fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Panduan Lengkap Persiapan Perkuliahan 2020

Panduan Lengkap Persiapan Perkuliahan 2020

Menjalani perkuliahan di tahun 2020 ini tentu akan berbeda dari sebelumnya. Prosedural normal seperti biasanya yang sudah tertanam dalam kultur dunia pendidikan kita pun akan mengalami perubahan besar dikarenakan krisis yang mendunia disebabkan oleh pandemi COVID-19. Namun, sebagai generasi kuat yang tak urung myerah dalam menggapai impian dan cita, segala jenis perubahan yang ada bukanlah masalah selama kita dapat memahami apa saja yang perlu diurus terkait persiapan perkuliahan 2020.

Segala sesuatunya dapat dijalani dengan baik jika persiapannya baik pula. Apapun yang dipersiapkan dengan baik tentu akan mengahsilkan sesuatu yang lebih terarah, lebih siap, dan lebih matang.
Dalam hal ini, persiapan yang matang merupakan salah satu kunci keberhasilan. Bagi kalian yang sedang mempersiapkan untuk melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi dalam waktu dekat, tentu menyimak informasi mengenai persiapan perkuliahan 2020 merupakan hal yang perlu diketahui dari sekarang.

Beberapa Informasi Penting Sebagai Panduan Persiapan Perkuliahan 2020

Ditengah kondisi pandemi sekarang ini, dapat diprediksikan bahwa kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi pun akan menerapkan sistem perkuliahan daring. Apa sebenarnya kuliah daring ini? Banyak sekali informasi yang hangat diperbincangkan terkait kuliah daring sebagai akibat pencegahan penyebaran virus Covid-19. Apa yang dimaksud dengan kuliah daring? Dan bagaimana dampaknya dengan persiapan perkuliahan 2020?

                Pada prinsipnya, kuliah daring sendiri berarti kuliah dengan segala kegiatan yang dilakukan secara online. Hal ini tentu berkaitan dengan penerapan social distancing guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang tengah melanda semua negara di seluruh penjuru dunia.

Namun, diberitakan juga terkait penerapan skenario ‘New Normal’ dalam aktivitas belajar mengajar di perguruan tinggi. Sebagaimana dipaparkan oleh Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, New Normal sendiri adalah perubahan kebiasaan yang berkaitan dengan kelakuan kita untuk bisa tetap menjalankan aktivitas secara normal namun tetap dilengkapi dan dipersenjatai dengan perlindungan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan dan penyebaran virus COVID-19 (Adisasmita, 2020).

Apa saja sekiranya persiapan perkuliahan 2020 yang perlu diketahui oleh para pelajar tangguh Indonesia untuk mulai memasuki jenjang studi di perguruan tinggi di tengah–tengah pandemiini? Mari simak informasinya berikut, dan mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Baca juga: Pentingkah TRY OUT? Ini dia 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Try Out! 

1. Siapkan mental yang kuat

Bisa jadi kebanyakan kegiatan perkuliahan akan dilakukan secara mandiri di tengah – tengah masa krisis pandemi ini. Mental yang kuat untuk dapat belajar mandiri adalah salah satu persiapan perkuliahan 2020yang wajib dipersiapkan secara matang.

2. Siapkan pengetahuan terkait analisis kondisi dari kampus yang dituju

Analisis terkait aturan pelaksanaan kegiatan perkuliahan secara normal maupun online. Hal ini harus diketahui dari sekarang sehingga saat perkuliahan dimulai kelak, tidak ada lagi tindakan tidak siap atau tidak tanggap yang dapat merugikan para mahasiswa itu sendiri. Sebagai salah satu persiapan perkuliahan 2020, mulailah lebih aktif dalam membuka situs universitas yang dituju untuk dapat mengetahui informasi lengkapnya.

3. Lakukan pengamatan dan perbandingan

Ketahui mana kiranya kampus – kampus di Indonesia yang memberlakukan aturan dan ketentuan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi yang memberikan penerapan yang efektif bagi para mahasiswa untuk bisa belajar dengan efektif.

4. Mulai menghitung anggaran yang akan diperlukan

Hal ini bukanlah prioritas utama persiapan perkuliahan 2020, namun tak bisa dipungkiri bahwa tanpa biaya yang cukup, melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi pun akan terhambat. Jika memang anggaran yang dimiliki tidak cukup, mulailah berorientasi untuk mengejar beasiswa. Banyak sekali beasiswa dalam dan luar negeri yang ditawarkan bagi pelajar Indonesia yang berkompeten. Siapkan dari sekarang segala jenis persyaratan yang dibutuhkan.

5. Terus mengasah kemampuan diri dengan berbagai pelatihan online dari sekarang

Manfaatkan dan berdayakanlah katru prakerja sebagai bantuan subsidi pemerintah bagi para pelajar untuk dapat terus mengasah kemampuan dan keterampilan melalui berbagai platform pendidikan online sebagai bentuk upaya persiapan perkuliahan 2020.

Diatas adalah 5 jenis informasi terkait upaya persiapan perkuliahan 2020 yang dapat mulai dilakukan dari sekarang oleh para pelajar Indonesia yang akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi di tahun 2020 ini.

Selain itu, jangan lupa untuk mulai mempersiapkan diri terkait jurusan mana yang akan dituju sesuai dengan minat dan bakat kalian. Hal ini dapat diketahui dengan mudah dengan semakin banyaknya test psikometrik online yang juga dapat diakses secara gratis.

Banyak sekali upaya persiapan perkuliahan 2020 yang bisa ditempuh dari sekarang. Social distancing ditengah pandemi COVID-19 bukanlah kendala bagi kalian untuk terus berjuang menggapai asa menjadi pribadi yang lebih maju dengan mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Permasalahannya sekarang adalah, sejauh mana kalian mau berjuang untuk bisa mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi. Sejauh mana minat dan usaha kalian untuk menjadi generasi muda dengan wawasan yang luas di tengah pandemi ini.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung