fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Skill Paling Dibutuhkan dan Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini

Skill Paling Dibutuhkan dan Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini

Memiliki ijazah dan mendapatkan gelar sarjana adalah impian semua orang. Karena setelah lulus mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah di perusahaan impian. Sayangnya anggapan itu sudah tidak sepenuhnya benar untuk dunia kerja saat ini.

Saat ini perusahaan tidak hanya melihat seseorang dari ijazah dan kampus mana mereka akhirnya lulus. Perusahaan juga melihat seseorang dari kemampuan atau skill yang dimiliki saat itu. Kalau kemampuan yang dimiliki rendah, buat apa melakukan perekrutan tenaga kerja.

Perusahaan mulai melihat kemampuan seseorang lebih besar dan soft skill lain yang dimiliki. Kalau secara kemampuan sudah hebat, mereka bisa dengan mudah melakukan pekerjaan dan membantu perusahaan berkembang.

Nah, contoh kemampuan atau skill paling dibutuhkan oleh perusahaan bisa Anda simak di bawah ini. Pelajari dengan saksama ya agar bisa segera dipraktikkan.

Skill Paling Dibutuhkan dan Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini - blog 1

1. Komunikasi dengan Baik

Kemampuan komunikasi yang baik mutlak dimiliki oleh seseorang yang ingin mendapatkan pekerjaan. Komunikasi ini bisa dilihat dengan mudah saat sedang wawancara kerja. Kalau seseorang tidak bisa berkomunikasi dengan baik, kemungkinan besar mereka akan grogi dan sering salah.

Kemampuan komunikasi sangat penting dimiliki oleh calon pegawai karena saat bekerja mereka tidak akan sendirian. Semua orang yang ada di perusahaan mulai dari kolega sampai atasan akan melakukan komunikasi terkait dengan pekerjaan atau hal kecil lainnya.

Kalau kamu tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, kira-kira apa yang akan terjadi. Bisa saja terjadi kesalahpahaman saat melakukan komunikasi apalagi terkait pekerjaan. Akan lebih kacau kalau sampai salah dan menimbulkan kerugian yang besar.

Skill Paling Dibutuhkan dan Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini - blog 2

2. Bekerja Sama dengan Kelompok

Ada dua tipe orang kalau dilihat dari kemampuannya dalam melakukan kerja sama. Pertama orang yang sama sekali tidak bisa melakukan kerja sama dengan baik. Meski secara kemampuan dia hebat, kerja sama tidak bisa dilakukan karena dia merasa tidak nyaman atau sulit bertukar pikiran.

Tipe kedua adalah mereka yang mudah bekerja sama dengan orang lain. Bertukar pandangan dan pikiran adalah kemampuan mereka sehingga menghasilkan sesuatu yang baik dan bisa diterima semua orang.

Perusahaan suka sekali dengan orang yang berada pada kelompok kedua. Kalau kamu tidak memiliki kemampuan bekerja sama dengan baik, bagaimana dengan kelancaran bisnis perusahaan. Padahal untuk menjalan sebuah perusahaan, semua hal harus bekerja sama dan membentuk sistem.

Sehebat apa pun kamu kalau tidak bisa tergabung dalam sistem akan sulit diterima perusahaan. Apalagi ideologinya terlalu tinggi sehingga apa yang dilakukan harus sesuai dengan keinginannya.

Skill Paling Dibutuhkan dan Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini - blog 3

3. Menganalisis dan Memecahkan Masalah

Menganalisis dan memecahkan masalah juga merupakan skill penting dan dicari oleh dunia kerja. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya perusahaan bisa berjalan dengan memecahkan masalah dari masyarakat. Kalau kemampuan itu tidak ada, dari mana penghasilan bisa didapatkan.

Kita ambil contoh saja perusahaan yang memproduksi banyak produk fesyen anak muda kekinian. Karena setiap bulan atau tahun ada tren baru yang muncul, pembaruan juga harus dilakukan. Jika tidak akan tergerus oleh kompetitor. Nah, ilustrasi ini adalah masalah dan penyelesaiannya adalah memperbarui desain.

Contoh lain dalam hal pemasaran digital. Perusahaan tidak tahu target marketnya siapa saja dan di mana harus melakukan promosi. Tugas kamu adalah menyelesaikan masalah ini dengan menganalisis dan memaparkan data. Kalau hal seperti ini sulit dilakukan, kemungkinan dilirik perusahaan akan kecil.

4. Adaptasi dengan Cepat

Lingkungan pekerjaan tentu berbeda dengan lingkungan saat kamu sedang kuliah atau di rumah. Perbedaan ini ada yang menyulitkan seseorang dan ada yang tidak sama sekali. Mereka yang tidak mengalami kesulitan dengan lingkungannya berarti mudah sekali melakukan adaptasi.

Perusahaan menginginkan pekerja yang mudah sekali melakukan adaptasi. Kemampuan menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan akan memudahkan visi dan misi ikut dijalankan oleh pekerja. Kalau kemampuan adaptasi sangat rendah, mereka tidak akan bertahan lama. Perusahaan tidak mau hal seperti ini terjadi apalagi harus tambal sulam pegawai setiap bulannya.

Lebih baik mencari yang mudah beradaptasi sejak awal. Dengan begitu tidak akan ada masalah pada pekerjaan kalau sedikit-sedikit harus ada yang mengundurkan diri.

5. Belajar dengan Cepat

Perusahaan dan apa yang ada di dalamnya tidak statis dan selalu sama setiap saat. Pada kondisi tertentu akan ada perubahan yang sifatnya dinamis dan akan berdampak pada semua orang. Nah, agar dampak ini tidak terlalu besar atau bisa dimanfaatkan dengan baik seseorang harus mau mempelajari hal-hal baru.

Perusahaan suka sekali melirik pegawai yang suka mempelajari hal baru dengan cepat. Pegawai jenis ini adalah aset karena mereka akan terus memperbarui ilmunya kapan pun diminta oleh perusahaan. Kalau pegawai tidak mau belajar dan terus bersembunyi pada zona nyaman, perubahan baik akan sulit terjadi.

6. Manajemen Waktu

Manajemen waktu menjadi sangat krusial karena pekerjaan yang diberikan perusahaan tidak sedikit. Kalau manajemen waktu yang dimiliki buruk, kemungkinan besar pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu. Semua yang diberikan akan kacau sehingga perusahaan bisa mengalami kerugian.

Memiliki manajemen waktu yang baik bisa membuat kamu lebih mudah dalam hal mengerjakan apa pun. Dengan waktu yang diberikan, kamu bisa menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan dengan baik serta mampu membuat prioritas pada pekerjaan yang dilakukan.

Skill Paling Dibutuhkan dan Kemampuan yang Paling Dicari di Dunia Kerja Saat Ini - blog 4

7. Public Speaking Mumpuni

Apakah kemampuan komunikasi saja cukup dimiliki seseorang agar dilirik perusahaan? Jawabannya adalah tidak. Pasalnya kamu juga dituntut untuk bicara di depan banyak orang. Itulah kenapa public speaking juga penting agar kamu semakin bernilai di depan para perekrut kerja.

Memiliki kemampuan public speaking yang baik bukan berarti kamu harus menjadi seorang MC atau pemandu acara ya. Saat berada di dalam perusahaan, kamu pasti akan bertemu klien untuk melakukan presentasi atau melakukan rapat dan melaporkan pekerjaan di hadapan banyak orang.

Kalau kemampuan bicara di depan banyak orang belum dikuasai, akan sulit untuk berkembang. Kamu mungkin bisa masuk ke dalam perusahaan, tapi kemungkinan naik jabatan setingkat dengan manajer akan sulit terjadi.

Inilah beberapa kemampuan atau skill paling dibutuhkan oleh perusahaan dewasa ini. Kalau kamu merasa belum memiliki semuanya, pelajari satu per satu saat ini juga sebelum terlambat. Dengan begitu kamu bisa memiliki nilai tambah saat melamar pekerjaan.

Kalau saat ini kamu masih mau kuliah dan ingin lulus dengan berbagai kemampuan yang dibutuhkan, kenapa tidak kuliah di LP3I saja. Berbagai jurusan yang ditawarkan di sini sangat aplikatif untuk dunia kerja saat ini dan peluang kamu meningkatkan skill akan besar.

Apalagi kampus dari LP3I ada di beberapa kota besar di Indonesia. Kamu bisa kuliah jenjang D3 sampai S1 dengan program unggulan. Setelah lulus bisa langsung kerja karena skill aplikatifnya sudah mumpuni. Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!