fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 PTN Jalur Mandiri yang Menggunakan Nilai UTBK

5 PTN Jalur Mandiri yang Menggunakan Nilai UTBK

Gagal dalam ujian SBMPTN bukan akhir kehidupan. Kamu masih punya banyak kesempatan untuk menjadi sukses, salah satunya adalah dengan mengikuti ujian PTN Jalur Mandiri.

Ada banyak pola yang digunakan oleh jalur mandiri sebagai tolok ukur kelulusan para peserta, misalnya, dengan menggunakan nilai UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer. Nah, universitas apa saja yang menggunakan nilai UTBK sebagai penilaian? Simak di sini ya:

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) adalah salah satu kampus unggulan di ibukota Jawa Timur. Beberapa prodi unggulan di Unesa antara lain Teknik Sipil, Desain Grafis, dan Teknik Mesin.

Hingga 22 Agustus 2020, Unesa membuka kesempatan bagi para mahasiswa yang ingin menimba ilmu dengan mengadakan ujian mandiri. Kabar baiknya, kamu bisa mengunggah nilai UTBK, baik pada tahun 2019 maupun 2020, untuk diikutkan pada seleksi mahasiswa. Jika nilai UTBK-mu tinggi, tentu ini akan menjadi keuntungan buatmu.

Unesa memperbolehkan para peserta untuk memilih jurusan sains dan teknologi (saintek) maupun soshum (sosial humaniora). Namun, mereka merekomendasikan kepada para peserta untuk mengambil jurusan yang linier.

Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas yang menyediakan program sarjana pendidikan ini juga membuka kesempatan kepada para peserta untuk bersaing menggunakan nilai UTBK. Kamu tidak perlu mengikuti ujian lagi, karena penilaian murni hanya menggunakan nilai tersebut.

Mereka yang lulus pada tahun 2018 juga dapat ikut mendaftarkan diri. Jadi, ini merupakan kesempatan besar untuk kamu yang mengambil gap year. Namun, kamu hanya bisa mengambil jurusan yang linier dengan jurusan yang kamu ambil saat SMA.

Kamu bisa mendaftarkan diri ke jalur mandiri UNY hingga tanggal 26 Agustus 2020.

Universitas Brawijaya

Sebagai universitas favorit di kota Malang, kabar bahwa Universitas Brawijaya masih membuka pendaftaran untuk jalur mandiri tentunya adalah kabar yang baik. Terlebih lagi, periode seleksinya sangat singkat, sekitar satu minggu. Jadi, kamu tidak perlu menunggu dengan hati berdebar terlalu lama.

Universitas Brawijaya membuka jalur mandiri dengan menggunakan penilaian UTBK dan nilai rapor untuk lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020. Kamu hanya bisa memilih maksimal dua program studi baik dari saintek maupun soshum. Daftsrkan dirimu sebelum tanggal 23 Agustus 2020.

5 PTN Jalur Mandiri yang Menggunakan Nilai UTBK

Institut Teknologi Sepuluh November

Selain Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November juga merupakan institut teknik unggulan yang diincar oleh banyak orang. Nah, kamu masih punya kesempatan untuk masuk ke sana melalui jalur mandiri, lho.

Kamu bahkan tidak perlu mengikuti ujian. Cukup unggah nilai UTBK-mu dan tunggu pengumuman. Namun, ITS juga membuka kesempatan untuk kamu yang ingin masuk melalui jalur tes mandiri ITS atau menggunakan nilai rapor. Tentukan mana yang ingin kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan nilaimu, ya.

Pendaftarkan seleksi jalur mandiri dari ITS ini akan ditutup pada 28 Agustus 2020.

Institut Teknologi Bandung

Dari tahun ke tahun, ITB selalu menjadi kampus nomor satu di Indonesia. Itulah alasan mengapa kursi di dalamnya selalu menjadi rebutan banyak orang. Namun, sayangnya, persaingan untuk masuk ke dalamnya terlalu ketat. Apalagi kalau kamu mengambil jurusan dengan passing grade tinggi seperti Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEI).

Nah, ITB kembali membuka ujian jalur mandiri yang didasarkan pada nilai UTBK. Syarat administrasinya adalah memiliki nilai rapor dari semester satu hingga semester terakhir.

Pendaftaran PTN jalur mandiri ini akan ditutup pada tanggal 22 Agustus 2020. Jadi, segera daftarkan dirimu sekarang juga sebelum terlambat.

Selalu ada jalan untuk meraih impianmu, dan kamu bisa mengusahakan hal tersebut dengan mendaftarkan kembali dirimu ke kampus-kampus yang kamu inginkan.

Kamu juga bisa mendaftar ke kampus swasta yang tak kalah berkualitas seperti di LP3I. Telah berdiri sejak dekade 80an, LP3I merupakan sebuah lembaga pendidikan berkualitas yang mencetak lulusan siap kerja dan siap untuk terjun ke tengah masyarakat.

Dengan fasilitas pengajaran yang modern, mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga paham bagaimana mempraktikkan ilmu mereka. Daftarkan dirimu sekarang juga melalui tombol di bawah atau hubungi +62-812-9078-0050.

Ada banyak pintu menuju sukses, mulai dari mendaftarkan diri ke PTN jalur mandiri atau kuliah di kampus berbasis teknologi seperti LP3I. Mari raih masa depanmu dengan semangat tinggi.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami