fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kupas Tuntas Program Studi Engineering yang Ada di LP3I dan Prospek Kerjanya

Kupas Tuntas Program Studi Engineering yang Ada di LP3I dan Prospek Kerjanya

Engneering sendiri adalah ilmu yang sudah ada sejak beradad – abad yang lalu. Mereka memiliki kemampuan untuk menerapkan ilmu sains ke kehidupan nyata. Beberapa cabang engineering atau teknik diantaranya ada, teknik otomotif, teknik alat berat dan lain – lain.

Program studi teknik juga memiliki banyak peminat. Secara kasar, kamu akan mempelajari banyak perhitungan serta aplikasi dan praktik teori. Dibutuhkan komitmen yang kuat untuk memberikan dedikasi, waktu dan usaha dalam program studi ini.

Menanggapi hal tersebut LP3I hadir dengan pendidikan vokasinya untuk menjadikan kamu lulusan yang paham akan teori – teori teknik, dan juga mampu mempraktikannya saat bekerja. Tertarik? Mari simak ulasan program studi engineering di LP3I berikut.

Tentang Institusi LP3I

LP3I adalah perguruan tinggi swasta yang menerapkan sistem pendidikan vokasi atau berfokus pada latihan berbasis praktek. Sehingga, saat kamu berkuliah di LP3I, kamu akan mendapatkan 70% praktek dan 30% teori. Hal tersebut akan menjadikanmu lulusan dengan gelar ahli madya atau vokasi. Selain itu, LP3I sendiri sudah ada di Indonesia selama 31 tahun dan tersebar di hampir seluruh provinsi Indonesia.

Kurikulum LP3I

Kurikulum LP3I disesuaikan dengan permintaan sumber daya manusia yang berkualitas dalam teori maupun praktik. Dengan pengajar – pengajarnya yang merupakan seorang praktisi ahli serta berpengalaman pada bidangnya. Selain itu, LP3I juga menghadirkan program magang yang akan memberikanmu pengalaman kerja nyata. Ada juga program Training Soft Skill untuk meningkatkan kualitas diri mahasiswanya.

Jenjang Pendidikan LP3I

Pendidikan 2 tahun siap kerja, dengan syarat kelulusan berupa laporan karya ilmiah dan menyelesaikan praktik kerja, output program berupa sertifikasi profesi.

D3 dengan masa kuliah 6 semester atau 3 tahun dengan ouput program berupa ijazah D3. Ijazah D3 tersebut dapat dicapai dengan syarat kelulusan berupa menyelesaikan praktik kerja dan menulis laporan karya ilmiah.

Dengan masa kuliah 4 tahun, gelar ini biasa disetarakan dengan program sarjana yaitu D4. Perbedaannya, D4 lebih fokus pada ilmu terapan sehingga sering disebut dengan sarjana terapan. Adapun syarat kelulusan D4 adalah menyelesaikan praktik kerja dan menulis laporan karya ilmiah, sehingga menghasilkan program output berupa ijazah D4.

Pada artikel ini, mari kupas tuntas salah satu Tribe di LP3I, yakni Tribe Engineering beserta program – program studinya, berikut ini.

Kupas Tuntas Program Studi Engineering yang Ada di LP3I dan Prospek Kerjanya

Tribe Engineering LP3I

Tribe adalah program pengelompokan mahasiswa di LP3I berdasarkan minat, bakat, dan sifat calon mahasiswanya. Para mahasiswa dibagi berdasarkan Tribe-nya, program ini dapat membantu kamu untuk menunjang karir, sehingga dapat meraih pekerjaan yang beragam dan sesuai dengan prospek program studi.

Biasanya mahasiswa yang tergolong Tribe Engineering adalah orang – orang yang memiliki antusias yang tinggi dengan hal – hal mekanikal, berpikir teliti dan teknis. Biasanya individu dalam Tribe ini juga suka atau memiliki keinginan unuk menciptakan sebuah produk yang dapat membantu orang lain dalam kehidupan sehari – hari. Apakah kamu merasa demikian?

Berikut adalah daftar program studi engineering dalam Tribe Engineering LP3I:

Teknik Otomotif

Dalam program studi teknik otomotif, sebagai peserta didik, kamu akan mendapatkan kemampuan untuk melakukan analisis teknologi otomotif, seperti cara menganalisis dan memperbaiki kerusakan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari desain, perbaikan, perakitan dan perawatan otomotif, serta cara mengelola adnimistrasi bengkel dengan baik menggunakan komputer.

Teknik Alat Berat

Dalam program studi teknik alat berat, sebagai peserta didik, kamu akan mendapatkan kemampuan terapan dan aplikasi ilmu fisika untuk praktek mesin besar dalam menunjang kegiatan konstuksi. Selain itu, kamu akan belajar memahami cara kerja dan produksi mesin hidrolik, listrik, dan diesel, serta cara merawatnya.

Potensi Karir

Keuntungan lain yang kamu terima jika memutuskan untuk kuliah di LP3I adalah adanya program Pelayanan Penempatan Kerja. Berikut adalah peluang – peluang karir setiap program studi engineering:

Teknik Otomotif

Penyelia pemasaran di bidang otomotif, penyelia layanan, mekanik lapangan, dan sebagai wirausaha.

Teknik Alat Berat

Penyelia layanan, penyelia pemasaran di bidang alat berat, penyelia operasional, dan mekanik lapangan.

Setelah membaca dan menyimak program studi engineeringLP3Idan potensi karirnya, apakah kamu membutuhkan informasi lebih lanjut? Kamu dapat menghubungi LP3I Indonesia melalui tombol di bawah ini atau dengan menghubungi
+62 812-9078-0050.

Sumber:

https://adalah.co.id/engineer/
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami