fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Atur Jadwal Mu Secara Efektif dengan 5 Tips Ini untuk Time Management

Time Management

                Setiap orang pasti pernah dihadapkan pada pekerjaan atau tugas yang menumpuk tetapi tidak mempunyai kemampuan mengatur waktu kerja yang baik. Berbagai tugas dan pekerjaan sebetulnya bisa selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan bila Anda dapat mengelola waktu secara tepat. Time management atau kemampuan mengatur waktu memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang agar mencapai hasil kerja yang terbaik dan selesai tepat waktu.

                Bagi Anda yang sampai saat ini masih kesulitan mengatur jadwal penyelesaian tugas atau aktivitas sehari-hari, sebaiknya cobalah membuat jadwal secara efektif. Dimana jadwal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menerapkan time management agar menjadi sebuah kebiasaan. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa tips seputar pengaturan waktu yang bisa Anda terapkan.

Mengenal Time Management

Sebelum belajar mengatur jadwal secara efektif, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu time management. Dimana istilah tersebut berarti suatu proses pengelolaan waktu yang efektif agar waktu tersebut tepat digunakan untuk aktivitas.

Seseorang yang dapat mengatur waktu maka sudah memiliki kemampuan merencanakan serta mengontrol pengelolaan jam-jam dalam kesehariannya secara efektif dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca juga: Selain mendaftar Kuliah, Coba daftar Kartu Prakerja deh! 

Keuntungan Time Management

Kemampuan mengatur waktu tidak hanya berguna untuk menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Dimana time management juga mempunyai berbagai keuntungan lain bagi seseorang, diantaranya sebagai berikut:

1. Meningkatkan Reputasi

Saat Anda mengerjakan beragam jenis pekerjaan secara lebih cepat dari waktu yang diperkirakan maka dapat meningkatkan kepercayaan orang lain kepada Anda. Sebab mereka semakin yakin bahwa Anda memang mampu menyelesaikan tanggung jawab dengan baik.

2. Memiliki Waktu Luang Lebih Banyak

Apabila Anda disiplin saat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan jadwal, maka pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan membuat Anda lebih banyak mempunyai waktu luang. Dimana waktu luang tersebut bisa Anda gunakan untuk beristirahat atau menyelesaikan tugas berikutnya.

3. Mengurangi Stres

Saat Anda tidak dikejar oleh deadline karena tugas atau pekerjaan sudah selesai tepat waktu, tentu stress yang Anda rasakan akan semakin berkurang.

4. Dapat Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Banyak

Jika Anda bisa mengatur waktu dengan baik, maka semakin banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan lebih cepat. Saat satu pekerjaan selesai, pekerjaan lainnya bisa Anda kerjakan tanpa terburu-buru dikejar oleh deadline.

Tips Mengatur Jadwal Efektif

Supaya pekerjaan yang Anda lakukan dapat selesai tepat waktu dan terbiasa menggunakan time management, sebaiknya Anda perlu mengatur jadwal yang efektif. Berikut beberapa tips mengatur jadwal efektif agar Anda terbiasa mengatur waktu.

1. Menetapkan Tujuan

Sebelum mengatur jadwal, Anda sebaiknya menetapkan tujuan yang ingin dicapai serta aktivitas yang mendukung tujuan tersebut untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam setiap pekerjaan, Anda harus fokus pada tujuan dan abaikan kegiatan lain yang tidak berkaitan dengan tujuan tersebut. Dengan fokus pada tujuan maka Anda akan lebih bersemangat melakukan pekerjaan agar selesai tepat waktu dengan hasil memuaskan.

2. Membuat Daftar Prioritas

Catatlah semua pekerjaan yang harus Anda lakukan hingga beberapa minggu ke depan. Kemudian tentukan prioritas masing-masing pekerjaan tersebut sesuai dengan deadline yang lebih dahulu. Pastikan Anda mampu menentukan mana pekerjaan yang lebih prioritas dan sesuai dengan tujuan serta kegiatan yang sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

3. Realistis dan Seimbang

Sesudah membuat daftar prioritas, Anda harus memikirkan waktu untuk beristirahat serta bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Berikanlah jeda realistis pada diri Anda sebab tubuh juga memiliki batas untuk beraktivitas. Semakin Anda memaksakan diri untuk bekerja melampaui batas kemampuan diri, justru membuat Anda merasa stres dan membuat kesehatan tubuh semakin menurun.

4. Jangan Suka Menunda

Salah satu yang dapat Anda lakukan dalam time management yaitu fokus menyelesaikan apa yang dapat Anda selesaikan pada hari tersebut. Kebiasaan menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk dan memicu rasa malas dari dalam diri. Cobalah cek kembali kapan dan dimana Anda bisa menyelesaikan pekerjaan secara fokus dan produktif. Anda juga harus mengenali cara penyelesaian tugas yang paling efektif menurut Anda supaya tugas-tugas tersebut bisa dikerjakan secara cepat dan hasilnya juga maksimal.  

5. Evaluasi Jadwal

Lakukan evaluasi dari jadwal yang sudah Anda buat sehingga dapat diketahui dalam satu minggu terakhir tugas apa saja yang dapat diselesaikan sesuai jadwal dan tugas yang belum selesai. Melalui evaluasi ini, Anda bisa memperbaiki cara-cara penyelesaian tugas sekaligus berupaya menyeimbangkan semua kegiatan secara perlahan-lahan. Agar time management Anda semakin efektif, sebaiknya susunlah jadwal pada awal minggu.   

Menerapkan time management dalam kehidupan sehari-hari memang tidaklah mudah.

Tetapi dengan menerapkan tips-tips di atas secara perlahan dalam keseharian Anda, maka Anda bisa belajar mengatur waktu secara efektif. Dengan menyelesaikan tugas secara lebih terjadwal tentu membuat Anda tidak merasa terbebani dan menghindarkan Anda dari tugas-tugas yang menumpuk.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung