fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tips Sukses Melewati Semester Awal Perkuliahan

Tips Sukses Melewati Semester Awal Perkuliahan

Perubahan status dari seorang siswa menjadi mahasiswa, selain memberikan kebanggaan tersendiri, juga memberikan tantangan baru. Kehidupan kampus yang relatif lebih bebas daripada kehidupan sekolah sering kali menghambat kelancaran kegiatan akademis, khususnya pada masa-masa awal kuliah.

Pengawasan waktu belajar yang lebih longgar pada bangku kuliah membuat kebanyakan mahasiswa baru merasa kesulitan pada semester awal, baik itu karena belum terbiasa belajar dengan pengawasan minim, atau karena terlalu sibuk mengurusi kegiatan lainnya.

Bagi kamu yang masih grogi menghadapi masa-masa awal perkuliahan, jangan khawatir, kami menawarkan tips sukses melewati semester awal perkuliahan agar masa-masa awal kuliah terasa lebih menyenangkan.

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Online Gratis Untuk Jenjang SMA

Beradaptasi dengan Tenang

Tak dapat dimungkiri, masa awal kuliah merupakan masa yang terasa berat bagi sejumlah mahasiswa. Bagaimana tidak? Kita harus beradaptasi dengan kehidupan dunia pendidikan yang jauh berbeda dari dunia pendidikan sebelumnya. Namun, jangan khawatir, salah satu kunci sukses melewati semester awal ini adalah dengan bersikap tenang dalam menghadapi segala persoalan yang muncul.

Tetaplah menjadi diri sendiri ketika berinteraksi dengan dunia kampus, baik saat bersosialisasi, menjalankan kegiatan akademis, maupun kegiatan kampus lainnya. Selain itu, carilah teman yang dapat diajak bertukar pikiran dan saling mengingatkan kewajiban kita sebagai mahasiswa.

Keluarlah dari zona nyaman, jangan takut untuk meminta bantuan pada pihak pengurus perguruan tinggi bila diperlukan. Jalin interaksi positif dengan pihak-pihak kampus, seperti dosen, staf penanggung jawab fasilitas kampus, staf bagian kemahasiswaan, dan lain sebagainya, sehingga kita tidak merasa canggung ketika membutuhkan bantuan dari pihak-pihak terkait.

Merencanakan & Menetapkan Tujuan Kuliah

Buaian kebebasan sering kali melalaikan kita akan tujuan utama masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kita menetapkan tujuan dan merencanakan langkah dalam mencapai tujuan perkuliahan yang kita jalani, agar sukses melewati semester awal.

Membuat perencanaan waktu dan kegiatan dapat membantu kita agar tetap disiplin, serta membantu mengantisipasi hal-hal kurang menyenangkan saat menjalankan aktivitas sehari-hari, baik dalam kegiatan akademis, maupun kegiatan kampus lainnya.

Terkadang kita juga dapat merasa kehilangan motivasi untuk melanjutkan kuliah, entah karena jenuh, atau karena merasa kurang mampu. Di sinilah tujuan yang kita tetapkan dapat berperan dalam membangkitkan semangat kuliah. Renungkan kembali tujuan awal saat kita masuk perguruan tinggi, jadikan tujuan tersebut sebagai motivasi bagi diri sendiri untuk bangkit dari keterpurukan.

Penyelarasan Waktu Bersenang-Senang dan Kuliah

Bersenang-senang juga merupakan kunci sukses melewati semester awal saat menjalani masa kuliah. Jadwal studi yang cenderung lebih longgar di bangku kuliah memungkinkan kita untuk memanfaatkan waktu luang untuk bersenang-senang serta mengembangkan kemampuan diri.

Banyak cara untuk bersenang-senang selama kuliah, di antaranya adalah dengan mengikuti kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), aktif dalam organisasi kampus, atau bahkan menyelenggarakan event menarik secara independen bersama teman-teman.

Selain itu, waktu luang di sela-sela perkuliahan juga dapat digunakan untuk melakukan hobi yang pada saat di bangku sekolah sulit dilakukan. Agar lebih menyenangkan, carilah teman yang memiliki ketertarikan pada hobi yang sama, atau bila perlu, buatlah sebuah komunitas. Gunakan kesempatan ini untuk mengembangkan kemampuan kita, siapa tahu hobi kita akan berguna di masa depan.

Walaupun bersenang-senang diperlukan untuk menghindari rasa jenuh dan penat, jangan lupa bahwa kegiatan akademis tetap menjadi prioritas utama. Untuk itu, biasakan menetapkan skala prioritas terhadap kegiatan kampus. Tetapkan aktivitas akademis pada urutan paling atas dan selalu berpegang teguh pada skala prioritas tersebut.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit untuk dilakukan, bukan? Hanya saja, perlu diingat, kunci utama sukses melewati semester awal adalah bagaimana kita melakukan hal-hal tersebut secara disiplin dan konsisten. Selain itu, kondisi kampus yang menunjang juga ikut andil dalam suksesnya perkuliahan kita.

Kampus Menunjang, Jaminan Langsung Kerja

LP3I adalah institusi pendidikan yang sangat berpengalaman. Selama lebih dari 25 tahun, LP3I telah membekali lulusannya dengan keahlian, pengalaman, serta kompetensi dalam dunia kerja. Tiap lulusan LP3I juga mendapat jaminan penempatan kerja sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Selain penempatan kerja, kurikulum yang diterapkan oleh LP3I sesuai dengan standar kompetensi dunia kerja, sehingga para lulusan juga dibekali sertifikasi bertaraf nasional maupun internasional. Hal ini tentu memberikan nilai lebih pada para lulusan LP3I, mengingat bertambah ketatnya persaingan dalam dunia kerja.

Cukup menarik, bukan? Beragam kelebihan tersebut tidak memerlukan biaya mahal. Biaya kuliah di LP3I relatif terjangkau bila dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya. Oleh karena itu, tidak usah ragu untuk mendaftar bila menginginkan segudang bekal bermanfaat bagi dunia kerja. Jadi, tunggu apa lagi? Daftarkan diri di LP3I sekarang juga.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung