fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tips Mengatasi Smartphone yang Basah Kuyup karena Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan intensitas hujan di sejumlah wilayah mulai Minggu 5 Januari 2020 meningkat. Kondisi ini akan berlangsung hingga Jumat, 10 Januari 2020.
Mungkin saat terjadinya hujan lebat, smartphone kamu basah kuyup. Hal ini mungkin saja terjadi saat kamu sedang berada di jalan dan tidak sempat berteduh.
Smartphone adalah perangkat elektronik dengan komponen-komponen di dalamnya yang sangat sensitif terhadap air. Ditambah lagi dengan air hujan yang mengandung asam dan garam.
Jika smartphone kamu basah kuyup karena hujan, jangan khawatir karena hal ini belum tentu merusak smartphone milikmu.
Yuk, ikuti cara mengatasinya dengan enam langkah sederhana berikut ini:
1.       Segerah basuh Smartphone kamu dari air hujan
Semakin cepat kamu membasuh atau mengelap smartphone kamu dari air, kian sedikit pula potensi kerusakan smartphone milikmu. Karena pada umumnya komponen smartphonesangat sensitif terhadap air.
2.       Matikan Smartphone
Matikan segera mungkin smartphone kamu jika masih hidup saat terkena air hujan, untuk menghindari adanya konflik arus listrik terhadap air yang dapat merusak smartphone.
3.       Lepaskan case dan baterai
Biasanya air masih tersimpan di dalam case, maka segera mencopotnya untuk meminimalisir masuknya air ke komponen smartphone.
Jika memungkinkan, kamu bisa mencopot baterai untuk menghindari terjadinya konsleting. Pastikan dalam mencopot baterai dalam kondisi smartphonemati.
4.       Keluarkan simcard
SIM card adalah bagian penting dalam menyimpan kontak yang berharga. Maka segeralah copot SIM Card dari smartphone kamu dan segera keringkan.
5.        Lenyapkan Kelembapan
Untuk mengurangi kelembaban yang terjadi coba kamu goyangkan smartphone secara perlahan yang berfungsi mengurangi kelembaban di permukaan.
Kemudian, ambil handuk untuk mengelap bagian-bagian smartphoneyang lembab.
6.        Mendiamkan Smartphone kamu
Banyak sekali metode untuk mengatasi smartphonekamu yang terendam banjir. Namun cara ini menyarankan kamu untuk membiarkan smartphonemilikmu selama 1-2 hari berada di tempat yang kering sebelum menggunakannya kembali.
Sumber:
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung