fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Tips efektif belajar secara daring selama #dirumahaja

5 Tips efektif belajar secara daring selama #dirumahaja

Pandemi Covid-19 mengharuskan kita melakukan kegiatan dari rumah, salah satunya adalah proses perkuliahan yang mengharuskan dilakukan secara daring melalui rumah.

Tentunya, sebagai mahasiswa ada penyesuaian pola belajar yang tentunya harus dilakukan mengingat pembelajaran dilakukan dirumah. Dirumah aja pun bukan penghalang mahasiswa untuk tetap mendapatkan ilmu. Nah bagaimana sih cara belajar yang efektif selama dirumah aja? Berikut ulasannya.

1. Atur tempat untuk belajar

Mood belajarmu dipengaruhi oleh tempat kamu belajar. Cari posisi dirumah yang nyaman dan hindari belajar ditempat yang membuatmu merasa ngantuk, seperti dekat dengan kasur. Tetapi semua balik lagi pada diri kamu sendiri seperti apa tempat yang nyaman untuk kamu belajar.

2. Buat rencana belajarmu

Rencanakan apa yang mau kamu pelajari pada hari itu, buat daftar apa saja yang ingin kamu pelajari agar kamu dapat fokus belajar dan mengikuti perkuliahan. Catat selalu jikalau ada deadline tugas agar teratur.

3. Hindari hal yang dapat mendistraksi belajarmu

Selama dirumah aja, kecenderungan untuk terus membuka media sosial dan bermain games sangat besar. Tetap fokus dalam proses pembelajaran dan hindari melakukan hal yang tidak berhubungan dengan proses pembelajaran.

4. Perhatikan jadwal perkuliahanmu

Pasang timer agar kamu tidak telat mengikuti perkuliahan secara daring, selalu lihat jadwal dan perencanaan belajar yang sudah kamu buat, sehingga kamu dapat belajar secara fokus dan teratur sesuai jadwal.

5. Luangkan waktu untuk bersantai

Beri jeda waktu agar kamu dapat refreshing, duduk didepan laptop secara terus menerus bukanlah hal yang mudah. Lakukan kegiatan yang dapat menjaga mood mu agar tetap stabil seperti mendengarkan musik, olahraga dan lain sebagainya.

Itulah lima tips agar kamu tetap efektif mengikuti perkuliahan dan belajar selama dirumah aja, tetap jaga kesehatan dan fokus dalam belajar ya!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami