fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Mudah lupa dan Sulit Konsentrasi? Ini Dia Tipsnya

Mudah Lupa Dan Sulit Konsentrasi

Konsentrasi adalah hal utama dalam melakukan rutinitas. Untuk itu, perlu sekali untuk berusaha konsen dalam setiap aktivitas sehari-hari. Jika tidak konsen, bisa mengakibatkan pekerjaan salah bahkan bisa berakibat lain yang cukup fatal. Maka dari itu, kita harus selalu berkonsentrasi. Lupa dan sulit konsentrasi adalah hal yang sebaiknya diminimalisir. Jika tidak segera diatasi bisa jadi akan semakin bertambah parah.
Mudah lupa dan Sulit Konsentrasi adalah hal yang sebenarnya manusiawi. Namun jika hal tersebut cukup parah, tentu harus segera dikonsultasikan dengan dokter yang kompeten. Berikut ini ada beberapa tips yang baik untuk mengatasi mudah lupa dan sulit konsentrasi.

1. Membuat Doodle atau Coretan


Mudah lupa dan sulit konsentrasi nyatanya terjadi dengan begitu saja. Kadang kita tidak sadar kalau sedang melamun/ tidak berkonsentrasi. Banyak pelajar atau mahasiswa yang sedang mengikuti kelas, tiba-tiba merasa ngantuk dan tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik.
Untuk mengatasi hal tersebut, kegiatan doodle adalah hal yang cukup efektif meredakannya. Dengan membuat coretan, otak akan kembali merespons dengan baik karena mendapatkan stimulus.

2. Meminum Air Putih

Sulit konsentrasi bisa jadi adalah salah satu penyebabnya adalah kurangnya cairan dalam tubuh. Agar tubuh tetap konsentrasi, sebaiknya perbanyak minum air putih. Air putih juga sangat bermanfaat agar tubuh tetap fit. Meski tidak berasa, air putih justru lebih baik dibandingkan minuman rasa-rasa. Agar hemat dan tidak terlalu sering membeli air putih kemasan, ada baiknya membawa sendiri dari rumah. Apalagi jika anak kos, pasti cara ini selain sehat, juga menghemat keuangan.

Baca juga: Keunggulan yang Kamu Dapat di Sekolah Vokasi 

3. Cuci Muka


Mendengarkan banyak materi persentasi, baik dalam pembelajaran maupun di tempat kerja membuat mudah lupa dan sulit konsentrasi. Maka dari itu agar kembali fresh, izinlah beberapa saat untuk membasuh muka. Percikan air akan membuat wajah segar dan pikiran menjadi lebih tenang. Konsentrasi pun bisa kembali.

4. Membuat Catatan Agenda

Anda mengalami mudah lupa dan sulit konsentrasi? Salah satunya adalah membuat catatan agenda. Bagi yang padat aktivitas, lupa memang wajar. Namun alangkah baiknya jika membuat catatan agenda untuk merekap semua hal yang penting atau yang akan dilakukan. Dengan adanya catatan, bisa membantu kegiatan atau hal yang harus dilakukan.
Jika seorang pelajar lupa tugas, tentu berakibat pada nilai yang turun. Pun hal tersebut bisa dinilai rasa tanggung jawab yang kurang. Apalagi di dunia kerja. Kalau ada tugas yang lupa, bisa mengakibatkan masalah yang besar. Belum lagi jika menyangkut kepentingan banyak orang. Jadi, di dunia kerja, lupa dan sulit konsentrasi harus benar-benar dihilangkan paling tidak diminimalisir.

5. Makan dan Istirahat Sejenak

Meningkatkan konsentrasi salah satunya dengan mencukupi kebutuhan tubuh. Salah satunya adalah makan, minum, dan beristirahat sejenak. Jika sedang lapar, haus, dan kelelahan memang sangat berpengaruh kepada tingkat konsentrasi. Maka kalau ingin konsentrasi tetap terjaga, maka kita juga harus menjaga apa yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya dengan makanan-makanan bergizi, minum yang cukup, dan tidur yang cukup.
Biasanya para mahasiswa dan pekerja kantoran sering menjalani aktivitas lembur. Bahkan bisa sampai tidur sangat larut. Hal tersebut justru akan membuat konsentrasi akan terpecah. Jika tubuh sudah sangat lelah, sebaiknya mengambil istirahat sejenak. Istirahat yang diperlukan adalah tidur. Dengan tidur, seluruh tubuh dapat mengembalikan energi kembali.

6. Olahraga Secara Rutin

Olahraga dapat membuat tubuh bugar dan sehat. Di samping hal tersebut, olahraga dapat membuat fokus Anda jadi makin baik. Jika sedang mengeluhkan rasa konsentrasi yang kurang baik, sebaiknya berolahraga serutin mungkin. Olahraga juga akan membuat ingatan lebih tajam. Bayangkan jika konsentrasi dan ingatan mudah lupa, tentu hal tersebut akan membuat pekerjaan terbengkalai. Sulit konsentrasi juga bisa memicu rasa pusing.
Olahraga juga jenisnya sangat banyak untuk mengatasi sulit konsentrasi. Mulai dari fitnes, jogging, lari pagi, senam, dan lainnya. Olahraga renang pun juga sangat bagus untuk melancarkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah lancar, maka daya ingat dan konsentrasi juga bagus.

7. Meditasi

Kita sering berpikir bahwa meditasi adalah hal yang berkaitan dengan nilai-nilai religius. Tapi sebenarnya, meditasi adalah menenangkan pikiran dan tubuh. Setiap hari kita digembur ratusan informasi, tuntutan pekerjaan, deadline, dan seabrek tanggung jawab. Belum masalah pribadi yang kadang ada saja menghampiri kehidupan. Hal tersebut bisa membuat manusia kadang lupa beberapa hal. Bahkan sulit konsentrasi jika pikiran kemana-mana. Jika ada kesempatan, ambil meditasi dengan menenangkan pikiran.

Khusuk beribadah, menyendiri di ruang yang tenang, atau menikmati alam lepas dengan tenang adalah contohnya. Masih banyak cara meditasi yang bisa Anda ciptakan sendiri. Agar Anda tetap fokus dalam menjalani kegiatan sehari-hari, sebaiknya terus menjalani pola hidup sehat, istirahat cukup, serta membuat skala prioritas.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung