fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Jangan Ngaku Anak Vokasi Kalau Belum Memanfaatkan Sosial Media!

Jangan Ngaku Anak Vokasi Kalau Belum Memanfaatkan Sosial Media!

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat menuntut setiap orang untuk mahir beradaptasi terutama dalam bersosial media. Sebenarnya apa sih sosial media? Menurut McGraw Hill Dictionary, media sosial adalah sarana yang digunakan orang – orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.

Sosial media sangat memiliki peran yang penting bagi kehidupan orang – orang modern saat ini, baik dalam kepentingan pribadi, kepentingan sekolah maupun dalam kepentingan pekerjaan. Apa sih fungsi sosial media bagi kamu? Jika kamu menggunakan sosial media hanya untuk menambah teman, untuk stalker (gebetan atau mantan) itu berarti kamu belum maksimal dalam memanfaatkan sosial media.

Hal ini sangatlah wajar apabila kamu merupakan anak lulusan SMA/SMK/MA yang belum mengerti dan menguasai skill kamu dalam bersosial media. Lain cerita apabila kamu merupakan anak vokasi apalagi kamu merupakan anak vokasi LP3I maka kenyataan ini sangat disayangkan karena kamu belum maksimal dalam mengasah skill bersosial media kamu. Seharusnya kalau kamu anak vokasi kamu pasti akan memanfaatkan sosial media kamu secara maksimal yang akan berguna di dunia kerja nanti, seperti :

  • Untuk mencari uang, kamu bisa membuka startup kecil – kecilan dengan cara menjual suatu produk yang inovatif dan menjual. Kamu juga bisa mulai mencari uang dengan cara menawarkan jasa photo, edit, lukis dan sebagainya.
  • Untuk pamer skill, dengan cara upload karya – karya kamu seperti membuat video, melukis, membuat quotes, menghasilkan photo yang bagus, sampai membuat DIY.
  • Untuk membangun personal branding, jika kamu memiliki citra yang bagus akan diri kamu sendiri seperti misalnya kamu adalah orang yang berprestasi, orang yang memiliki nama baik atau tidak pernah terjerat hukum, orang yang penuh dengan kreasi – kreasi yang menginspirasi dan lain sebagainya.

Ketiga hal ini sangatlah penting bagi kamu semua, jika kamu mulai memanfaatkan sosial media kamu secara maksimal seperti yang telah disebutkan tadi maka kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Terlebih lagi jika kamu merupakan salah satu anak vokasi, sosial media seharusnya berada di genggaman kamu saat ini. Maksimal dalam memanfaatkan sosial media merupakan kewajibannya anak vokasi!

Penulis : Amalia Safitri

Source : Kompasiana.com

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

LP3I
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami