fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Aplikasi Belajar Online Gratis Untuk Jenjang SMA

5 Aplikasi Belajar Online Gratis Untuk Jenjang SMA

Wabah Corona alias COVID-19 memang mempersulit banyak hal, termasuk proses belajar-mengajar. Kabar baiknya, belajar bisa dari mana saja, termasuk dari rumah. Apalagi, kini telah hadir berbagai macam aplikasi belajar online alias daring buat anak sekolah.

Aplikasi-aplikasi ini bahkan memberikan berbagai pilihan pelajaran gratis yang bisa Anda nikmati dengan kuota rendah. Begitu bermanfaat bukan aplikasi ini ketika Anda harus di rumah saja? Sekarang, siapkan ponsel dan unduh aplikasi-aplikasi ini untuk proses belajar online yang praktis dan menyenangkan.

Zenius

Zenius adalah platform belajar online alias daring untuk jenjang SD hingga SMA yang bisa diakses melalui browser maupun aplikasi. Zenius telah mengantarkan banyak siswa sekolah menengah atas menuju kampus impian mereka. Ada lebih dari delapan puluh ribu video belajar yang bisa Anda akses secara gratis.

Selain itu, tersedia berbagai macam soal mata pelajaran yang bisa dipakai untuk menguji kemampuan Anda. Pengunduh juga bisa berlangganan dengan harga terjangkau untuk mengakses materi yang lebih lengkap.

Zenius juga memiliki blog yang membahas mengenai berbagai macam hal terkini dengan sudut pandang ilmiah. Dengan membaca Zenius Blog, Anda pun bisa lebih memahami berbagai fenomena dengan cara yang lebih kritis dan objektif.

Aplikasi Zenius bisa diunduh di Google Play dengan ukuran 10 MB saja.

Ruangguru

Membicarakan soal belajar daring memang sulit jika kita tidak membahas Ruangguru. Aplikasi Ruangguru telah dirilis sejak tahun 2016 dan kini fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya juga semakin lengkap. Layaknya Zenius, Anda juga bisa melihat berbagai macam video pembelajaran yang begitu jelas dan melakukan kursus dengan berbagai guru mata pelajaran.

Ruangguru juga memiliki platform pendidikan daring bertajuk Skill Academy yang berfokus pada pelatihan kemampuan digital. Setiap kursus dipandu oleh satu tutor dengan pembahasan yang lengkap dan potongan harga yang cukup terjangkau.

Aplikasi Ruangguru bisa diunduh secara gratis. Ukuran aplikasi ini sekitar 31 MB dan masih bisa bertambah apabila Anda mengunduh konten-konten di dalamnya.

Baca juga: Kenapa Jurusan Teknik Selalu Ramai Peminat? Belajar Apa, Sih? 

Pahamify

Sesuai dengan namanya, Pahamify merupakan sebuah aplikasi digital yang berisi berbagai pembahasan mata pelajaran lengkap dan mudah dipahami. Fitur unggulan dari Pahamify adalah kuis-kuis digital yang begitu ringan dan bisa menjadi media untuk mengetes kemampuan Anda.

Di setiap bab, terdapat video yang melengkapi penjelasan-penjelasan di sana. Pahamify mendapatkan banyak rating bagus karena interface yang nyaman serta materi-materi lengkap. Terdapat pula flash card yang bisa membuat Anda lebih mudah menghafalkan pelajaran. Aplikasi ini memiliki ukuran 31 MB.

Brainly

Brainly terkenal sebagai platform tanya jawab layaknya Yahoo Answer, tetapi berfokus pada mata pelajaran SD sampai dengan SMP. Anda bisa mengunggah foto soal, menulis pertanyaan, dan menemukan jawaban-jawabannya di sana.

Selain jawaban dari para pengguna lain, Brainly juga menyediakan berbagai macam materi yang bisa dipelajari dengan mudah. Ada sistem ranking dan poin yang membuat Anda semakin bersemangat dalam belajar di Brainly dan membantu pengguna lain.

Meskipun platform ini adalah platform bebas, tetapi hindari menulis hal-hal yang tidak pantas, karena poin Anda bisa turun dan pihak Brainly bisa melakukan banned terhadap akun Anda.

Quipper

Layaknya Ruangguru, Quipper adalah sebuah platform belajar online yang kerap menggunakan selebritas sebagai brand ambassador. Quipper memberikan berbagai macam latihan soal, guru-guru berpengalaman, dan materi yang bisa diunduh dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Anda juga bisa mengerjakan PR di Quipper School. Yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan kode PR dari guru, kemudian mengerjakannya kapan saja hanya dengan membuka aplikasi Quipper.

Quipper juga memiliki blog yang berisi artikel-artikel bermanfaat bagi pelajar dan juga tips belajar yang sangat efektif. Ukuran aplikasi Quipper ini tidak berat, hanya 31 MB saja.

Betapa mudahnya belajar berkat kehadiran teknologi. Nah, usai lulus dari SMA, tentu Anda juga menginginkan sistem pembelajaran berbasis teknologi yang terintegrasi bukan? Sistem itu bisa ditemukan di LP3I, kampus pendidikan vokasi yang telah berdiri sejak tahun 1989. LP3I memiliki fasilitas penunjang lengkap dengan para pengajar profesional.

Teknologi seperti aplikasi belajar online membantu Anda menjadi manusia yang lebih mahir. Dan bersama LP3I, dapatkan pendidikan berbasis teknologi terbaik. Anda bisa mengunjungi situsnya di http://www.lp3i.ac.id untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung