fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Menjadi Mahasiswa Membuatmu Semakin Dewasa, Ini 5 Alasannya!

Menjadi Mahasiswa Membuatmu Semakin Dewasa, Ini 5 Alasannya!

Pernahkah terpikir bahwa menjadi mahasiswa telah membuatmu semakin dewasa? Berikut beberapa alasan mengapa menjadi mahasiswa mendorong seseorang untuk kian dewasa.

1. Mandiri

Ketika diterima di kampus impian yang jauh dari tanah kelahiran dan mengharuskanmu untuk merantau, maka mau tidak mau kamu dipaksa untuk mandiri. Mengurus segala sesuatunya sendiri, dari mulai mencari tempat tinggal yang cocok, beradaptasi dengan lingkungan yang baru, membeli aneka kebutuhan sehari-hari, mengatur keuangan, mencuci, memasak dan lain sebagainya.

Kemandirian ini yang membuatmu semakin dewasa. Secara tidak langsung perubahan status menjadi mahasiswa di tanah rantau turut berperan membentukmu menjadi semakin matang dalam bersikap dan mengatur waktu.

Kamu juga dituntut untuk sebisa mungkin dapat menyelesaikan masalah-masalahmu sendiri karena orang tua dan keluarga yang berada jauh. Ada rasa malu dan gengsi jika terlalu sering meminta bantuan orang lain saat mengalami masalah. Di sinilah kedewasaanmu diasah.

2. Berorganisasi

Menjadi mahasiswa memberimu kesempatan untuk terlibat dalam banyak kegiatan kemahasiswaan dan organisasi. Pengalaman berorganisasi memberimu pelajaran-pelajaran berharga mengenai hidup bermasyarakat, memperkaya wawasan, dan mengubah cara pandangmu.

Dalam sebuah organisasi, tentu berisi banyak orang dengan asal usul yang beragam. Pola pikir, sikap, dan perangainya pun bermacam-macam. Tidak mungkin memaksakan kehendakmu, dan tentu akan sangat menyulitkan jika kamu memilih untuk tetap bersikap kekanak-kanakan alih-alih menjadi lebih dewasa dan bijaksana.

Menekan ego, berlapang dada ketika berbenturan pendapat dengan orang lain, mengendalikan diri saat menemukan hal-hal yang tidak sesuai keinginan, bertanggung jawab saat dipercaya memegang suatu jabatan, dan masih banyak lagi. Semua itu selain mengasah jiwa kepemimpinan juga mendorong kedewasaan dalam dirimu.

3. Mengatur Waktu

Menjadi mahasiswa jelas berbeda dengan ketika masih duduk di bangku sekolah menengah. Saat sekolah dulu, teman yang masuk di tahun yang sama denganmu, jika tidak ada masalah akan sama-sama lulus tiga  tahun kemudian. Tapi di bangku kuliah, belum tentu teman yang masuk satu angkatan denganmu akan lulus di tahun yang sama. Bisa jadi dia lulus setahun lebih dulu, jika kamu tidak pandai mengatur waktu.

Jumlah sks dan mata kuliah yang diambil, semua kamu sendiri yang memilih. Akan berapa lama berkuliah pun kamu sendiri yang menentukan. Tuntutan untuk dapat mengatur waktu dengan baik inilah yang membuatmu menjadi dewasa. Bijak memilah kegiatan mana yang perlu dilakukan dan mana yang sebaiknya ditinggalkan.

Kuliah, mengerjakan tugas, praktikum, magang, organisasi, istirahat, melakukan hobi, semua harus diatur sedemikian rupa agar tidak berbenturan waktunya. Bagaimana caranya agar kamu tetap punya waktu untuk mengurus diri dengan baik meskipun jadwal kuliah padat atau tengat waktu tugas-tugas kuliah berdekatan.

 4. Zona Nyaman

Berada di zona nyaman seringkali melenakan dan membuat tidak berkembang. Menjadi mahasiswa memaksamu untuk keluar dari zona tersebut.

Berani menjadi mahasiswa berarti berani keluar dari zona nyaman.  Jika kamu tidak menjadi mahasiswa, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana kecewanya ketika judul skripsi yang kamu ajukan ditolak, kesalnya melihat naskah skripsi yang dikerjakan bermalam-malam tidak tidur dicoret-coret begitu saja oleh dosen pembimbing, dan gugupnya menghadapi sidang skripsi.

Segala proses yang kamu lalui saat berusaha keluar dari zona nyaman itulah yang membuatmu semakin dewasa.     

5. Menghargai Uang

Menjadi mahasiswa dan berkuliah di tanah rantau, mengandalkan uang kiriman dari orang tua di kampung halaman, membuatmu semakin dewasa. Menghargai setiap rupiah yang dimiliki, karena tahu sulitnya mengatur keuangan di tengah keterbatasan.

Kamu akan berpikir berulang kali dulu sebelum memutuskan membelanjakan uangmu. Terlebih lagi jika kamu mulai bekerja atau mencari uang sendiri sejak masih kuliah.

Itu tadi 5 alasan mengapa menjadi mahasiswa membuatmu semakin dewasa. Berbagai tantangan akan menghadang seiring perjalananmu menuju kedewasaan. Jangan pernah menyerah, terus bergerak keluar dari zona nyaman, dan menjadi pribadi yang tangguh.

Untuk kamu yang berani menjadi mahasiswa dan berani punya skill, LP3I adalah pilihan yang tepat.  Ada banyak program studi yang bisa kamu pilih sesuai skill-mu. Kuliah di LP3I terjamin kualitasnya dan mudah mendapatkan pekerjaan saat telah lulus nanti, biayanya pun terjangkau.   

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!