Share

LP3I Melakukan Kerjasama dengan Nanoedu Techno dalam Penyediaan dan Penyaluran Tenaga Kerja Indonesia ke Jepang

Kerjasama 1

Pada 1 Oktober 2021, LP3I melakukan kerjasama dengan Nano Edu Techno dalam hal penyediaan dan penyaluran tenaga kerja Indonesia ke Jepang. Perjanjian kerjasama tersebut dikukuhkan pada kegiatan “Penandatanganan MoU Kerjasama Pelatihan dan Pengiriman Specified Skill Worker Indonesia ke Jepang dan Pendirian Tokutei Ginou Center Indonesia (Pusat Pelatihan dan Pengiriman Tenaga Kerja Terampil Indonesia)” di Politeknik LP3I Jakarta, yang diselenggarakan secara daring dan luring.

Kegiatan ini dihadiri oleh pihak LP3I dan Nano Edu Tecno yakni Nur Harris Effendi dari Divisi Kerjasama Internasional LP3I, Krisna Sjarif (Komisaris Independen Nano Indonesia Global); Prof. Dr. Setyo Purwanto, M. Eng. (Dewan Pengawas Nano Center Indonesia), Suryandaru (Ketua Yayasan Nano Edu), Farida Ningsih, S.Pd. (Managing Director Nanoedu Cheria Internasional), Pak Cheriatna (Direktur Utama Nanotech Niaga Nusantara), dan Pak Ahmad Husaini (Direktur Oprasional Nanoedu Cheria Internasional.

Kerjasama Blog 1

Keterlibatan LP3I dalam kerjasama selain sebagai mitra strategis bagi LKP dalam pelatihan dan penempatan tenaga kerja di Jepang, juga menjadi mitra strategis bagi pemerintah (BP2MI) dalam hal penempatan kerja di luar negeri. Hal ini dapat menguatkan brand LP3I di level nasional dan internasional sebagai institusi pendidikan vokasi dan penempatan tenaga kerja terampil di tingkat nasional dan internasional. Manfaat lain yang didapat atas kerjasama ini adalah LP3I akan menjadi Pusat Pelatihan Tenaga Terampil untuk lapangan kerja di Jepang, serta menjadi Pusat Pelaksanaan Test Sertifikasi yang dapat mengeluarkan COE (Certificate of eligibility – Sertifikat Kelayakan Kerja) bagi tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di Jepang.

Program pelatihan persiapan dan penempatan kerja di Jepang tersebut akan dilakukan melalui cabang/kampus LP3I di seluruh Indonesia dilakukan selama 5 (lima) tahun. Hal tersebut membantu Nano Techno dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Jepang dan membantu memperluas jaringannya di Indonesia. 

Tujuan yang dikejar dari kegiatan kerjasama antara LP3I dan Nano Techno adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pelatihan bahasa, mempersiapkan softskill dan keterampilan kerja kepada para lulusan tingkat SMA / SMK dan sederajat dan lulusan LP3I yang ingin bekerja dan mencari pengalaman hidup, mempelajari budaya kerja Jepang.
  • Menyediakan lapangan kerja di Jepang sejumlah 350.000. Pemerintah Jepang secara resmi memberikan kesempatan tersebut untuk para pekerja asing terutama dari Asia.
  • Menjadi alternatif bagi LP3I dalam program penempatan kerja yang telah menjadi moto institusinya untuk menempatkan kerja tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri
  • Menjadi pembuktian bagi LP3I bahwa LP3I selalu menjadi institusi terdepan membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan membantu angkatan kerja menjadi SDM produktif yang dapat berkontribusi bagi kesejahteraan keluarga dan bangsanya.

LP3I berpendapat bahwa ini adalah kesempatan yang baik bagi LP3I untuk memperluas jaringan penempatan kerjanya secara serius ke tingkat internasional sehingga LP3I dapat menjadi institusi pendidikan vokasi yang terdepan, terdepan dalam hal mencetak tenaga terampil dan sekaligus membantu mereka mendapatkan pekerjaan baik di level nasional maupun internasional. 

Kerjasama Blog 2

Harapannya adalah bahwa kerjasama LP3I dan Nano insya Allah akan dapat berjalan dengan baik karena didukung oleh cabang-cabang LP3I yang luas di Indonesia dan dukungan link, jaringan, serta akses Nano yang besar di Jepang,” ujar pihak Nano Techno ketika diwawancarai.

Share

Trending

syarat dan ketentuan terbaru
syarat dan ketentuan terbaru
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami