fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

S1 Terapan atau S1 Akademik, apakah kamu tau perbedaannya?

S1 Terapan atau S1 Akademik, apakah kamu tau perbedaannya?

Dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ada baiknya kamu mengetahui lebih dalam tentang jenis pendidikan yang akan kamu pilih, program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, sampai hasil dari pendidikan kamu nanti seperti gelar dan pengakuan terhadap prestasi belajar berupa sertifikat ataupun ijazah.

S1 Terapan (D4) merupakan jenjang pendidikan diploma yang setara dengan S1 Akademik, masa perkuliahan dan beban studi S1 Terapan (D4) dan S1 Akademik relatif sama yaitu sekitar 4 tahun dan 144 SKS. Menurut UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dijelaskan dalam pasal 18 bahwa S1 atau program sarjana merupakan pendidikan akademik yang diperuntukan bagi lulusan pendidikan menengah atau sederajat sehingga mampu untuk mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Sedangkan dalam pasal 21 tertera bahwa, pendidikan S1 Terapan (D4) termasuk dalam program diploma atau pendidikan vokasi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.  

Perbedaannya terletak pada sistem pembelajarannya yakni S1 Terapan (D4) memiliki sistem pembelajaran yang lebih banyak praktek dan berada di bawah naungan pendidikan vokasi. Sedangkan S1 Akademik dengan sistem pembelajaran lebih banyak teorinya dan di bawah naungan fakultas di perguruan tinggi. Perbedaan lain terletak pada gelar pendidikannya, kalau lulusan S1 Terapan (D4) umumnya bergelar Sarjana Terapan (S.Tr) diikuti dengan program studi atau bidang studi yang diambil. Kalau lulusan S1 Akademik umumnya bergelar Sarjana diikuti dengan program studi atau bidang studi yang diambil.

Penulis : Amalia Safitri

Source : kompas.com & rencanamu.id

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

LP3I
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami