fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kenapa Jurusan Teknik Selalu Ramai Peminat? Belajar Apa, Sih?

Kenapa Jurusan Teknik Selalu Ramai Peminat

Jurusan Kedokteran, Akuntansi, Arsitektur, Farmasi, dan lain-lain merupakan pilihan program yang bisa Anda pilih setelah lulus SMA/SMK. Melanjutkan pendidikan tinggi memberikan kesempatan untuk Anda belajar ilmu lebih spesifik. Selain jurusan yang disebutkan, Anda mungkin tertarik untuk masuk jurusan Teknik. Ya, jurusan yang diminati oleh sebagian lulusan SMK yang memiliki skill sejak berseragam abu-abu. Namun, banyak pula lulusan SMA yang tertarik untuk melanjutkan di jurusan favorit ini.

Sebenarnya apa yang menjadi alasan lulusan SMA/SMK tertarik pada jurusan Teknik? Yuk, simak beberapa alasan yang terangkum singkat berikut ini!

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Online Gratis Untuk Jenjang SMA 

1. Memiliki ilmu dan terapan yang lebih luas

Alasan utama kenapa jurusan Teknik selalu ramai peminat sejak dulu adalah ilmu dan terapan yang lebih luas. Tak hanya teori saja, jurusan Teknik memberikan kesempatan praktik yang lebih banyak. Proyek yang Anda tangani bakal membentuk kepribadian yang analitis. Di dunia nyata, keahlian hardskill dan softskill sangat mendukung karir cerah Anda nanti.

2. Mem iliki kesempatan bekerja yang lebih luas

Alasan program Teknik menjadi pilihan karena kesempatan bekerja yang lebih luas. Setidaknya Anda bisa meminimalisir risiko menganggur setelah lulus kuliah yang banyak terjadi saat ini. Keahlian yang lebih spesifik menjadi alasan Anda memiliki peluang diterima di perusahaan atau instansi lebih tinggi. Dunia lebih membutuhkan banyak profesional di bidang teknik, lho!

3. Lulusan memiliki mental dan fisik yang bagus

Anak Teknik telah ditempa dengan praktikum, tugas dan teori yang memeras otak sehingga mereka terbiasa tahan banting. Pemikiran logis, analitis dan pandai mengambil keputusan merupakan syarat yang harus dipenuhi kalau Anda ingin lulus jurusan Teknik.

Lulusan Teknik dianggap sebagai calon orang sukses yang dibutuhkan oleh dunia modern. Jurusan Teknik bisa mencetak tenaga proesional yang memiliki keahlian dan pengalaman tidak diragukan. Banyak orang yang menyebut bahwa lulusan Teknik memiliki masa depan paling cerah setelah lulus kuliah nanti. Jangan heran kalau jurusan prestise ini selalu ramai peminat, ya! Baik universitas negeri atau swasta selalu kebanjiran calon mahasiswa yang mengambil jurusan ini.

Apa saja yang dipelajari di jurusan Teknik?

Sebelum memilih jurusan kuliah, Anda memang harus mempertimbangkan banyak hal seperti minat dan bakat, kemampuan akademik, pilihan perguruan tinggi, biaya, dan lain-lain. Kalau Anda memang tertarik masuk ke jurusan Teknik, sebaiknya ketahui pilihan program yang sesuai keinginan. Berikut program pilihan Teknik sekaligus materi singkat yang dipelajari di bangku kuliah:

1. Teknik Sipil

Ingin menjadi seorang ahli infrastruktur? Anda bisa memilih jurusan Teknik Sipil yang akan memberikan keahlian merancang, membangun atau merenovasi infrastruktur seperti jalan, gedung, jembatan, dan lain-lain.

2. Teknik Mesin

Anak SMK lebih suka masuk jurusan Teknik Mesin karena memiliki pengalaman teori dan praktik di sekolah sebelumnya. Ya, Anda akan belajar tentang prinsip-prinsip fisika dalam analisis, desain, manufaktur serta pemeliharaan mesin. Cabang ilmu teknik mesin juga menjadi mata kuliah yang akan Anda pelajari seperti mekanika, termodinamika, teknik material, dan lain-lain.

3. Teknik Industri

Ingin berkarir sebagai divisi produksi atau divisi perencanaan biaya di perusahaan ternama? Mungkin Anda sebaiknya masuk jurusan Teknik Industri. Anda akan belajar banyak hal terkait sistem manajamen sebuah industri termasuk cara kerja mesin manufaktur. Lulusan Teknik Industri sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang membutuhkan tenaga spesialis baik industri kecil atau besar.

4. Teknik Elektro

Sebagai salah satu jurusan Teknik paling tua di Indonesia, Teknik Elektro masih menjadi jurusan favorit calon mahasiswa. Ilmu yang akan Anda pelajari di jurusan Teknik Elektro adalah sifat-sifat elektron alias listrik. Soal prospek kerja lulusan jurusan favorit sangat luas, misalnya teknisi radar, teknisi telekomunikasi, navigasi, dan lain-lain.

5. Teknik Kimia

Materi yang dipelajari jurusan Teknik Kimia adalah mengolah bahan baku mentah dan bahan kimia bisa berubah menjadi produk yang berguna atau memiliki nilai komersil. Lapangan pekerjaan terbuka lebar untuk lulusan Teknik Kimia seperti industri kimia dan farmasi. Anda juga bisa memilih karir menjadi seorang peneliti atau konsultan yang diperlukan oleh industri-industri tersebut.

Selain jurusan yang disebutkan di atas, ada banyak jurusan Teknik yang lain seperti Teknik Fisika, Teknik Perminyakan, Teknik Nuklir, Teknik Lingkungan, dan masih banyak pilihan lain. Jurusan favorit di kampus negeri atau swasta bisa mencetak tenaga kerja yang profesional dan memiliki keahlian lebih spesifik. Dalam kehidupan nyata, lulusan Teknik lebih banyak dibutuhkan industri, lho!

Prospek karir yang lebih cerah sangat menunggu Anda yang memutuskan untuk masuk jurusan Teknik. Daya saing yang tinggi membuat rebutan kursi di kampus juga tak kalah sengit. Anda harus bisa mengalahkan ribuan orang yang ingin masuk ke jurusan yang sama dari seluruh penjuru nusantara. Pastikan Anda menyiapkan diri untuk mengikuti tes masuk ke jurusan prestise ini, ya!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami