fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Keunggulan yang Kamu Dapat di Sekolah Vokasi

Keunggulan Yang Kamu Dapat Di Sekolah Vokasi

Pendidikan kejuruan atau vokasi menjadi pilihan sekolah yang tepat di era globalisasi. Perguruan Tinggi banyak yang membuka program sarjana terapan untuk lulusan SMA yang ingin fokus pada pendidikan vokasi. Sekolah vokasi melatih praktikal jauh lebih banyak dibandingkan pendidikan teori. Jangan heran kalau lulusan vokasi lebih banyak dibutuhkan perusahaan karena dianggap lebih siap terjun ke dunia kerja.

Sebelum Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan tinggi, sebaiknya pertimbangkan untuk memilih program vokasi. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan kalau melanjutkan pendidikan ke sekolah vokasi berikut ini.

1. Lebih banyak praktik

Kuliah reguler biasa mungkin lebih banyak memberikan tugas atau mata kuliah teori yang membosankan. Kalau Anda tipe orang yang lebih suka aplikasi teori, bisa memilih pendidikan vokasi yang memiliki lebih banyak praktik. Pelatihan langsung yang real atau mendekati situasi nyata di dunia kerja membuat satu langkah lebih maju. Awal karir bisa ditentukan sejak Anda masuk ke jurusan atau vokasi yang disukai, ya!

2. Memiliki lebih banyak pilihan sekolah

Berbeda dengan kuliah reguler, Anda bisa menentukan lebih banyak sekolah yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. Anda bisa masuk ke universitas atau perguruan tinggi yang membuka program vokasi, misalnya program D2 atau D3 jurusan tertentu. Selain itu, ada pula institusi yang membuka sekolah vokasi seperti kepolisian, keperawatan dan lain-lain.

3. Program jurusan yang lebih beragam

Anda harus tahu bahwa kelebihan sekolah vokasi adalah menawarkan jurusan yang lebih beragam. Pertimbangkan untuk memilih jurusan yang sesuai dengan passion diri Anda selama ini. Mau fokus belajar bahasa asing, agroindustri, teknik, teknologi jaringan, perhotelan, pariwisata, dan lain-lain, kenapa tidak?

Anda ikut menentukan spesifikasi diri sendiri sejak masuk program vokasi. Profesionalisme yang tinggi menjadi keunggulan lulusan vokasi yang wajib Anda ketahui. Selain itu, Anda tetap memiliki gelar yang sesuai dengan keahlian dari sekolah vokasi tersebut.

Baca juga: Mudah lupa dan Sulit Konsentrasi? Ini Dia Tipsnya 

4. Memiliki kesempatan karir yang sesuai minat

Tak hanya bisa melanjutkan pendidikan di universitas atau perguruan tinggi yang membuka program vokasi, Anda juga bisa langsung masuk ke institusi yang membuka program sama. Setidaknya Anda memiliki kesempatan untuk menentukan karir dan masa depan sesuai minat.

Anda bisa meminimalisir risiko salah masuk jurusan yang umum terjadi pada sebagian besar mahasiswa di Indonesia. Salah satu tujuan pendidikan adalah menciptakan calon pekerja yang memiliki keahlian lebih spesifik, bukan?

5. Kesempatan bekerja yang lebih luas

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat masuk sekolah vokasi adalah ketersediaan lapangan kerja yang lebih luas. Seorang sarjana terapan atau diploma memiliki kesempatan diterima bekerja lebih tinggi. Keahlian yang dimiliki benar-benar spesifik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau instansi tertentu.

Menganggur setelah lulus jarang terjadi sebab keahlian Anda bisa memberikan profesi yang sesuai impian. Bahkan Anda bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah dari program vokasi ini. Menarik, bukan? Tak jarang institusi atau sekolah vokasi yang bekerja sama dengan banyak perusahaan dalam mencari bibit unggul yang memiliki spesifikasi sesuai kebutuhan.

6. Mendapatkan keahlian dan pengalaman dalam waktu singkat

Alasan seseorang lebih suka masuk ke pendidikan vokasi karena memiliki keahlian dan pengalaman dalam waktu lebih singkat. Sekolah vokasi menawarkan program pendidikan yang lebih singkat daripada program sarjana. Jika Anda butuh waktu 4 tahun untuk meraih gelar sarjana, maka Anda hanya perlu waktu 3 tahun saja untuk mendapatkan gelar diploma atau ahli madya untuk lulusan D3.

Setidaknya Anda bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya kuliah lebih banyak. Anda juga punya waktu yang lebih cepat untuk terjun langsung ke dunia kerja. Saat calon sarjana tengah sibuk skripsi, Anda sudah bisa menghasilkan uang sendiri dengan bergabung menjadi anggota divisi sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Kuliah yang lebih cepat dengan hasil yang maksimal, siapa yang menolak peluang menarik ini?

7. Bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi

Seorang lulusan sekolah vokasi tetap bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi. Misalnya Anda hanya lulusan D3 yang ingin meraih gelar sarjana, bisa memilih program ekstensi D3 ke S1. Anda bisa menjalani aktivitas sebagai pekerja sembari kuliah. Tentu pilih kuliah kelas karyawan yang bisa dilakukan saat malam hari atau akhir pekan tiba.

Dengan melanjutkan pendidikan tinggi, Anda memiliki peluang untuk mengisi jabatan yang lebih baik dari profesi sekarang. Jadwal pendidikan lanjutan juga bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Bekerja dan kuliah yang bisa berjalan secara bersamaan, kenapa tidak? Toh, banyak perguruan atau universitas yang menyediakan program vokasi memberikan jadwal khusus karyawan.

Pendidikan vokasi merupakan solusi untuk Anda yang ingin mendapatkan pekerjaan dan karir lebih cemerlang. Cocok untuk Anda yang mencari sekolah lebih memprioritaskan praktik dibandingkan teori saja. Tentukan masa depan Anda dari pilihan sekolah vokasi sejak dini!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami