fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Hal yang Cuma Dipahami Anak Teknik

5 Hal yang Cuma Dipahami Anak Teknik

Prospek kerja yang menjanjikan membuat jurusan-jurusan teknik tidak pernah sepi peminat setiap tahunnya. Sebut saja teknik industri, teknik elektro, teknik pertambangan dan perminyakan, teknik mesin, dan teknik sipil, yang selalu jadi favorit. Di balik kebanggaan menjadi anak teknik, 5 hal berikut cuma dipahami oleh kamu yang berkuliah di jurusan teknik. Apa saja sih?

1. Tugas Besar

Pada masa awal perkuliahan, anak teknik dihadapkan dengan tugas-tugas yang menjadi pemanasan sebelum terjun melakukan berbagai praktikum. Tugas-tugas yang akrab dikenal dengan sebutan “tugas besar” ini, memiliki bentuk yang berbeda-beda untuk masing-masing jurusan teknik.

Mahasiswa baru di jurusan teknik mesin mendapat tugas besar yang berupa gambar teknik mekanik, mencakup materi mengenai jenis-jenis garis, proyeksi, dimensi, perspektif, dan sebagainya.

Tugas-tugas tersebut dikerjakan secara berkelompok. Ada beberapa materi tugas besar jurusan teknik mesin yang mirip dengan jurusan  teknik industri, bedanya anak teknik industri mengerjakan tugas mereka secara individu.

Teknik elektro lain lagi bentuk tugas besarnya, di semester awal mahasiswa jurusan teknik elektro diharuskan mengambil mata kuliah Fisika 1 dengan beban SKS sebesar 4 SKS, dilanjutkan Fisika 2 dan Fisika Modern. Pengerjaan tugas dilakukan secara perseorangan.

Baca juga: 6 Perbedaan Mahasiswa Baru Vs Mahasiswa Lama

Masa-masa tugas besar menjadi masa perjuangan anak teknik menuju tahap perkuliahan berikutnya. Agar  dapat dilewati dengan baik, tips-tips dari para mahasiswa senior di jurusan teknik berikut bisa sedikit membantu:

  • Untuk mahasiswa teknik mesin disarankan banyak membaca buku-buku  referensi, pusatkan perhatian saat asistensi, dan sebisa mungkin usahakan tidak menunda pengerjaan tugas-tugas.
  • Kamu yang berniat masuk ke jurusan teknik industri akan sangat berguna jika mulai belajar autocad dari sekarang. Selain berbentuk gambar manual, tugas gambar yang dibuat nanti juga ada yang diharuskan menggunakan software autocad.

2. Mudah dikenali

Tugas yang banyak dengan tengat waktu pengerjaan berdekatan membuat mahasiswa jurusan teknik terlatih dengan segala sesuatu yang  serba cepat dan identik dengan kepraktisan. Semua harus efisien dan simpel.

Tidur lewat tengah malam bahkan nyaris subuh karena mengerjakan tugas, kemudian terlambat bangun padahal jadwal kuliah pagi, alhasil tidak sempat mandi apalagi berdandan. Bisa dipastikan t-shirt dan jaket jurusan jadi outfit andalan anak teknik.

Mengerjakan tugas, menyusun laporan praktikum, belum lagi urusan proyek dan organisasi, membuat mereka yang berkuliah di jurusan teknik  kerap bergadang bahkan sampai berhari-hari. Terlalu sering bergadang meninggalkan jejak kantung mata tebal seperti mata panda, menjadi “identitas” tersendiri di samping jarang mandi. Mudah kan mengenali mahasiswa jurusan teknik?

3. Cermat

Pekerjaaan atau proyek yang melibatkan anak teknik merupakan perkerjaan-pekerjaan yang membutuhkan perhitungan yang cermat dan ketelitian karena berisiko tinggi jika sampai ada salah menghitung. Kita ambil contoh pembangunan jembatan atau gedung, berisiko ambruk dan roboh jika tidak dihitung dengan benar.

4. Mental Baja

Seperti telah disebutkan di atas tadi, mahasiswa jurusan teknik memiliki jadwal yang sangat padat, banyak tugas dengan deadline berdekatan, belum lagi  target proyek yang harus dikejar. Tantangan-tantangan yang tentu memerlukan kesiapan mental, daya pikir yang tajam, dan tenaga besar. 

Ke depannya anak teknik akan berhadapan dengan medan tempur yang tidak mudah ditaklukkan, mengontrol ribuan pekerja di lapangan, mengendalikan alat-alat berat, menciptakan inovasi-inovasi mengikuti perkembangan zaman. Tidak heran jika orientasi mahasiswa baru jurusan teknik relatif lebih keras daripada jurusan-jurusan lain karena mental baja merupakan modal awal yang mutlak harus dimiliki.

5. Kompak

Bukan anak teknik namanya jika tidak kompak dan guyub. Sebagian besar pekerjaan di bidang teknik memerlukan kerja sama tim yang solid. Mana mungkin jembatan di atas laut, terowongan di dalam gunung, pembangkit listrik skala besar, dan lain sebagainya bisa dibangun tanpa kekompakan dan kerja sama.

Itulah 5 hal cuma dipahami oleh anak teknik. Selamat untuk kamu yang tahun ini resmi menjadi salah satu mahasiswa jurusan teknik di LP3I. Pilihan terbaik untuk mereka yang berani punya skill. Kualitasnya terjamin dan dibantu penempatan kerja setelah lulus, keren kan? Yuk, langsung saja dapatkan informasi lengkapnya di website LP3I.     

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung