fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa Jadi Teller Bank?

Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa Jadi Teller Bank?

Beberapa orang menganggap bahwa prospek kerja jurusan akuntansihanya menjadi teller bank. Padahal, ada banyak sekali pekerjaan yang bisa diraih oleh seorang sarjana ekonomi dari jurusan akuntansi lho. Kamu bisa bekerja di kementerian, di perusahaan swasta, bahkan membuka usaha sendiri.

Jika kamu adalah orang yang sangat teliti, analitis, dan suka bergelut dengan angka-angka di sektor keuangan, jurusan akuntansi sangat cocok untuk dipilih. Prospek kerja lulusan akuntansi sangat luas. Bukan hanya sekadar bekerja di bank, berikut ini adalah beberapa pilihan karier yang bisa kamu ambil setelah lulus dari jurusan tersebut.

Auditor

Profesi ini bertugas untuk mengaudit laporan keuangan. Jika kamu bekerja sebagai internal auditor dalam sebuah perusahaan, kamu wajib untuk memeriksa keuangan perusahaan itu secara berkala. Namun, apabila kamu bekerja di kantor akuntan publik, kamu bisa mengaudit lebih dari satu perusahaan.

Pekerjaan sebagai auditor cukup berat dan butuh ketelitian. Ada banyak auditor yang harus rela lembur saat peak season. Namun, gaji profesi ini cukup menggiurkan dan prospek kariernya sangat baik.

Apakah kamu memiliki passion alias minat tinggi dalam audit keuangan? Segera pilih jurusan akuntansi. Profesi auditor akan selalu dibutuhkan, terutama oleh kantor-kantor akuntan publik.

Perencana Keuangan

Profesi perencana keuangan sangat dicari oleh para kaum post-milenial. Bagi mereka, perencanaan keuangan sangat penting untuk bisa memenuhi kebutuhan dan mencapai target tertentu, seperti mampu membeli rumah atau berinvestasi saham misalnya.

Para perencana keuangan bisanya adalah lulusan dari jurusan akuntansi atau manajemen. Namun, kamu tidak bisa asal mengklaim dirimu sebagai perencana keuangan setelah lulus. kamu wajib mengambil sertifikasi hingga mendapatkan gelar Certified Financial Planner (CFP).

Sertifikasi ini penting agar kamu terhindar dari segala pelanggaran aturan OJK dan peraturan keuangan lainnya, seperti layaknya kasus sebuah jasa perencana keuangan yang belum lama menghebohkan media sosial di Indonesia.

Jurusan Akuntansi: Cuma Bisa Jadi Teller Bank?

Analis Keuangan

Para analis keuangan bertugas untuk menilai apakah sebuah keputusan keuangan layak untuk diambil atau tidak. Profesi ini penting agar individu atau perusahaan tidak mengambil langkah yang ceroboh dan membuat mereka menjadi rugi dari sisi finansial.

Layaknya perencana keuangan, kamu juga harus memiliki Chartered Financial Analyst untuk bisa menjadi analis keuangan resmi. Namun, lebih sulit daripada profesi-profesi sebelumnya, kamu harus memiliki pengalaman kerja setidaknya selama empat tahun di bidang keuangan.

Analis Kredit

Sebagai seorang analis kredit, kamu bertugas untuk memeriksa apakah seorang nasabah layak mengajukan kredit ataupun tidak. Analisis didasarkan pada pendapatan nasabah, jumlah orang yang ia tanggung, beban kredit lain, dan komponen-komponen lain yang hanya dapat dipahami oleh seorang lulusan akuntansi.

Analis kredit bisa bekerja di sebuah perusahaan khusus kredit atau bekerja di bank.

Akuntan Publik

Akuntan publik bertugas untuk memeriksa laporan keuangan perusahaan, memberikan konsultasi terkait keuangan, laporan pajak, dan sebagainya. Hal-hal yang diurus oleh seorang akuntan jauh lebih luas daripada auditor.

Untuk menjadi seorang auditor, kamu tidak memerlukan sertifikasi setelah lulus. Namun, untuk menjadi seorang akuntan, kamu harus menempuh sertifikasi lanjutan untuk menjadi Certified Public Accountant.

Tips untuk Sukses di Jurusan Akuntansi

Ada banyak sekali kemungkinan karier yang bisa kamu raih saat memilih jurusan akuntansi. Namun, sebelum memilih jurusan ini, perhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

  • Kamu harus siap bekerja di bawah tekanan, karena semua pekerjaan terkait keuangan menuntut konsentrasi lebih dan jam kerja yang cukup panjang.
  • Kamu harus teliti. Kecerobohan akan memberikan akibat fatal dalam perencanaan maupun audit keuangan.
  • Seorang mahasiswa akuntansi harus menyukai angka dan rumus. kamu akan bergelut dengan hal itu seumur hidup apabila memilih jurusan ini.

Jika kamu sudah yakin dengan jurusan ini, saatnya untuk memilih kampus yang berkualitas. LP3I bisa menjadi pilihan kampus terbaik untuk kamu yang ingin berkarier di bidang akuntansi.

Telah berdiri sejak 1989, LP3I mencetak para lulusan yang siap terjun ke dunia kerja. Daftarkan dirimu sekarang juga melalui tombol di bawah atau hubungi +62 812-9078-0050. Raih masa depan yang gemilang bersama LP3I.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami