fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

7 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa, Maba Harus Tahu!

7 Sifat yang Harus Dimiliki oleh Mahasiswa, Maba Harus Tahu!

Buat kamu yang sebentar lagi memasuki jenjang perkuliahan, pasti rasanya excited banget bakal memasuki dunia baru ini. Tak hanya akan menempuh jenjang pendidikan lebih tinggi, kamu pun bakal menemukan banyak pengalaman dan teman baru. Namun, tentu kamu juga harus memiliki kesiapan mental dan punya sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa.

Boleh dibilang masa perkuliahan adalah saat tepat untuk mengasah pribadimu agar siap mentas nantinya. Saat kuliah kamu tak hanya akan belajar materi perkuliahan, tapi juga bersosialisasi dengan banyak orang dan lingkungan sekitar.

Biar lebih mudah untuk menjalani aktivitas kuliah dengan lancar, sebaiknya tujuh sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa berikut mulai kamu latih dari sekarang.

1. Berpikir Kritis

Perbedaan saat kamu masih SMA dengan ketika sudah kuliah adalah pada daya kritis dan nalar. Kamu tak sekadar tahu akan suatu fenomena, tapi mampu menganalisis secara mendalam.

Itu sebabnya, mahasiswa harus memiliki daya analisis yang kuat. Kamu akan melihat apa masalah yang terjadi, mencari tahu apa penyebabnya, dan mencoba menawarkan solusinya.

Daya kritis ini kaitannya dengan logika. Kamu akan berlatih menggunakan nalarmu secara maksimal. Dosen pun akan menanamkan nilai-nilai ini agar kemampuan berpikirmu berkembang lebih baik.

2. Mandiri

Sebagai mahasiswa, kamu dituntut mandiri. Jika sebelumnya kamu masih tinggal sama orang tua, tapi kini mungkin harus hidup terpisah dengan menyewa sebuah kamar kost. Di sana kamu belajar melakukan banyak hal dengan kemampuanmu sendiri.

Mulai dari hal kecil seperti disiplin merapikan tempat tidur, mengatur komposisi kamar kost, menyiapkan makan, sampai urusan mengelola uang saku.

Saat di kampus pun beda jauh dengan saat masih di SMA. Kalau saat SMA, guru mungkin akan mengarahkan dengan lebih rinci mengenai tugas sekolah, saat kuliah nanti, dosen hanya memberikan tugas secara garis besarnya saja. Tugasmu adalah menyelesaikannya dengan baik.

3. Pintar Berkomunikasi

Penting memiliki kemampuan komunikasi yang baik saat kuliah. Kamu harus terbiasa menyampaikan pendapat. Saat presentasi misalnya, kamu harus belajar menguraikan dan menyampaikan sebuah materi kepada mahasiswa lainnya.

Kamu mungkin tak merasa pandai berbicara di depan umum, tetapi inilah momen terbaik melatihnya. Kamu bisa belajar untuk berdebat, berargumentasi, dan mempertahankan pendapat.

Kemampuan berkomunikasi ini tak hanya dalam bentuk lisan, tapi juga tulisan. Dosen pun sering memberikan tugas yang harus diselesaikan dalam bentuk tulisan. Nah, dengan memiliki kemampuan komunikasi lewat tulisan yang baik, diharapkan kamu bisa menyelesaikan tugas dengan maksimal.

4. Kreatif

Kreativitas merupakan sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Melalui kreativitas, kamu dituntut untuk bisa mengubah kesulitan menjadi peluang. Dengan keadaan yang terbatas, kamu pun akan lebih strong dalam menjalani hidup.

Sebagai contoh, uang saku yang kamu terima setiap tidak cukup untuk kebutuhan sebulan. Namun dengan kreativitas, kamu berusaha mengelola uang saku tersebut hingga mencukupi. Bisa dengan memasak sendiri atau mencari tambahan uang saku dengan berbisnis atau bekerja freelance.

5. Peduli

Hal penting yang harus dimiliki saat menjadi mahasiswa adalah sikap peduli. Tak hanya pada diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar, dan bahkan kondisi bangsa. Sikap peduli ini turut mendorong daya kritismu. Lebih dari itu, kamu pun akan berusaha bergerak mencari solusinya.

6. Percaya Diri

Sikap ini penting dimiliki setiap orang. Dengan rasa percaya diri yang baik, kamu akan lebih mudah menjalin komunikasi. Tak ada lagi sikap minder dan kamu merasa setara dengan orang lain.

Sikap penuh percaya diri ini penting dimiliki agar nantinya lebih mudah menyelesaikan masalah yang muncul. Tanpa grusa-grusu, kamu akan mencari tahu apa sebab sebuah masalah dan mencari solusi terbaik dalam menyelesaikannya.

7. Mudah Beradaptasi

Saat hidup di kampus, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Saat itulah kemampuan beradaptasi dibutuhkan. Kamu akan belajar untuk menyesuaikan diri dengan tempat tinggal baru, karakter teman yang baru, hingga beradaptasi dengan peraturan di kampus dan lingkungan masyarakat.

Kemampuan ini merupakan syarat penting agar kamu bisa survive. Dengan tingkat adaptasi yang baik, kamu tak akan banyak mengalami masalah saat tinggal di mana pun nantinya. 

Masa mahasiswa merupakan momen emas yang harus kamu manfaatkan sebaik-baiknya. Oleh karena itu sebaiknya sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa itu mulai kamu tanamkan dari sekarang.

Nah, kalau untuk tempat kuliah yang asyik, seru, dan memberikan jaminan kerja, coba deh tengok LP3I. Websitenya bisa kamu cek di https://www.lp3i.ac.id/. Banyak jurusan berprospek cerah yang bisa mendukung masa depanmu nanti.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!