fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Simak alasan dan tips untuk dapat menjalankan kuliah, dan sukses sembari bekerja

Simak alasan dan tips untuk dapat menjalankan kuliah, dan sukses sembari bekerja

Buat teman-teman mahasiswa yang ingin membantu orang tua dalam hal finansial dan juga ingin menambah pengalaman dalam dunia kerja, beberapa dari kalian mungkin sempat terpikir “mungkin ga sih untuk kita bisa kuliah sembari bekerja?” Hal tersebut pasti sering terlintas dalam pikiran kita. Nah tenang aja, disini kita akan membahas alasan, suka dan dukanya kuliah sambil kerja!

Kenapa kuliah sambil kerja?

1. Ingin meringankan beban orang tua atau ingin mandiri

Kebutuhan hidup yang banyak pasti sudah musingin orang tua, belum lagi biaya kuliah yang tidak murah. Biaya untuk bayar kos-kosan, makan sehari-hari, ongkos perjalanan dan juga untuk ngeprint tugas-tugas. Nah ini adalah salah satu alasan terbanyak kenapa banyak yang ingin kuliah sambil kerja. 

2. Terlatih mandiri dan kaya akan pengalaman baru!

Kalau kalian memutuskan untuk kuliah sambil kerja sebaiknya kamu bekerja dibidang sesuai profesi yang kamu inginkan di kemuduian hari. Kalian bisa part-time di tempat yang sesuai dengan jurusan, misalnya kalau kalian kuliah teknik mesin kalian bisa coba magang di bengkel terdekat, kalau kalian di jurusan ekonomi, kalian bisa part-time sebagai kasir atau bagian marketing di perusahaan retail, misalnya. 

Dengan itu kalian bisa mendapatkan pengetahuan untuk di dunia kerja nanti, jadi sewaktu nanti kalian lulus kuliah kalian tidak akan kaget lagi dengan kerasnya dunia kerja!

3. Jaringan teman atau kenalan baru

Dengan bekerja, jaringan pertemananmu akan bertambah luas. Kalian akan banyak menemukan orang baru dengan karakter sifat yang bermacam-macam, melalui itu kalian akan belajar bagaimana menghadapi setiap individu yang berbeda-beda. Itu juga akan membantu kalian untuk menghadapi berbicara di depan umum, seperti presentasi di depan dosen. 

Nah, setelah beberapa alasan diatas, untuk kalian yang sudah memutuskan ingin melamar pekerjaan, yuk simak beberapa tips untuk kalian yang ingin kuliah sambil kerja! Cek list berikut: 

1. Siapkan mental dan fisik kamu

mental dan fisik kalian harus kuat dan stamina terus terjaga, karena bisa jadi kamu akan menghadapi pekerjaan yang banyak sekali. Kalian harus siap untuk segala resiko yang dihadapi, di kampus maupun di kantor. Wajib jaga kesehatan ya teman-teman agar tetap prima dan fokus bekerja!

2. Memilih pekerjaan part-time

Agar kalian tidak kewalahan antara tugas kampus dan pekerjaan di kantor kalian bisa memilih pekerjaan separuh waktu atau part-time job. Dengan memilih pekerjaan yang separuh waktu ini, manajemen waktu kalian akan lebih mudah untuk diatur.

3. Pekerjaan sesuai passion

Ini juga yang terpenting, kalian pasti ingin bekerja dengan senang hati bukan? Dengan memilih pekerjaan sesuai passion, kalian pasti akan merasa lebih nyaman dan senang saat mengerjakan sesuatu. Kalau mood happy, hari-hari berjalan dengan lancar pastinya! 

Selamat mencoba ya teman-teman! Semangat!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!