fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Selain mendaftar Kuliah, Coba daftar Kartu Prakerja deh!

Selain Mendaftar Kuliah Coba Daftar Kartu Prakerja Deh 2

                Sekarang ini banyak sekali wacana dan perbincangan terkait daftar kartu prakerja, apa sih sebenarnya kartu pra-kerja itu? Pada prinsipnya, Kartu Pakerja adalah suatu program pemerintah yang ditujukan bagi tiap warga negara Indonesia berusia 18 tahun keatas yang tidak sedang menjalani studi di jenjang perguruan tinggi, dan juga belum mendapatkan pekerjaan.

Boleh dibilang, hal ini merupakan bentuk subsidi bantuan dari pemerintah bagi para lulusan SMA yang tidak atau belum mampu melanjutkan studi ke perguruan tinggi, dan juga belum mendapatkan pekerjaan. Pada masa transisi paska kelulusan sekolah menengah atas, mereka diperbolehkan untuk daftar kartu prakerja.

                Tujuan pemerintah dalam memberikan subsidi bantuan ini tentu dikarenakan wabah pandemi COVID-19. Tak hanya Indonesia, krisis yang ditimbulkan oleh pandemi ini telah menjadi keprihatinan yang mendunia secara global. Tingkat penggangguran di seluruh wilayah Indonesia pun semakin meningkat disebabkan pandemi COVID-19.

             Sebelum memutuskan untuk mendaftar kartu prakerja, berikut informasi yang perlu di simak sebagai tambahan pengetahuan dan panduan yang bermanfaat bagi anda sekalian.

Baca juga: Atur Jadwal Mu Secara Efektif dengan 5 Tips Ini untuk Time Management 

Manfaat yang Diperoleh dengan Daftar Kartu Prakerja

Bua tapa daftar kartu prakerja jika tidak ada manfaatnya, betul. Tentu betul sekali, namun sayangnya, banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan mendaftarkan diri untuk memiliki kartu prakerja. Oleh karenanya, saying sekali untuk melewatkan program bantuan pemerintah Indonesia bagi kita semua, para warga negaranya. Berikut adalah informasi terkait manfaat dari daftar kartu prakerja:

1. Memberikan bantuan sokongan dana

Awalnya pemerintah pusat Indonesia memberikan dana sokongan bagi masyarakat sebesar Rp. 600,000 per orangnya. Namun Presiden RI Indonesia sendiri mengumumkan pada bulan April 2020 lalu bahwa jumlah besaran dana sokongan dari program Kartu Prakerja ini dinaikkan hingga Rp. 1,000,000 per orangnya.

Daftar kartu prakerja tentu dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia selama masa pandemi. Di tengah kesulitan mencari kerja, mendapat sokongan atau tunjangan Rp. 1,000,000 per orangnya selama sekitar 3 – 4 bulan, tentu merupakan bantuan yang sangat bermanfaat.

2. Mendapat tunjangan untuk mengasah kompetensi diri

Tujuan utama bagi masyarakat yang mendaftar kartu prakerja adalah untuk membantu mengasah kompetensi diri untuk dapat terus menjalani pelatihan tertentu selama masa pandemi. Sebagai contohnya, untuk mengikuti try out online bagi para pelajar yang ingin mendaftarkan diri ke jenjang pendidikan selanjutnya.

3. Mengurangi jumlah pengangguran selama masa pandemic

Manfaat lainnya dari daftar kartu prakerja adalah mengurangi kenaikan jumlah pengangguran di Indonesia sebagai upaya bantuan dari pemerintah pusat di tengah wabah pandemi COVID-19.

Apa Saja Syarat Daftar Kartu Prakerja dan Bagaimana Cara Daftarnya?

Selain Mendaftar Kuliah Coba Daftar Kartu Prakerja Deh

Di tengah kondisi yang serba sulit akibat dampak pandemi COVID-19, mendapat bantuan subsidi dari pemerintah pusat melalui daftar kartu prakerja tentu merupakan bantuan yang sangat bernilai bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Lalu, apa saja syarat yang dibutuhkan untuk bisa daftar kartu prakerja? 

                Pada prinsipnya syarat daftar kartu prakerja tidaklah sulit, bagi yang ingin daftar kartu prakerja, syaratnya adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Berusia 18 tahun atau lebih
  3. Tidak sedang menjalani pendidikan tertentu
  4. Merupakan korban pemutusan kerja sepihak (Korban PHK)
  5. Masyarakat sesuai yang ingin mengasah kemampuan di usia muda (pencari kerja muda)

Jika sudah sesuai dengan persyaratan di atas, maka cara daftar kartu prakerja dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website prakerja.go.id
  2. Pilih menu ‘daftar’ yang terdia di laman tersebut
  3. Mulai membuat akun dengan memasukan alamat email dan kata sandi
  4. Verifikasi melalui email yang didaftarkan
  5. Log in ke laman prakerja.go.id menggunakan akun yang sudah terverifikasi
  6. Mulai mengisi data yang diperlukan seperti verifikasi No KTP, mengunggah foto, verifikasi nomor Hp/telp

Setelah berhasil melalui proses daftar kartu prakerja tersebut seperti dijelaskan di atas, maka selanjutnya aka nada proses evaluasi dan seleksi. Pada proses ini pendaftar diwajibkan untuk mengikuti test motivasi seputaran kemampuan dasar yang dimiliki. Selanjutnya, anda akan menerima pemberitahuan terkait berhasil atau gagal dalam mengikuti test yang telah dilakukan tersebut. Jika dinyatakan lulus, maka anda pun dapat memilih jenis pelatihan secara gratis sesuai dengan bidang yang diminati guna mendapat pelatihan untuk menambah dan mengasah keterampilan diri anda.

Jadi jangan berkecil hati selama masa pandemi ini. Jika anda sekalian bertujuan untuk mengasah keterampilan dan kemampuan, daftar kartu prakerja sekarang, dan teruslah menjadi pribadi yang berkualitas.

Saat masa pandemi berakhir, anda pun siap untuk memulai mencari peluang baru yang lebih baik, dengan kemampuan dan keterampilan yang sudah semakin matang dan terasah. Tetap positif dan menambah wawasan tentu merupakan hal yang terus dibutuhkan untuk menjadi pribadi yang dapat bertahan dengan segala jenis persaingan yang ada.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung