Tentukan karier baru di tahun inidan persiapkan segalanya dengan matang untuk mendapatkan pekerjaan impian. Semoga artikel di atas bermanfaat ya.

Nah, buat kamu yang ingin menambah keterampilan dalam dunia kerja, Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) memberikan short course

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung