fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Jurus Membangun Karier pasca-COVID-19

5 Jurus Membangun Karier pasca-COVID-19

Pandemi Corona Virus (Covid-19) merupakan bencana nasional yang sedang dihadapi Indonesia saat ini. Saking banyaknya korban virus ini, pemerintah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Hal ini tentu saja berimbas pada berbagai industri bisnis.

Para pelaku bisnis harus membatasi produksi dan merumahkan karyawan. Kondisi yang terjadi saat ini menyebabkan banyak para pelaku usaha gulung tikar. Jangankan untuk merekrut karyawan baru, membayar gaji karyawan pun menjadi sulit. Bahkan banyak karyawan diberhentikan akibat efek penyebaran pandemi  Corona Virus (Covid-19).

Jangan patah arang, kita masih bisa membangun bisnis sendiri. Sambil melakukan karantina di rumah, Anda bisa menyiapkan langkah-langkah yang tepat untuk membangun karier berbisnis. Mengapa tidak? Anda bisa menjadi pelaku usaha dan memiliki bisnis sendiri sebagai karier. Berikut ini adalah jurus membangun karier pasca-Covid-19.

Baca juga : 8 Kunci Sukses Membangun Karier di Tahun 2020

1. Hitung Kebutuhan Modal serta Ketahui Target Pasar

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menghitung kebutuhan modal. Memiliki modal yang cukup diperlukan ketika Anda memutuskan berbisnis, baik itu untuk memproduksi barang, distribusi, penjualan, hingga promosi. Memilih produk yang akan dijual akan lebih mudah dilakukan dengan modal yang cukup.

Jika modal sudah dimiliki, Anda perlu menentukan target pasar. Kepada siapa produk ini akan dijual. Lakukan riset langsung ke lapangan. Tujuannya agar dapat mengetahui metode pemasaran beserta penjualan yang tepat. Metode pemasaran yang tepat akan membuat produk laku di pasaran. Di samping itu, harga per produk akan lebih mudah ditentukan.

2. Paham Keunikan Produk yang Dijual

Jurus selanjutnya adalah memahami keunikan produk yang akan dijual. Jika target pasar telah ditentukan, mengenali kelebihan serta keunikan produk merupakan hal penting yang harus dikuasai. Pahami kelebihan dari segi motif, warna, desain, hingga warna yang digunakan. Keunikan lainnya bisa juga berhubungan dengan bentuk kemasan produk. Adapun jika produk yang dijual berupa jasa, kenali keunggulannya dan apa layanan yang membuatnya berbeda dengan produk sejenis.

Dengan mengetahui kelebihannya, Anda sudah mengenal karakteristik produk sendiri. Karakteristik inilah yang membedakan produk Anda dengan produk yang ada di pasar. Oleh karena itu, ciptakan produk yang unik dan menarik agar mudah dikenal. Para pembeli akan tertarik menggunakannya.

3. Beri Label Produk

Salah satu jurus membangun karier pasca-Covid-19adalah memberi label produk. Pemberian label atau merek terhadap produk tidaklah mudah. Merek tersebut harus mudah diingat, unik, serta belum pernah digunakan sebelumnya.

Hindari menggunakan nama merek yang sama dengan produk lain di pasaran. Jika merek tersebut sama, Anda akan terkena kasus plagiarisme. Pemilik merek tersebut bisa menuntut Anda ke jalur hukum.

Oleh karena itu, Gunakan nama sendiri sebagai merek produk. Tujuannya agar pembeli tahu bahwa Anda merupakan pemilik, perancang, hingga produsen barang tersebut.

4. Buat Logo yang Menarik

Selain memberikan label, membuat logo yang menarik juga diperlukan untuk produk. Logo memiliki fungsi sebagai gambar yang mewakili barang yang akan dijual. Logo juga berfungsi agar pembeli bisa mengenal merek produk. Orang-orang akan mengetahui apakah merek yang digunakan telah dipakai atau belum melalui logo yang digunakan.

Agar logo produk mudah diingat, rancanglah logo yang menarik dan mudah diingat. Berikan detail setiap desain agar hasilnya menjadi lebih cantik. Jika perlu gunakan simbol dan tulisan yang mewakili karakteristik bisnis dan produk.

5. Melakukan Promosi di Media Sosial

Jurus selanjutnya membangun karier pasca-Covid-19adalah melakukan promosi di media sosial. Setelah urusan label beserta logo pada produk Anda beres, lakukan promosi.

Promosi bisa dilakukan melalui berbagai media sosial. Buat satu akun resmi pada berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk menjual produk Anda. Media sosial cukup efektif untuk membangun branding awareness terhadap produk.

Untuk memaksimalkan promosi, pekerjakan satu admin untuk mengurus akun media sosial. Admin tersebut akan membarui informasi tentang produk. Media sosial juga bisa digunakan sebagai wadah bagi pembeli untuk menandai akun tersebut setiap kali mereka menggunakan produk. Dengan begitu, calon pembeli bisa melihat siapa saja yang telah menggunakan produk Anda.

Inilah lima jurus membangun karier pascaCovid-19. Jurus tersebut bisa membantu Anda membangun bisnis setelah pandemi Covid-19 berlalu.

Mengantisipasi sulitnya mencari kerja dan membangun karier pasca-Covid-19, ada baiknya Anda mempersiapkan pendidikan yang tepat dengan memilih sekolah atau kampus yang memberikan jaminan kerja setelah lulus. Salah satu kampus di Indonesia, LP3I, memberikan jaminan kerja tersebut. Kampus ini menawarkan berbagai jurusan yang berorientasi pada pengembangan skill kerja sesuai jurusan yang dipilih. LP31 juga telah menjadi pilihan kampus yang baik untuk memulai membangun karier setelah tamat kuliah.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung