fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Setelah UTBK, Kamu Masih Bisa Daftar PTN Jalur Mandiri 2020

Setelah UTBK, Kamu Masih Bisa Daftar PTN Jalur Mandiri 2020

Beberapa tahun belakangan ini, sistem pendidikan kita menjadi lebih baik. Setelah UTBK, kamu masih bisa mendaftarkan diri menggunakan jalur mandiri dengan bermodalkan nilai ujian tersebut. Jadi, segala usaha yang kamu kerahkan saat UTBK tidak sia-sia belaka.

Bahkan, berbagai kampus memberikan kesempatan untuk para peserta mendaftarkan dirinya hanya bermodalkan nilai UTBK dan rapor saja. Kamu tidak perlu mengikuti tes yang menguras tenaga dan juga biaya.

Namun, sebelum mengikuti ujian mandiri setelah UTBK, apa saja yang harus kamu persiapkan? Belajar dari kegagalan pasca-SBMPTN, persiapkan hal-hal ini terlebih dahulu supaya kamu bisa merancang masa depan dengan lebih baik.

Catat Tanggal Pendaftaran


Zaman sekarang, kamu bisa mendapatkan informasi dari mana saja, termasuk dari rumah kamu sendiri, hanya bermodalkan ponsel pintar. Jangan malas untuk mencari informasi tentang tanggal pendaftaran seleksi ujian mandiri dari kampus yang kamu inginkan. Durasi pendaftaran jalur mandiri PTN cenderung singkat, jadi pastikan kamu tidak melewatinya.

Kamu bisa membuka portal-portal berita untuk mengetahui perguruan tinggi negeri mana saja yang masih membuka pendaftaran. Untuk memastikan kebenaran informasi mengenai jadwal pendaftaran, jangan lupa membuka situs resmi kampus yang bersangkutan.

Persiapkan Semua Berkas

Jalur mandiri perguruan tinggi negeri memberikan syarat kepada para calon mahasiswa untuk mengunggah semua berkas yang dibutuhkan. Apabila kampus yang bersangkutan melakukan seleksi dengan UTBK, kamu wajib mengunggah nilaimu ke platform yang telah dipersiapkan. Nah, persiapkan juga dokumen-dokumen pendukung yang juga dibutuhkan seperti Nomor Induk Siswa Nasional atau nilai rapor.

Pastikan kamu memindai berkas-berkas dengan baik dan jelas. Kamu bisa menggunakan mesin printer untuk melakukan hal tersebut, atau menggunakan aplikasi pemindai ponsel dengan penerangan yang baik. Selalu ada jalan jika kamu memiliki ambisi yang kuat untuk meraih mimpi.

Pilih Jurusan yang Sesuai

Rata-rata perguruan tinggi negeri hanya memberikan maksimal dua slot kepada para peserta untuk memilih jurusan idaman. Pastikan kamu memilih jurusan yang sesuai dengan dirimu, baik dengan minat maupun kemampuanmu.

Informasi terkait passing grade jurusan juga bisa menjadi pegangan bagimu untuk memilih jurusan. Kamu bisa memilih jurusan dengan passing grade yang tidak terlalu tinggi pada pilihan kedua –selama itu masih sesuai dengan passion-mu–.

Baca Persyaratan dengan Teliti


Terkadang, kegagalan terjadi bukan karena kamu tidak mampu, melainkan karena kamu ceroboh.

Setiap kampus memiliki peraturan yang berbeda-beda terkait pemilihan jurusan. Ada kampus yang memperbolehkan peserta untuk melakukan pilihan lintas jurusan, ada pula yang memperbolehkan peserta untuk memilih jurusan sesuai dengan keinginan.

Kamu harus membaca persyaratan kampus dengan teliti. Jika kamu anak IPA yang ingin masuk ke jurusan sosial humaniora, misalnya, pilih kampus dengan jalur mandiri yang memperbolehkan hal tersebut, begitu juga sebaliknya.

Kesalahan saat memilih jurusan yang tidak sesuai dengan persyaratan sudah jelas akan membuatmu didiskualifikasi, bahkan sebelum pihak kampus melihat nilai rapor dan nilai UTBK-mu.

Selain masalah pemilihan jurusan, kamu juga harus melihat siapa saja yang dibolehkan untuk mendaftarkan diri ke kampus tersebut. Beberapa kampus memperbolehkan lulusan tahun 2018 untuk mendaftarkan diri, tetapi beberapa tidak.

Pilih Jenis Tes yang Sesuai


Tidak hanya menggunakan UTBK, terdapat beberapa perguruan tinggi negeri yang memperbolehkan peserta untuk mendaftarkan diri melalui jalur tes dan jalur nilai rapor. Apabila kamu merasa bahwa nilai UTBK-mu tidak terlalu bisa diandalkan sepenuhnya, jalur rapor atau tes bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dengan memilih jenis tes yang sesuai kemampuan, peluangmu untuk bisa lolos akan terbuka semakin lebar. Ingat, para pemenang adalah mereka yang punya persiapan matang dan strategi.

Mempersiapkan Rencana Lain


Kesuksesan tidak hanya datang dari satu pintu saja, kamu masih punya banyak pintu yang siap buat dibuka. Tidak ada salahnya terobsesi masuk ke perguruan tinggi, tetapi nyatanya, orang sukses bisa berasal dari mana saja.

Jika kamu tidak lolos dalam tes perguruan tinggi, kamu bisa mempersiapkan diri untuk masuk ke kampus swasta. Kini, masyarakat tidak hanya menilai kualitas seseorang hanya dari kampusnya saja, tetapi dari kemampuan yang dimiliki olehnya.

Tidak perlu bingung mencari kampus swasta yang berkualitas. LP3I bisa menjadi solusi yang tepat buatmu. Dengan fasilitas pengajaran modern dan dosen yang berkualitas, LP3I mencetak lulusan yang siap kerja dengan kemampuan tinggi yang akan bermanfaat bagi masyarakat. Segera daftarkan dirimu sekarang juga dengan klik tombol yang ada di bawah ini atau hubungi nomor +62-812-9078-0050. Setelah UTBK, ada banyak jalan menuju kesuksesan yang terbentang buatmu.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami