fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Gagal dalam Pengumuman SBMPTN 2020? Lakukan Hal-Hal Ini

Gagal dalam Pengumuman SBMPTN 2020

Pengumuman SBMPTN 2020 sudah keluar, tetapi hal itu belum tentu menjadi kabar baik bagi semua orang. Setiap tahun, tidak lebih dari separuh pendaftar gagal untuk meraih perguruan tinggi negeri impian.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang gagal untuk lolos SBMPTN, seperti kurangnya persiapan atau salah memilih jurusan. Namun, kamu tidak boleh berkecil hati jika mendapatkan kabar buruk dari pengumuman SBMPTN 2020. Lakukan hal-hal ini untuk membuatmu tetap semangat dan mampu meraih masa depan yang gemilang:

Bangkit dari Kegagalan

Menemukan bahwa kamu gagal untuk meraih mimpi masuk ke SBMPTN adalah sebuah hal yang sulit untuk diterima. Namun, melarutkan diri ke dalam kesedihan bukan hal yang bijak juga, bukan? Memuaskan ego demi rasa lega sesaat tidaklah berguna.

Menangislah sepuasmu, tetapi jangan terlalu lama. Setelah puas mengeluarkan rasa sakit, kini saatnya bagi kamu untuk bangkit. Masa depan tidak akan punya waktu untuk kesedihanmu, jadi, kuatkanlah dirimu sendiri dan segera raih masa depan yang lebih baik, meskipun tidak sesuai dengan rencana awalmu.

Membuat Plan B

Plan B alias rencana cadangan sangat dibutuhkan setiap kali kamu melakukan sesuatu. Tidak semua hal bisa kamu kontrol, karena ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi mimpimu.

Seharusnya, kamu membuat plan b sebelum pengumuman SBMPTN. Namun, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki masa depan. Ubah pola pikirmu, rencanakan masa depan yang baru. Kamu bisa mendaftarkan diri ke perguruan tinggi swasta yang berkualitas dan terbukti telah mencetak lulusan bermutu yang siap kerja di mana saja, seperti LP3I misalnya.

Memastikan Apa yang Kamu Mau

Setelah gagal untuk lulus ke SBMPTN, tanyakan kepada dirimu sendiri : apa yang sebenarnya kamu mau? Mengapa kamu begitu ingin untuk masuk ke perguruan tinggi negeri?

Jika kamu ingin masuk ke perguruan tinggi karena prestige, sebaiknya segera ubah pola pikirmu karena di dunia kerja kelak, kamu membutuhkan lebih dari sekadar kebanggaan.

Namun, bagaimana jika tujuanmu untuk masuk ke kampus negeri adalah mendapatkan lingkaran pertemanan yang berkualitas dan menjanjikan alias channeling? Kamu tidak perlu berkecil hati. Mencari channel yang berkualitas bisa kamu lakukan meskipun belajar di kampus swasta. Kamu juga bisa mengikuti program magang atau kerja sampingan untuk memperluas pergaulanmu.

Mencari Jurusan yang Sesuai

Sebagian pendaftar SBMPTN memilih jurusan yang sebetulnya tidak sesuai passion mereka, hanya karena takut dengan ketatnya peraingan jika memilih jurusan tertentu. Akibatnya, mereka memilih jurusan dengan passing grade rendah yang sebetulnya tidak terlalu disukai.

Apakah kamu termasuk ke dalam salah satu pendaftar yang gagal dalam SBMPTN? Jika iya, kini saatnya untuk benar-benar menemukan dirimu sendiri. Pilih jurusan yang sesuai dengan keinginanmu dan rencanakan apa yang mau kamu lakukan setelah lulus.

Jujurlah kepada dirimu sendiri dan singkirkan rasa gengsi. Masa depan adalah untuk mereka yang realistis dan memahami diri mereka sendiri.

Gagal dalam Pengumuman SBMPTN 2020

Catat Jadwal Pendaftaran Kampus Lain

Kamu masih punya kesempatan untuk menata masa depan. Kini, saatnya untuk mencatat jadwal pendaftaran kampus di tahun ajaran baru. Untuk mendaftarkan diri ke LP3I, kamu bisa langsung membuka situs lp3i.ac.id. Di sana, kamu bisa melihat jadwal pendaftaran, jurusan yang disediakan, dan apa saja hal-hal yang harus kamu persiapkan untuk mendaftarkan diri.

Persiapkan berkas-berkasmu dengan baik dan simpan jadwal pendaftaran agar kamu tidak terlambat untuk mendaftarkan diri. Selain itu, pilih jurusan yang sesuai dengan minatmu, karena jika kita mempelajari hal yang kita sukai, akan lebih mudah bagi kita untuk sukses dan menemukan kebahagiaan sejati.

Tidak perlu terlalu larut dalam kesedihan jika kamu tidak lolos SBMPTN. Hal tersebut bukanlah tolok ukur mutlak kesuksesanmu di masa depan. Mereka yang sukses adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain, bahagia, dan bisa memahami apa yang mereka mau. Carilah pintu kesuksesanmu sendiri, tidak perlu takluk kepada rasa gengsi.

Kamu bisa mendaftarkan diri kamu ke LP3I dengan klik pada tombol di bawah atau hubungi +62-812-9078-0050. LP3I mencetak lulusan siap kerja dan siap terjun ke tengah masyarakat. Yuk, segera hilangkan kegalauanmu atas pengumuman SBMPTN 2020dan raih kesuksesan melalui pintu lain.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami