fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

JENJANG PENDIDIKAN VOKASI

JENJANG PENDIDIKAN VOKASI

Setelah melewati masa SMA pasti kalian lagi bingung nih mau masuk perguruan tinggi yang seperti apa dan jurusan nya apa. Mau masuk Pendidikan Vokasi atau Pendidikan Akademik. Sebenarnya Pendidikan Vokasi itu apa sih? 

Pendidikan Vokasi mengarah pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dengan seperti itu pendidikan terapan yang kalian dapat akan lebih banyak praktik dibandingkan teori, yaa bisa dibilang praktik dan teori nya berbanding 60:40. Dan, program pendidikan nya meliputi Diploma 1, Diploma 2, Diploma 3 dan Diploma 4. 

Jadi, apa sih bedanya antara D1, D2, D3 dan D4? 

Baca juga: Apa Bedanya Kuliah Pendidikan Vokasi (Diploma) dengan Akademik (Sarjana)? 

Diploma 1

Jika kalian ingin mengikuti program D1, kuliah kalian gak lama-lama, kurang lebih kalian akan menimba ilmu di D1 selama satu tahun aja. SKS nya pun sedikit, kalian harus menyelesaikan 32 SKS dalam kurun waktu satu tahun. Tugas akhir atau syarat kelulusan kalau kalian masuk D1 adalah kerja praktik dan laporan karya ilmiah dan lulus dengan gelar A.P atau Ahli Pratama.

Diploma 2

Untuk D2 bedanya dengan D1 adalah dari segi waktu dan SKS yang harus diselesaikan. Di program D2 ini kalian menyelesaikan kuliah dalam waktu dua tahun dengan sebanyak 64 SKS. Sama dengan di D1 kalian juga harus mengerjakan laporan karya ilmiah dan kerja praktik untuk lulus. Kalian akan mendapatkan gelar A.M atau Ahli Muda setelah kelulusan nanti.

Diploma 3

Program ini pasti sudah gak asing lagi di kuping nih, biasanya banyak nih teman-teman kelulusan pendidikan D3 dibandingan kedua program diploma yang sudah kita bahas. Dalam program ini kalian harus menyelesaikannya dalam tiga tahun dengan 112 SKS. Tugas akhir atau syarat kelulusan program D3 ini gak berbeda dengan diploma lainnya, kalian harus menyelesaikan tugas laporan karya ilmiah dan juga praktik kerja. Setelah itu, kalian akan lulus dengan gelar A.Md atau Ahli Madya dan dapat terjun langsung ke dunia kerja loh!

Diploma 4

Untuk program diploma yang terakhir akan kita bahas ini biasanya disamakan dengan program sarjana atau strata 1, karena itu D4 disebut sebagai Sarjana Terapan. Loh kok Sarjana Terapan? Nah, karena untuk menyelesaikan D4 ini kalian perlu 4 tahun dan menyelesaikan 144 SKS. Bedanya dengan S1, D4 ini lebih banyak memperlajari ilmu praktik atau ilmu terapan. Sama seperti dengan Diploma lainnya, di program ini kalian harus menyelesaikan tugas laporan karya ilmiah dan kerja praktik untuk lulus dan setelah itu akan mendapatkan gelar S.T atau Sarjana Terapan.

Sekarang sudah jelas kan teman-teman apa perbedaan program Pendidikan Vokasi dari D1 sampai D4? Perlu di ingat nih teman-teman, apapun pilihan kalian semua harus berdasarkan minat dan keinginan kalian. Semangat dan selamat memilih program pendidikan! 

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung