fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pilihannya Beragam, Selain Kuliah Apa yang Dilakukan Setelah Lulus SMA, sih?

Pilihannya Beragam, Selain Kuliah Apa yang Dilakukan Setelah Lulus SMA, sih?

Selain kuliah, apa yang dilakukan setelah lulus SMA?

Hingga saat ini kuliah masih jadi pilihan paling umum dilakukan banyak orang selepas menyelesaikan pendidikan SMA. Coba deh kamu tanya pada teman-teman sekelas, bisa dipastikan lebih dari 90% menjawab ingin langsung lanjut kuliah. Mulai dari kuliah di PTN bonafide, PTS, sekolah tinggi, politeknik, hingga akademi. Intinya satu: bisa punya ijazah selain ijazah SMA.

Kalau mau ditelaah lagi, pilihan setelah lulus SMA sebetulnya bukan hanya kuliah. Ada banyak faktor yang membuat seseorang menimbang-nimbang perlu tidaknya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi saat ini. Bisa jadi karena faktor finansial, situasi kondisi yang tidak mendukung, atau asyik menekuni bidang yang digemari.

Pada akhirnya, setiap orang punya cara untuk membuat jalan sendiri menuju sukses. Kendaraan untuk tiba di tujuan itulah yang berbeda-beda. Ada yang memutuskan kuliah, ada pula yang mengambil keputusan dengan tidak berkuliah. Semua langkah itu sama-sama bisa membantu kamu sukses selama dibarengi tekad dan komitmen kuat, berikut kemauan bekerja keras.

Maka, inilah 5 pilihan lain terkait apa yang dilakukan setelah lulus SMA.

Menjalani bisnis sendiri

Berapa banyak di antara kamu yang sudah coba bisnis kecil-kecilan sejak duduk di bangku SMA? Ya, bisnis online memang sedang tren saat ini. Siapa saja bisa mulai berbisnis dari rumah, sekalipun kamu masih anak SMA. Mungkin juga kamu coba membantu orang tua dengan mempromosikan barang atau jasa yang mereka hasilkan secara online.

Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah konsistensi, ketekunan, dan pantang menyerah. Sudah banyak kisah pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya sejak lulus SMA. Cerita keberhasilan mereka tentu bisa jadi inspirasi bagimu untuk mengambil jalan serupa kan? Belum terlambat kok untuk memulainya sekarang.

Tinggal kamu memilih mana bidang yang kamu sukai, mulai dari makanan, fashion, hobi, hingga elektronik. Pasti lebih mudah menjalani bisnis jika kamu suka pada produk atau jasa yang ditawarkan. Cek juga bagaimana kesiapan modal yang ada. Kabar baiknya, modal terbatas pun kamu tetap bisa mulai berbisnis, seperti jadi reseller atau dropshipper. Jadi, kamu tertarik bisnis apa nih?

Langsung bekerja

Bekerja bisa jadi opsi apa yang dilakukan setelah lulus SMA, tetapi jenis pekerjaannya terbatas. Rata-rata bergerak di sektor swasta dengan jenis pekerjaan bersifat administrasi, klerikal, atau banyak mengandalkan tenaga fisik. Contoh, helper atau office boy, pelayan, buruh atau operator pabrik, customer service, penjaga toko, cleaning service, dan bagian administrasi.

Namun, ketika kondisi finansial keluarga tidak memberi kamu banyak pilihan, maka bekerja apa saja asal halal jadi langkah paling bijak. Keinginan membiayai hidup sendiri tanpa membebani orang tua pasti jadi motivasi. Apalagi, kalau gajimu nanti bisa menopang sebagian kehidupan keluarga.

Jika kamu mengambil pilihan ini, jangan berkecil hati. Selama kamu mampu menjaga sikap, mau belajar, dan bekerja keras, bukan tidak mungkin peluang untuk berkembang terbuka. Coba sisihkan sebagian penghasilanmu untuk biaya kuliah nantinya. Banyak kok perguruan tinggi yang membuka kelas karyawan. Dengan berijazah minimal D3, kariermu ke depannya lebih terjamin.

apa yang dilakukan setelah lulus SMA - blog 1

Menekuni profesi kekinian

Sampai lima tahun lalu, pernahkah kamu berpikir untuk jadi youtuber atau vlogger? Tambahkan profesi ini, social media specialist alias selebgram yang rajin endorse produk ini dan itu, lengkap dengan jutaan follower akun media sosialnya. Ada pula blogger yang rajin ikut gathering dan menuliskan review tentang banyak hal. Modal koneksi internet dan konten unik, kamu bisa menghasilkan uang!

Ada lagi, food stylist yang hobi “mendandani” makanan untuk difoto. Sementara, make up artist cocok untuk kamu yang piawai menghias diri dan bisa meraup penghasilan menggiurkan. Bagi penggemar IT, menjadi programmer atau web developer pun bisa memperoleh pendapatan senilai hampir satu kali gaji karyawan per proyek. Jangan lupa content writer yang membuat tulisanmu bisa berubah jadi uang.

Semua profesi kekinian itu bisa jadi alternatif apa yang dilakukan setelah lulus SMA. Kamu hanya perlu memupuk niat untuk belajar dan konsisten melakoni profesi tersebut. Percaya deh, di situ ada kemauan, pasti ada jalan untuk mewujudkannya. Berminat mencoba salah satu profesi tersebut?

apa yang dilakukan setelah lulus SMA - blog 2

Eksplorasi diri selama gap year

Gap year atau menunda kuliah selama satu tahun belum begitu populer di Indonesia. Kebanyakan mereka yang memutuskan ambil gap year pun lantaran tidak diterima kuliah di PTN. Padahal, langkah ini justru biasa dilakukan di berbagai universitas terkenal Amerika Serikat. Harapannya, dengan menunda kuliah satu tahun, kamu terdorong melakukan berbagai kegiatan positif untuk mengenal diri sendiri.

Contoh, kamu bisa mengikuti kursus keterampilan yang belum terealisasi akibat kesibukan sekolah, seperti bahasa asing, animasi, programming, memasak, atau menjahit. Masukkan juga aktivitas sebagai relawan di berbagai komunitas untuk mengasah kepekaan sosial terhadap lingkungan. Jika ada dana lebih, boleh juga traveling ke berbagai kota guna memperkaya pengalaman.

Boleh dibilang, investasi waktu seperti gap year ini membukakan matamu pada berbagai macam pilihan hidup di masa depan. Mencoba melakukan satu per satu bisa membuatmu semakin yakin dalam mengambil keputusan kuliah atau tidak. Bagaimanapun juga, hidup yang kamu jalani bergantung pada tanganmu sendiri kan?

Menikah muda

Suka tidak suka, tren menikah muda memang naik daun beberapa tahun belakangan. Ya, boleh-boleh saja sih, tetapi yakinkah kamu siap menghadapi kenyataan hidup pasca menikah? Jangan-jangan selama ini kamu lebih banyak membayangkan yang indah dan enak saja saat bicara soal pernikahan?

Menikah itu benar-benar menjadi babak baru dalam kehidupan kamu. Sejak menyandang status suami/istri, kamu tidak lagi jadi pribadi sama. Ada kewajiban melekat pada dirimu sebagai pasangan, berikut komitmen seumur hidup yang terikat dalam janji pernikahan. Susah senang, suka duka, semua harus kamu telan mentah-mentah. Bukan seperti orang pacaran, kalau bosan minta break, tidak cocok atau tidak sayang minta putus.

Selain siap jadi orang tua, kamu juga harus siap lahir batin menghadapi berbagai macam permasalahan orang dewasa. Mulai dari finansial, tagihan dan cicilan, masalah keluarga, hingga soal membesarkan anak. Jadi, pastikan kamu benar-benar punya pertimbangan matang sebelum memutuskan menikah selepas lulus SMA.

apa yang dilakukan setelah lulus SMA - blog 3

Kuliah tepat dan cepat kerja di LP3I

Adakah pilihan apa yang dilakukan setelah lulus SMAversi kamu? Mana pun yang kamu pilih, selama dijalani sepenuh hati tanpa paksaan, tentu akan lebih mudah bagimu sendiri. Namun, jika kamu berpikir untuk menggabungkan beberapa pilihan, boleh jadi ini jawabannya: kuliah tepat dan cepat kerja di LP3I.

Berpengalaman dalam bidang pendidikan vokasi lebih dari 28 tahun, lulusan LP3I terbukti menjadi tenaga kerja siap pakai yang bisa mengisi kebutuhan dunia industri dan usaha Indonesia. Tidak hanya mengantongi ijazah, lulusan LP3I juga punya sertifikat kompetensi sesuai bidang keahlian yang ditekuni.

Jelas bahwa LP3I merupakan tempat kuliah terbaik untuk mengembangkan kompetensi diri, menimba ilmu sekaligus pengalaman kerja, dan membangun networking. Jadikan LP3I sebagai pilihan pertama kuliah tepat dan cepat kerja. Yuk, segera daftarkan dirimu melalui web LP3I sekarang!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!