fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Jarang yang Tahu, Ini 7 Tips Agar Lolos Seleksi Beasiswa Online

Jarang yang Tahu, Ini 7 Tips Agar Lolos Seleksi Beasiswa Online

Mendapatkan beasiswa adalah sebuah kebanggaan yang tak ternilai. Selain itu, beasiswa dapat meringankan bebanmu secara finansial. Namun, untuk meraihnya, dibutuhkan usaha keras dan trik yang cerdas. Itulah alasan mengapa banyak orang kemudian mencari tips agar lolos seleksi beasiswa.

Namun, tidak banyak yang tahu tujuh rahasia penting yang harus kamu pahami supaya bisa lolos seleksi beasiswa daring alias online. Apa saja sih rahasianya? Mari teguhkan niat untuk menuntut ilmu dan simak tips jitunya di sini.

Mencari Seluruh Kemungkinan Beasiswa

Kamu tidak akan bisa mendapatkan beasiswa jika hanya mengandalkan informasi dari satu sumber saja. Mereka yang sukses mendapatkan beasiswa, bahkan hingga ke luar negeri, selalu gigih mencari informasi dari segala sumber, mulai dari grup Whatsapp, media sosial, Internet, hingga pusat-pusat budaya.

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa, kamu harus rajin mencari semua jenis beasiswa yang sedang dibuka. Daftarkan dirimu dan jangan hanya mengandalkan satu lowongan beasiswa saja.

Menyiapkan Seluruh Berkas

Pendaftaran beasiswa memberikan syarat berkas yang lengkap, mulai dari ijazah hingga curriculum vitae. Pastikan kamu sudah menyimpan semua dokumen dengan baik di satu tempat, sehingga kamu bisa mengambilnya saat dibutuhkan.

Pendaftaran beasiswa biasanya juga mewajibkan kamu untuk mengunggah banyak berkas dalam bentuk PDF. Jangan malas untuk memindai berkas-berkas fisik itu dan buatlah softcopy berkas yang rapi.

Memahami Persyaratan

Ada banyak orang yang tidak lolos seleksi beasiswa karena melupakan tips agar lolos seleksi beasiswayang satu ini. Penyelenggara biasanya memberikan persyaratan yang sangat banyak, sehingga kamu harus teliti dan cermat dalam membacanya.

Budaya malas membaca adalah halangan yang akan melemparmu jauh-jauh dari program beasiswa. Kamu harus rajin membaca setiap rincian yang diberikan sehingga kamu bisa lolos seleksi berkas alias administrasi.

Jarang yang Tahu, Ini 7 Tips Agar Lolos Seleksi Beasiswa Online

Realistis

Apakah kamu ingin mendapatkan beasiswa S2 dengan uang saku besar ke Amerika Serikat? Hampir semua orang tentu menginginkan hal tersebut, tetapi tidak semuanya bisa lolos, karena persaingannya pun sangat ketat.

Sah-sah saja kalau kamu mendaftarkan beasiswa yang persaingannya ketat, selama kamu memenuhi syarat. Namun, kamu juga harus realistis. Apabila kamu merasa bahwa kamu hanya memiliki kemungkinan kecil di sana, maka carilah beasiswa lain yang lebih realistis dan bsia kamu gapai.

Terus Belajar dan Asah Kemampuan

Para peraih beasiswa adalah mereka yang selalu haus ilmu. Untuk bisa menjadi seperti mereka, kamu tidak boleh malas belajar. Kamu harus selalu meningkatkan kemampuan diri dan mempelajari banyak hal yang bermanfaat, terutama bahasa dan pengetahuan umum.

Kemampuan bahasa Inggris sangat penting untuk bisa mendapatkan beasiswa. Bahkan, hampir semua beasiswa kampus di dalam negeri memberikan syarat TOEFL minimal 500. Persaingan kiwari semakin ketat, dan jika kamu tidak segera memoles diri, maka kamu akan tertinggal jauh di belakang.

Jangan ragu untuk mempelajari bahasa asing dan mengambil sertifikasi atas hal itu. Sertifikasi itu akan sangat berguna dalam mencari beasiswa.

Mencatat Jadwal dan Kisi-Kisi

Proses seleksi beasiswa biasanya dibagi dalam beberapa tahap. Ada banyak orang yang gagal bukan karena mereka tidak mampu, tetapi karena mereka tidak teliti membaca jadwal.

Selalu catat jadwal seleksi beasiswa yang ingin kamu raih dan perhatikan seperti apa proses seleksinya. Beberapa jenis beasiswa juga mewajibkanmu untuk melakukan daftar ulang secara langsung, jadi, pastikan kamu sudah tahu di mana kamu harus mendaftarkan ulang dirimu dan apa saja yang harus dipersiapkan.

Selain itu, carilah kisi-kisi mengenai apa saja yang akan membantumu untuk lulus dalam seleksi beasiswa. Carilah blog yang ditulis oleh para alumni awardee beasiswa, kalau perlu tanyakanlah kepada teman-temanmu yang sudah pernah mendapatkan beasiswa. Pengalaman mereka akan sangat berharga untuk membantumu mempersiapkan diri.

Memahami Keinginanmu

Mengejar beasiswa sebaiknya didasari keinginan untuk mengejar ilmu dan memberikan manfaat bagi dirimu sendiri dan bagi orang lain.

Sebelum mendaftarkan diri ke sebuah beasiswa, tanyakan kepada dirimu, apakah kamu menginginkannya? Apakah beasiswa itu cocok untukmu? Ataukah kamu mendaftarkan diri hanya karena ingin ikut-ikutan teman.

Peraih beasiswa harus memahami mimpinya dan tidak sekadar ikut-ikutan. Beasiswa memberikanmu tanggung jawab moral yang besar, sehingga kamu harus sudah merencanakan beasiswa jurusan apa yang ingin kamu ambil, di universitas bahkan di negara mana.

Jika kamu sudah membuat daftar tentang hal itu, akan lebih mudah bagimu membuat perencanaan untuk membuat essay yang menarik serta menghadapi proses wawancara beasiswa yang biasanya menjebak.

Sekarang kamu sudah tahu tips agar lolos seleksi beasiswa online dengan mudah. Kini, saatnya untuk mendaftarkan dirimu ke lembaga pendidikan terbaik LP3I untuk membuatmu menjadi tunas bangsa yang berkualitas. LP3I memberikan pendidikan terbaik dan mencetak lulusan yang siap kerja dan siap untuk menuntut ilmu lanjutan setinggi mungkin. Bahkan, kamu bisa mendapatkan beasiswa jika kamu berprestasi dan memiliki nilai tinggi. Bangun kualitas dirimu dengan menerapkan tips agar lolos seleksi beasiswa online dan daftarkan diri ke LP3I. Hubungi kami melalui nomor +62 812-9078-0050 atau klik pada tombol di bawah

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami