fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

6 Perbedaan Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa Lama

6 Perbedaan Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa Lama

Wah senangnya diterima di kampus impian dan menyandang predikat sebagai mahasiswa baru. Tidak sabar ingin segera memasuki dunia perkuliahan yang tentunya berbeda dengan masa-masa di sekolah menengah. Di kampus, kita bisa melihat perbedaan mencolok antara mahasiswa baru dengan mahasiswa lama. Berikut ini 6 di antaranya yang paling mencolok.

1. Antusiasme

Mahasiswa baru relatif memiliki antusiasme yang sangat tinggi pada segala hal terkait perkuliahan dan aktivitas-aktivitas yang melingkupinya. Mulai dari berburu buku-buku referensi yang berkaitan dengan mata kuliah yang diambil, menyiapkan peralatan penunjang, mendaftar di berbagai organisasi kemahasiswaan, hingga mengumpulkan padu padan outfit untuk kuliah.

Mahasiswa lama bisa terdeteksi dari binar-binar mata yang meredup akibat terlalu banyak bergadang, seiring menumpuknya tugas-tugas dan kepadatan jadwal praktikum. Berjalan gontai menjelang pengerjaan tugas akhir dan bimbingan skripsi. Belum lagi beban pikiran mengenai pekerjaan setelah lulus nanti yang menambah kekusutan di wajah.

2. Penampilan

Mahasiswa tahun pertama biasanya tampil segar dan energik. Di beberapa fakultas, ada yang mewajibkan mahasiswanya untuk mengenakan jenis pakaian tertentu selama masa orientasi. Misalnya kemeja kotak-kotak atau setelan hitam-putih. Mahasiswa lama paling outfit-nya pakaian kasual semacam kaos, celana jeans, dan jaket jurusan.

Mahasiswa baru datang ke kampus dengan mata berbinar dan gaya menawan, maklum tengah menjadi pusat perhatian kakak tingkat. Bandingkan dengan mahasiswa lama, apalagi yang sedang dikejar deadline skripsi, gaya seadanya yang penting tidak telat bimbingan dengan dosen pembimbing. Mata merah kurang tidur dan kadang tidak sempat mandi.

Baca juga: 5 Hal yang Cuma Dipahami Anak Teknik

3. Ujian Semester

Saat menghadapi ujian tengah semester perdana, mahasiswa baru mempersiapkan segalanya semaksimal mungkin agar mendapat hasil terbaik. Diiringi semangat menggebu, perpaduan antara antusias dan gugup.

Lain halnya dengan mahasiswa lama yang  sudah berpengalaman melewati ujian, baik tengah semester ataupun akhir semester, mereka lebih santai. Minggu tenang justru dimanfaatkan untuk tidur lebih banyak daripada belajar.

4. Bergaul

Tipikal mahasiswa baru umumnya memilih bergaul berkelompok ketika di kampus, tentu karena sama-sama dalam tahap adaptasi dan masih asing dengan suasana kampus.

Berbeda dengan mahasiswa lama yang sudah paham benar seluk beluk kampus. Mereka lebih sering ke mana-mana sendiri, tidak bergantung pada teman, walau bukan berarti tidak punya teman hanya memilih lebih mandiri.

Di tahun-tahun awal kuliah, mahasiswa baru disibukkan dengan berbagai kegiatan organisasi kemahasiswaan, menjadi panitia kegiatan ini, mengikuti seminar itu, dan beraneka kegiatan yang diharapkan nantinya memberikan poin plus saat berkompetisi di dunia kerja.

Menjelang akhir masa kuliah, mahasiswa lama cenderung mengurangi kegiatan di kampus dan fokus pada tugas akhir atau proyek-proyek yang menghasilkan uang tambahan. Untuk mahasiswa lama yang terlambat lulus karena keasyikan bekerja, pergaulan di kampus kembali terasa asing karena ditinggalkan sebagian besar teman seangkatan.

5. Reaksi Bertemu Kawan Lama

Mahasiswa yang baru menapaki jenjang perkuliahan memiliki kebanggaan dan sedikit rasa ingin pamer ketika bertemu kawan lama. Seru bercerita kuliah di mana dan apa saja kesibukannya di kampus. Sementara mahasiswa lama merasa sungkan dan malu, apalagi jika masih belum lulus juga padahal teman-teman seangkatan sudah menyelesaikan kuliah entah sejak kapan. 

6. Tugas Kelompok

Sebagai mahasiswa yang belum seberapa lama berkuliah, idealisme masih membumbung tinggi. Ketika mendapat tugas untuk dikerjakan secara berkelompok, merasa sulit dan terpaksa harus satu kelompok dengan mereka yang berbeda pandangan. Terpikir menjadikannya proyek pribadi dan mengerjakan sendiri daripada menghasilkan tugas kelompok yang tidak sesuai keinginan.

Masih berkuliah di saat kawan-kawan lain telah lulus, membuat mahasiswa lama tidak mempunyai banyak pilihan. Jangankan  pilih-pilih teman satu kelompok, ada yang menampung pun sudah untung.

Mereka yang telah melewati masa-masa sebagai mahasiswa baru dan mahasiswa lama tentu senyum-senyum membaca artikel di atas, bernostalgia. Bagi kamu yang sekarang masih duduk di bangku sekolah menengah atas, LP3I merupakan pilihan terbaik untuk menjadi kampus masa depan. Program studinya lengkap dan berkualitas, kamu tinggal memilih yang sesuai minat dan bakat. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan peluang kerja saat telah lulus nanti. Langsung buka informasi lengkapnya di website LP3I, yuk!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung